Kamis, 06 Desember 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2010 (Bgn 1)


Ketika saya masih menjadi praktisi pemula, ada seorang Upasaka yang telah banyak membantu diriku, namanya adalah Upasaka Zhu Jing-zhou. Beliau seusia dengan Upasaka Li Bing-nan, juga satu guru dalam belajar Pintu Dharma Tanah Suci, yakni Master Yin Guang.

Upasaka Zhu Jing-zhou menceritakan sebuah kisah nyata padaku, peristiwa yang terjadi pada permulaan masa pemerintahan Tiongkok Nasionalis (1912-1949).

Upasaka Zhu Jing-zhou adalah menantu dari Mr.Zhang Tai-yan, seorang guru besar. Zhang Tai-yan pernah menjadi hakim dari Dongyue Dadi (Raja Dongyue), penguasa Gunung Taishan di Shandong. Gunung Taishan merupakan salah satu dari lima gunung sakral di Tiongkok.

Mungkin hakim yang sedang bertugas, mendadak tidak bisa hadir, sehingga Zhang Tai-yan menggantikan-nya buat sementara. Hakim di sana serupa dengan sekretaris jenderal di sini. 

Selama lebih dari sebulan Zhang Tai-yan harus menjalani tugasnya, beliau tampak begitu susah, Upasaka Zhu Jing-zhou menyaksikannya sendiri. Pagi hari menekuni pekerjaan di dunia manusia, malam harinya setelah tertidur, dia harus menjalani tugas di dunia lainnya.

Setiap malam ada 2 setan yang mengangkat tandu datang menjemputnya untuk berangkat kerja, jadi siang malam dia tidak punya waktu istirahat.

Zhang Tai-yan pernah mengusulkan pada Raja Dongyue, supaya menghapus salah satu jenis siksaan Neraka yang dianggapnya tidak manusiawi, dimana manusia yang berdosa memeluk pilar membara.

Pilar tembaga yang dibakar hingga merah membara, lalu manusia yang berdosa dipaksa untuk memeluknya, begitu memeluknya tubuh terhukum langsung hangus.

Zhang Tai-yan memohon pada Raja Dongyue untuk menghapus jenis siksaan ini. Raja Dongyue tersenyum dan berkata, “Cobalah kamu pergi melihatnya”, lalu mengutus 2 setan untuk mengantarnya ke tempat eksekusi.

Sesampainya di tempat eksekusi, dia tidak melihat apa-apa, Zhang Tai-yan adalah seorang umat Buddha, makanya dia langsung terpikir, ternyata segala jenis siksaan di Neraka tidak ada kaitannya dengan Raja Dongyue maupun Raja Yama, tetapi muncul dari kekuatan karma masing-masing individu, sedangkan Zhang Tai-yan sendiri tidak memiliki kekuatan karma begini, makanya dia tidak melihat bentuk siksaan tersebut.

Di dalam “Ksitigarbha Sutra” tercantum bahwa ada dua jenis orang yang dapat menuju ke Neraka, yakni yang pertama adalah Bodhisattva, menuju ke Neraka guna menyelamatkan para makhluk; yang kedua adalah orang yang berdosa, jatuh ke Neraka menjalani siksaan, pemandangan Alam Neraka muncul di hadapannya.

Maka itu apabila anda bukan Bodhisattva, juga tidak menciptakan karma buruk yang berakibat jatuh ke Neraka, maka anda takkan bisa melihat pemandangan Neraka.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2010

我初學佛的時候,幫助我很多的一位老居士,姓朱,朱鏡宙老先生,他跟我們李炳南老居士同年,也同一個老師修淨土,他們修淨土是跟印光大師學的。告訴我一個故事,這個故事是真的不是假的。民國初年,他是章太炎先生的女婿,就是他的太太是章太炎的女兒,章太炎是民初中國的國學大師,名氣很高的。他說,他的老岳丈曾經在東嶽大帝,山東泰山,東嶽大帝,給東嶽大帝做過一個多月的判官。可能是判官臨時有事不能上班,請他去代替,代了一個多月。判官的地位很高,相當於現在所講的祕書長,實際上處理東嶽大帝的公務都是判官做的。

那一個多月很辛苦,這是朱老他們都看到的,這不是假的。白天有工作,晚上人家睡覺,躺在床上睡著了,他躺在床上之後就到東嶽大帝衙門去辦公去了。每天兩個小鬼,那時候抬著轎子請他上轎,他就去上班去了,所以日夜都沒休息,很辛苦。他說他曾經向東嶽大帝建議,地獄裡有一種刑罰叫炮烙,他說這個刑罰不人道,太殘酷了。是把這個柱子,銅柱,燒紅了,火燒燒紅了,罪人去抱這個柱子,這一抱的時候整個身上都燒焦,人都燒焦了。他說這個刑罰太殘酷,能不能請東嶽大帝廢除?東嶽大帝笑一笑就告訴他,「你先去看看」,就派兩個小鬼帶著他去看。走了一段不近的路,走到那個地方,這兩個小鬼就告訴他,他說:判官,到了,就在此地。他看不見,他是個佛教徒,這馬上就想到了,與東嶽大帝與閻王不相關,業力變現的,他沒有這個業力他就看不到地獄。我們在《地藏經》上看到,誰到地獄?一個是菩薩,到地獄去度眾生的,另外一種是你有這個罪,這個地獄就現前;你沒有這個罪,你也不是菩薩,你見不到。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第七十四集)  2010/7/9


 

 

Niat pikiran terbaik adalah “Amituofo”,tiada lagi niat pikiran kedua yang dapat mengungguli sepatah Amituofo. Seluruh negeri para Buddha di sepuluh penjuru, tiada yang dapat sebanding dengan Alam Sukhavati, mengapa demikian? Niat pikiran tidak sama. 

Niat pikiran “Amituofo” mengandung kesucian dan kebajikan nan murni, mengapa tidak menggenggamnya? Kita melihat sejak zaman dulu hingga sekarang ini, praktisi yang memiliki berkah kebajikan besar, kebijaksanaan tinggi, yang dimaksud dengan mereka yang memiliki berkah kebajikan besar, termasuk di dalamnya lansia yang miskin dan buta aksara, namun mereka dapat menggenggam sepatah Amituofo, lihatlah saat menjelang ajal, ada yang meninggal dunia dengan posisi berdiri, ada yang duduk bersila, melangkah pergi dengan begitu elegannya, dia telah meraih keberhasilan.

Sementara itu sebagian besar orang yang menikmati kekayaan berlimpah, malah tak sebanding dengan lansia yang tak memiliki apa-apa. Maka itu kebenaran ini mesti dipahami, meneladani para lansia menggenggam erat sepatah Amituofo ini, melafal berkesinambungan, baik saat berjalan, berdiri, duduk maupun berbaring, sepatah Amituofo ini merupakan tempat sandaran kita, yang benar-benar dapat diandalkan sepenuhnya.

Di dunia ini tidak ada seorang pun yang dapat diandalkan, mengapa demikian? Semuanya adalah palsu, hanya nama Buddha yang nyata adanya, nama Buddha adalah kebajikan yang sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan) kita, inilah yang paling bisa diandalkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2010

最好的念頭,跟諸位說,就是「阿彌陀佛」。你要在這裡學會了,最好的念頭,世出世法沒有第二個念頭能夠勝過這個念頭,所有十方諸佛剎土都比不上極樂世界。為什麼?念頭不一樣。阿彌陀佛這個念頭真的是究竟極果、純淨純善,為什麼不抓到這個?我們看古往今來,真有大福德人、大智慧人,這個大智慧、大福德可能是貧窮下賤不認識字的,他就抓住這一句阿彌陀佛,你看臨走的時候,站著往生、坐著往生,走得那麼瀟灑,他成就了。我們一般人、富貴人跟他不能比。所以這個道理要懂、要明白,我們要認真向他們學習,要把這一句佛號抓住,念茲在茲,無論幹什麼,這一句佛號是我們的依靠,真靠得住。依靠誰都靠不住,為什麼?全是假的,佛號是真的,佛號是性德,這是最可靠的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第七十四集)  2010/7/9




 

Setelah mengikrarkan tekadNya, Buddha Amitabha harus memenuhi janjiNya. Para makhluk di dunia ini berjodoh denganNya, oleh karena berjodoh maka itu terjalin denganNya.

Setiap butir niat pikiran kita yang timbul, alam semesta beserta seluruh isinya dapat menerima sinyal ini. Demikian pula para Buddha Tathagata dapat menerima pesan-pesan yang kita kirim untukNya.

Meskipun Tathagata telah menerima pesan-pesan darimu, hal ini juga harus melihat apakah anda berjodoh denganNya atau tidak, kalau tidak berjodoh maka Buddha takkan datang ke hadapanmu, sebaliknya bila berjodoh, tentu saja Buddha akan hadir bersamamu.

Maka itu Buddha tidak menyelamatkan makhluk yang tidak berjodoh denganNya, kalau tidak berjodoh, meskipun Dia hadir di hadapanmu, anda juga takkan menghiraukanNya, anda tidak percaya padaNya, anda meremehkanNya, tak sudi mendengar ajaranNya, kalau sudah begini, bukan saja tidak  berdaya menyelamatkan dirimu, malah hanya akan membuatmu menciptakan karma buruk.

Buddha dan Bodhisattva menjelma ke dunia ini, takkan membiarkan manusia menciptakan karma buruk, maka itu ketika anda dapat menerima ajaranNya, Dia akan datang mengajari dirimu; sebaliknya bila anda tidak percaya padaNya, Dia akan menghindar darimu. 

Dia lahir ke dunia yang penuh dengan kejahatan dan kekeruhan ini, kemudian mencapai KeBuddhaan. Peragaan ini ditampilkan untuk diperlihatkan kepada kita semuanya, supaya kita tercerahkan.

Para insan suci dan bijak memberi teladan dalam bentuk pengamalan nyata, untuk diperlihatkan kepada kita, agar kita kembali ke jalan yang benar. Kalau cuma dengan berteori saja, orang lain pasti tidak sudi mendengarkannya.

Setelah kembali ke jalan yang benar, barulah dia akan memohon bimbingan padamu. Inilah yang disebut dengan memohon bimbingan Dharma, jadi kalau anda tidak memohon bimbingan padaNya, maka Dia takkan berteori di hadapanmu, tetapi Dia akan memperlihatkan teladan dalam bentuk pengamalan nyata.

Insan yang sanggup mengamalkan barulah kemudian berteori, inilah yang disebut sebagai Insan Suci; insan yang berteori dulu baru kemudian dapat mengamalkan, inilah yang disebut Insan Bijak; orang yang pintar berteori tapi tidak mengamalkannya, inilah yang disebut penipu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2010

  佛要履行他的本願,發了這個願,那就一定要做到,這個世界眾生跟他有緣,有緣就有感。所以我們曉得,受想行識,所有物質現象裡統統都有,這個受想行識是剎那剎那它在放光。這個放光就是波動的現象,每一個波動都周遍法界,所以諸佛如來他都收到。收到之後得看有沒有緣,有緣他就來了,沒有緣他不來,有緣就來了。所以佛不度無緣之人,你跟他沒有緣,他來了,你不理會他,你不相信他,不肯接受他的教誨,那他這樣來你就造罪業了。佛菩薩應化在世間,絕對不會讓世間人造負面的罪業,所以你能接受,他來教你;你不能接受,他迴避你,這個是應該要做的。到五濁世,就是我們的世界,現在可以說是濁惡到極點,災難這麼多!「示現成佛」,這個示現就是表演,他早就成佛了,他這是做榜樣給我們看的。就是《還源觀》上的四淨德,他做出來,隨緣妙用;威儀有則,給我們做的榜樣;柔和質直,沒有傲慢,態度柔和,內心真誠。「為度我等,演說本經」,你看這個演,演是做出來,是表演,身教!世出世間聖賢教人都是用身教來表演,做給你看,讓你慢慢的感受,讓你慢慢覺悟,你慢慢回頭。不是說,說,他不聽。到他真正有感受的時候,他回頭了,他才向你請教,你才給他說。所以說法要啟請,就是這個道理,你不請教他,他不會跟你說,但是什麼?他做給你看。做到然後再說到,這是聖人;說到能做到,賢人;說到做不到,就變成騙人,騙人怎麼會有成就?

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第七十四集)  2010/7/9