Selasa, 04 September 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Mei 2010 (Bgn 3)


Di Alam Sukhavati, seluruh fasilitas yang anda nikmati adalah setara dengan Bodhisattva Dharmakaya (Calon Buddha), baik dalam hal kebijaksanaan, kemampuan gaib maupun kekuatan, tiada satupun yang tidak setara, ini merupakan pemberkatan kewibawaan tekad agung Buddha Amitabha.

Kemampuan gaib dan kekuatan para Buddha adalah setara dengan Buddha Amitabha, Buddha Amitabha mewujudkan segala fasilitas istimewa di Alam Sukhavati, lantas mengapa para Buddha tidak menirunya?

Para Buddha bukanlah orang awam, orang awam itu suka bersaing dan mau menang sendiri, anda mewujudkan Alam Sukhavati dengan segala fasilitas istimewa, saya juga tidak mau kalah denganmu, suka menonjolkan diri.

Para Buddha dan Bodhisattva takkan memiliki tabiat jelek begini, sekarang Buddha Amitabha sudah mewujudkan prestasi yang mengagumkan, kalau begitu ayo kita ajak semua praktisi ke sana saja, lihatlah, betapa luasnya kelapangan hati ini!

Prestasi yang telah diwujudkan oleh Buddha Amitabha merupakan keberhasilan bersama semua Buddha, tidak ada perbedaan. Kalau memang di Alam Sukhavati, segala keistimewaan telah terwujud, para Buddha di sepuluh penjuru dalam menuntun para makhluk mencapai KeBuddhaan, juga akan mengarahkan mereka ke Alam Sukhavati.

Takkan ada niat mementingkan diri sendiri! Mana mungkin seperti di alam manusia ini yang suka membeda-bedakan dan melekat? Inilah penyebab kemerosotan batin.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Mei 2010

你在西方極樂世界的享受、受用跟法身菩薩完全平等,智慧平等、神通平等、道力平等,沒有一樣不平等,這是彌陀本願威神加持。換句話說,生到他那邊去,就像十方諸佛世界的實報莊嚴土一樣,沒有差別。你記住,同居土跟實報土沒有差別,這是一切諸佛剎土裡頭沒有的,只有西方世界特別。一切諸佛如來神通道力都跟阿彌陀佛平等,阿彌陀佛現這種淨土,為什麼其他諸佛如來就不現?諸佛如來不是凡夫,凡夫好勝,你行我也行,你現極樂我也可以現極樂,我不比你差,好勝。諸佛菩薩沒有這個習氣,阿彌陀佛現了,行,大家都到他那裡去,你看這個心量多大!阿彌陀佛所現的就是一切諸佛所現的,他裡頭沒有分別。既然那邊有了,十方諸佛接引眾生成佛,教化一陣子統統去,都到那邊去。沒有自己!十法界就是一法界,諸佛剎土就是一剎土,哪有像我們這裡這麼分別執著?所以一落到分別執著立刻就墮落了,這個不能不知道。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十一集)  2010/5/6



 
 
 
Budi besar Buddha Amitabha tak terbayangkan, demikian pula budi para Buddha yang mengenalkan dan merekomendasikan pada kita. Budi Buddha Amitabha membuat kita turut merasakan budi kebajikan semua Buddha.

Para Buddha di sepuluh penjuru tidak ada yang tidak memuji Buddha Amitabha, tidak ada yang tidak mengenalkan Buddha Amitabha, sehingga kita memiliki pemahaman yang jelas tentang Sang Buddha, mengetahui keberadaan-Nya, mengetahui adanya Pintu Dharma Tanah Suci, sungguh sulit diperoleh!

Maka itu hati Karuna Buddha Amitabha sampai sedemikian rupanya, kebijaksanaan Buddha Amitabha tiada bandingnya. Dari budi kebajikanNya mengalir belas kasih dan kebijaksanaan, makhluk awam dengan mudahnya terlahir di Tanah Suci tingkatan pertama di Alam Sukhavati, barulah dalam satu kelahiran kita dapat meraih keberhasilan nan sempurna.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Mei 2010

Empat tingkatan Tanah Suci di Alam Sukhavati :

我們再看末後這一段,「慨夫,聖德難思,佛恩難報,彌陀悲心至極,聖智無倫,從而流現此凡夫易生之同居淨土,行人不須斷惑消業,只要信願持名,下至十念,皆得往生,橫出三界,永離諸苦,位登不退,一生補佛,超情離見,不可思議。」這是宗趣最後的總結,句句話真實不虛,確實。此地講的聖德就是阿彌陀佛的大德,大恩大惠,無法想像。彌陀的恩、諸佛的恩,諸佛介紹、諸佛推崇。彌陀之恩讓我們感受到一切諸佛的恩德,十方一切諸佛沒有不讚歎阿彌陀佛的,沒有不推崇阿彌陀佛的,沒有不介紹阿彌陀佛的,使我們才真正對阿彌陀佛有認識,知道有這尊佛,知道有這個法門,太難得了!所以彌陀的悲心至極,到達極處,彌陀的智慧無與倫比,沒有能比得上。從他的恩德、悲智流現(流露出現)凡夫易生的同居淨土,我們才能夠一生圓滿成就。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十一集)  2010/5/6