Jumat, 19 April 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Agustus 2010 (Bgn 5)


Tubuh jasmani-mu, selama masih ada sehela nafas, maka masih merupakan kepunyaanmu; tetapi begitu sehela nafas tidak kembali lagi, bukan lagi merupakan milikmu.

Pakaian yang melekat pada tubuhmu merupakan kepunyaanmu, sedangkan yang anda simpan di lemari pakaian, bukanlah milikmu. Rumahmu, jika anda sedang menempatinya, maka rumah tersebut masih merupakan kepunyaanmu, tetapi begitu anda beranjak keluar dari rumahmu, maka rumah tersebut bukan lagi milikmu. Demikian pula uang yang ada di kantongmu adalah kepunyaanmu, sedangkan yang anda tabung di bank bukanlah milikmu.

Andaikata kita merenungkannya sedemikian rupa, maka kesucian hati akan muncul ke permukaan. Jika senantiasa merenungkan-nya maka dengan sendirinya anda akan sanggup melepaskan kemelekatan. Setelah menyingkirkan sampah batin ini, barulah sanggup membangkitkan niat melafal Amituofo, apa alasannya?

Oleh karena menyadari bahwa lafalan Amituofo inilah yang dapat dibawa pergi, mengantar kita ke Alam Sukhavati. Andaikata pada detik terakhir melupakan lafalan Amituofo, malah mendambakan dunia ini, maka akan jatuh kembali ke enam alam tumimbal lahir, dengan demikian kesempatan untuk terlahir ke Alam Sukhavati jadi terlewatkan bukan? Inilah yang sungguh patut disayangkan.

Ada seorang umat wanita yang datang mengadu bahwa suaminya punya simpanan, lalu bertanya padaku apa yang harus dilakukannya? Saya bilang padanya, justru inilah jodoh yang mendukungmu melafal Amituofo, anda tidak perlu mengkhawatirkan dirinya lagi, biarkanlah dia, betapa bagusnya!

Bukan saja tidak membencinya, malah harus berterimakasih padanya, kalau bukan demikian, tiap hari anda harus sibuk mengurus dan mencemaskan suami anda, sehingga ketrampilan melafal Amituofo tidak bisa efektif, sekarang ada wanita lain yang begitu berbaik hati mau mewakili tugasmu, betapa bagusnya!

Segala hal di dunia ini tidak ada yang mutlak salah juga tidak ada yang mutlak benar, benar dan salah ada pada sebersit niat pikiran saja, sebersit niat pikiran tercerahkan, setiap orang adalah insan baik, setiap kejadian adalah kejadian baik, semuanya hanya terletak pada sebersit niat pikiran saja, tergantung bagaimana anda memutar sudut pandang diri sendiri.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Agustus 2010

你這個身體,一口氣沒斷活著,是自己的;一口氣不來了,不是我的。你穿在身上的衣服是你自己的,你放在衣櫃那裡那不是你的。你住的房子,你今天住在這個房子是你自己的,你離開房子,那不是你自己的。你口袋裡裝的多少錢,在你口袋是你自己的,銀行不是你自己的。如果我們能作如是觀,清淨心很快就現前,這都是跟你講真話,不是講假話。放下,叫你時時刻刻觀想,你自然就能放下。這些拉雜東西放下之後,佛號才提得起來,那是真的,為什麼?帶得走的,我在這裡命終的時候,那個地方到極樂世界去了。最後這一剎那如果把佛號忘掉,還迷戀這些東西,你就又搞六道輪迴了,往生西方的機會不就錯過了嗎?那才叫真可惜!我也遇到這個事情,像那個女同志在劉居士那裡告狀,我也遇到過。一位女居士向我告狀先生有外遇,問我怎麼辦?我說正好幫助妳念佛,妳就不操心了,妳讓他去多好!不但沒有怨恨,感謝她,要不然妳要照顧妳的先生,妳念佛功夫不得力,有這麼一個好人來幫助妳,好事,菩薩!世間事情沒有絕對的是非對錯,沒有,都在自己一念之間,一念覺悟了,人人是好人,事事是好事,都在一念之間,就看你念頭怎麼個轉法。所以像這些經文多念念有好處。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第九十三集)  2010/8/1




 

Mesti memiliki pemikiran sedemikian rupa, alam semesta merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan, barulah sanggup membangkitkan hati Maitri Karuna. Terhadap semua makhluk takkan ada niat melukainya, anda mengasihinya, bukan saja takkan membunuh mereka, bahkan niat untuk menyakiti saja takkan ada, inilah kebajikan sempurna yang mengalir dari dalam jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan).

Bukan saja tidak punya niat untuk menyakiti, bahkan juga ingin membantunya supaya tercerahkan, menjauhi penderitaan dan memperoleh kebahagiaan, membantunya mengenal Ajaran Sukhavati, agar dia berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Tetapi saya tidak mengenalnya, jadi apa urusannya dengan diriku, untuk apa saya membantunya. Kalau anda berpikir begini, artinya anda masih belum tercerahkan, ini adalah hati orang awam; jika sudah tercerahkan, maka anda takkan berpikir demikian.

Manusia itu ada yang jodoh Dharma-nya sudah masak dan ada juga yang belum, jadi terlebih dulu harus membantunya mengenal Ajaran Sukhavati, kelak dia akan terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan dan menyelamatkan semua makhluk.

Sanak keluarga dan familiku, jodoh Dharma mereka masih belum masak, makanya bantulah mereka secara perlahan-lahan, jangan terlampau dipaksakan!  Satu prinsip, membantu orang lain mewujudkan kebajikan, takkan membantu orang lain mewujudkan kejahatan, hal ini mesti dipahami.

Maka itu jangan pernah ada niat menyakiti orang lain, baik terhadap semua makhluk, gunung, sungai dan permukaan alam, bahkan terhadap pepohonan, bunga dan rumput, juga takkan ada niat untuk melukai dan menyakitinya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Agustus 2010

必須有這樣的認知,宇宙一體的認知,真誠的慈悲心才生得出來。然後怎麼樣?對一切眾生決定沒有損害心,你愛護他,不但你不會殺他,連傷害他都不可能,這是自性性德圓滿的透露。不但沒有傷害,你看一定有成就他的心,令得快樂,真有心去幫助他、去成就他。如果那個人我又不認識他,與我又不相干,做的是好事,我又何必要去幫助他,跟我無親無故。這沒覺悟,這是凡夫心;真正覺悟,他不是這種心意識。他只知道根性有利鈍、有生熟,根性熟了、根性利的,先幫助他、先成就他,他要成佛了普度眾生。我的至親好友根沒成熟,我可以暫時少幫助他一點,沒成熟!一個原則,成人之美,不成人之惡,這一定要懂。所以無損害心,對一切眾生、對山河大地、對樹木花草沒有損害心。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第九十三集)  2010/8/1

 


 

Kita selalu berkata semoga Dharma Sejati berlangsung lama di dunia ini, lantas apa tindakan kita supaya Dharma Sejati bisa berlangsung lama di dunia ini? Anda harus menaati Dharma barulah dapat mendukung Dharma. Apabila tidak menaati Dharma, apa yang harus diandalkan untuk mendukung Dharma?

Hari ini Buddha Dharma telah terpuruk, kita ingin menaati Buddha Dharma, melatih diri menuruti ajaran yang tercantum di dalam Buddha Dharma, tetapi masalahnya apakah anda yakin pada Dharma Sejati yang dibabarkan Buddha Sakyamuni? Apakah anda dapat memahaminya? Ini adalah kuncinya.

Setelah memahaminya barulah anda dapat membangkitkan keyakinan hati, tanpa pemahaman yang jelas, anda hanya menganut kepercayaan takhayul, dengan kepercayaan takhayul begini, hatimu jadi mudah goyah.

Maka itu Buddha Dharma mengatakan “keyakinan benar”, apa yang dimaksud dengan keyakinan benar? Anda memahami apa yang disampaikan oleh Buddha Sakyamuni, setelah memahaminya barulah muncul keyakinan benar, barulah anda dapat menerima dan mengamalkan ajaran yang tercantum di dalam sutra.

Kini saya telah mengambil Visudhi Trisarana, berlindung pada Guru, Guru apa yang dimaksud? Yakni Buddha Sakyamuni yang merupakan Guru kita. Jadi janganlah beranggapkan bahwa setelah mengambil Visudhi Trisarana, anda telah berguru pada salah seorang Bhiksu, ini sudah salah tafsir.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Agustus 2010

我們一般人常說的,正法久住,正法要怎樣才能夠久住?你一定要守法,守法才能夠護法。不守法你用什麼來護法?所以這四個字他沒有說樂護法心,他用守護心,這個守字是關鍵,能不能做到?守就是受持。佛法今天衰了,我們想遵守佛法,依照佛法修行,護持自然在其中。可是於佛所說正法你信不信?你能不能理解?這是關鍵。真正理解了你才會有信心,沒有搞清楚那個信是迷信,迷信是很容易動搖的。所以佛法講正信,正信是什麼?你對於佛所說的,你明白,你搞清楚,這是正信,搞清楚、搞明白了,你才真正依教奉行。我真的是皈依,皈依就是拜老師,拜誰做老師?拜阿彌陀佛做老師,拜釋迦牟尼佛做老師。皈依就是拜老師,皈依三寶,沒有說皈依某個法師,大乘教裡面講得清清楚楚、明明白白。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第九十三集)  2010/8/1