Tempo dulu ketika
saya memberi ceramah, sering membahas tentang kebaktian pagi, apa tujuan dari
kebaktian pagi? Mengingatkan diri sendiri, sepanjang hari ini saya tidak boleh
melupakan Ajaran Buddha, senantiasa meningkatkan mawas diri, menerima dan
mengamalkan sesuai ajaran yang tercantum di dalam sutra, begini barulah disebut
sebagai melaksanakan kebaktian pagi.
Praktisi terdahulu
merangkum buku kebaktian pagi yang sebagian besar berisi mantra-mantra, kalau
tidak memahami maknanya maka tidak bisa memperoleh manfaatnya. Maka itu saya
merangkum sebuah buku kebaktian pagi khusus buat Praktisi Aliran Sukhavati,
berjudul “Buku Kebaktian Pagi Aliran Sukhavati”.
Untuk kebaktian
pagi, saya mengutip 48 tekad agung Buddha Amitabha yakni Bab 6 dari Sutra Usia
Tanpa Batas. Saat melaksanakan kebaktian pagi, renungkanlah, apakah saya telah
membangkitkan 48 tekad Buddha Amitabha, menjadikan 48 tekad agung sebagai tekad
sendiri, sehingga niat hati kita serupa dengan Buddha Amitabha.
Untuk kebaktian
sore, saya mengutip Bab 32-37 dari Sutra Usia Tanpa Batas, bagian ini mengajari
kita supaya mengamalkan sila, melakukan introspeksi diri, bertobat dan
memperbaiki diri, dengan demikian kebaktian sore ini barulah membawa manfaat
bagi diri kita.
Mengutip dari
“Sutra Usia Tanpa Batas”, merupakan upaya kausalya. Menfokuskan diri pada satu
metode, melaksanakan kebaktian pagi dengan membaca Bab 6 “Sutra Usia Tanpa
Batas”, melaksanakan kebaktian sore dengan membaca Bab 32-37 “Sutra Usia Tanpa
Batas”, ini adalah terfokus!
Bagi praktisi yang
tidak memiliki waktu yang cukup untuk membaca “Sutra Usia Tanpa Batas” secara
keseluruhan, maka itu kami mengutip bagian yang penting, melaksanakan kebaktian
pagi dan sore, mengingatkan diri sendiri, tujuannya tak lain adalah
mengeliminasi rintangan karma, menjauhi kekotoran batin dan tabiat, ketrampilan
kita dalam belajar Ajaran Buddha barulah efektif. Bila bagian kutipan sutra ini
tidak mampu kamu ingat, tidak sanggup anda pahami, bagaimana anda tahu cara
melatih diri!
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 16 April 2010
早年,我在年輕的時候講經,常常提到我們的早課,早課的目的是什麼?提醒自己,我今天一天不要把佛陀的教誨忘掉,常常提高警覺,依教奉行,這是你真做早課。我們曾經把古人編的課誦本,古人編的裡面咒語太多,咒語現在不了解意思,那就收不到效果。所以我們重新選定經文給我們淨宗同學,淨宗同學有個《朝暮課誦本》,那個本子是我編的。早晨念的經文是《無量壽經》的四十八願,早課的時候想一想,阿彌陀佛發的四十八願我有沒有發,跟自己對照對照,希望把四十八願變成自己的本願,那我們的心願跟阿彌陀佛就相同。晚課我們選的經文是三十二到三十七品,這一段經文講什麼?教我們持戒、反省、改過自新、懺悔,用這個來做晚課。晚課真的要反省、要檢點、要改過,這個課誦對我們才有利益。都是採取《無量壽經》,這是方便法。專修的,早課念《無量壽經》,晚課也念《無量壽經》,專修!我們一般沒有這麼多時間,就節錄《無量壽經》重要的經文,朝暮提醒自己,目的無非是消業障,遠離煩惱習氣,我們學佛的功夫才能夠得力。這個經文你要是記不住,你要是不能理解,你怎麼修法!
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第十二集) 2010/4/16
Bencana yang terpampang di depan mata, kian lama kian parah, adakah manusia
di Planet Bumi ini yang tidak menciptakan karma buruk? Pancanantariya Kamma dan
Sepuluh Kejahatan dilanggar semuanya.
Sepuluh Kejahatan adalah membunuh, mencuri, asusila, berbohong,
menghasut, berkata kasar, merayu, tamak, benci dan dungu. Di dunia ini mana ada
orang yang tidak melakukannya, bahkan anak kecil juga ikut menciptakan karma
buruk!
Anak kecil diajari siapa? Televisi dan komputer adalah guru andalannya.
Di negara barat, murid Sekolah Dasar kelas 1
sudah diajarkan komputer, dengan memasuki dunia maya, apapun
dipelajarinya.
Dari Pancanantariya Kamma dan Sepuluh Kejahatan, yang paling sering
dilanggar adalah membunuh Ayah dan Bunda. Inilah fenomena yang sedang terjadi
di dalam masyarakat, kian lama kian mengerikan.
Sekarang saja sudah begini, bagaimana kelak 20 tahun mendatang? Siapa
yang mampu mengendalikan situasi begini? Tidak ada lagi. Leluhur kita
mengatakan, andaikata manusia tidak mampu mengendalikannya, Ayahbunda tidak
sanggup mendidik putra-putri lagi, Hukum tidak mampu menertibkan masyarakat
lagi, maka Tuhan akan bertindak.
Langit akan menurunkan bencana, beragam musibah akan muncul. Maka itu
untuk menyelamatkan dunia ini adalah dengan menggunakan “Sutra Usia Tanpa
Batas”.
Metode ini disebut sebagai Pintu Dharma Upaya Kausalya, yakni “Hanya
dengan mengandalkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo”.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 16 April 2010
化解現前的災難,現前災難很重,全世界哪個人不造業。造的是什麼業?十善業道一展開你就曉得,全犯了,真的叫五逆十惡。十惡是什麼?殺生、偷盜、邪淫、妄語、兩舌、惡口、綺語、貪婪、瞋恚、愚痴。你說現在這個世間誰不造,小孩都造!小孩怎麼會造?小孩跟電視學,天天看電視,電視教他。上學了,在中國我不知道,在外國,小學一年級就用電腦,電腦裡面資訊很多,他什麼都學會了。這還得了,造十惡!造十惡就有五逆的行為出現,殺父親、殺母親、殺老師,殺阿羅漢就等於是殺老師。這是我們現前社會,愈想愈可怕,愈看愈可怕。我們這一代還能維持眼前的現狀,二十年之後怎麼辦?誰有能力維持社會秩序?沒人了。我們老祖宗常說,到人治不了,父母治不了兒女,法律治不了人民的時候,上天就來管。上天管的時候那就是災難,許許多多的災難統統都出現。所以拯救這個世界,說實實在在的話,就是《無量壽經》,在大乘佛法裡頭這最有效!這個法門真的是方便法門,「但憑信願持名」,這三個條件,真信,絲毫懷疑都沒有,真願往生,持名就是念佛,真幹,這一句阿彌陀佛二六時中不間斷。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第十二集) 2010/4/16
Orang Jepang berupaya menguasai Negeri Tirai Bambu, namun sayangnya
mereka tidak memiliki pahala sedemikian rupa, Negeri Tirai Bambu bukanlah milik
orang Jepang, pertempuran yang berlangsung selama 8 tahun akhirnya membuat
Jepang melambaikan bendera putih.
Dinasti Qing adalah Etnis Manchuria, bukanlah keturunan Han
(Han=orang Tionghoa), namun mereka mampu menguasai daratan Tiongkok selama 260
tahun, mereka memiliki garis hidup sedemikian rupa. Kalau tidak mempunyai garis
hidup sedemikian rupa, meskipun memakai peperangan dan pemaksaan, juga takkan
berhasil. Maka itu dikatakan sebagai “Setetes air yang diteguk dan sepotong
makanan yang digigit, semua ini telah ditetapkan sebelumnya”.
Memaksakan kehendak dengan berperang, walaupun berhasil menguasai
tanah air orang lain, itu juga karena sudah ada di dalam garis hidup, lihatlah
selama peperangan berlangsung, berapa banyak korban berjatuhan? Berapa banyak
kerugian yang diderita? Ini merupakan dosa yang sangat berat.
Menjadi kaisar juga tidak senang, ketika dinastinya jatuh, kaisar
masih harus melunasi hutang nyawa, maka itu lebih baik menjadi praktisi pelafal
Amituofo, mengakhiri tumimbal lahir.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 16 April 2010
日本人侵略中國,想佔領中國,它沒有這個福報,中國不是它的,打了八年還投降了,不是的!滿清政府在關外,它到中國來統治二百六十年,它得有這個命,這塊土地是它的;不是它的,用戰爭、用佔領都不行。真的是「一飲一啄,莫非前定」。用戰爭的手段奪得來的還是自己命裡有的,但是戰爭的手段是非常不好的手段,你殺了多少人,傷害多少人民的財產,這是極大的惡,都有報應,你的福享完之後你得要報。皇上不好當,到亡國之後,這些皇上都要去還債,都要去償命,哪有那麼便宜的事情。所以人真正把事實真相搞清楚,那個妄念統統息掉了。什麼好?還是念佛好,還是超越六道輪迴、超越十法界好!他幹這個事情,不幹別的了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第十二集) 2010/4/16