Selasa, 28 Mei 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Agustus 2010 (Bgn 6)


“Menghapus nafsu keinginan adalah salah satu obat penyembuh”, setiap orang pasti punya nafsu keinginan, kalau tidak memiliki nafsu, dia takkan datang ke dunia ini.

Alam Manusia termasuk dalam kelompok Kamaloka (Alam Nafsu), makanya kalau dia tidak memiliki nafsu apapun, dia takkan bertumimbal lahir ke Kamaloka, dia pasti sudah menuju ke Rupaloka.

Oleh karena sudah terlanjur jatuh ke Kamaloka, lantas apa yang harus kita lakukan? Nafsu keinginan itu mesti ditawarkan, semakin hambar semakin bagus. Bagi manusia, nafsu keinginan yang paling penting adalah terpenuhinya kebutuhan hidup.

Buddha Sakyamuni telah memperagakan pada kita, makan sehari se-kali yakni sebelum melewati siang hari, malam hari istirahat di bawah sebatang pohon, esoknya pindah lagi, benar-benar mengurangi nafsu keinginan itu hingga kadar yang paling rendah, sepanjang hayat tidak pernah berubah. Membabarkan Dharma 49 tahun lamanya, usia 79 tahun memasuki Parinirvana.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Agustus 2010

Triloka dan 31 alam kehidupan :

 
  「除去欲心是一藥」,這個欲是欲望,欲望人都有,沒有欲望你就不會到人間來了。人間這一界,在佛法叫欲界,所以他沒有欲不會到欲界來,他到色界去了、到無色界去了。欲怎麼辦?愈淡愈好。人最重要的欲望是生活,釋迦牟尼佛給我們做了表演,日中一食,樹下一宿,真的把欲望減到最低的限度,守在這裡他就不動,一生不改變。講經教學四十九年,七十九歲圓寂在樹林裡面,不是在房子裡頭,與大自然為伍、為伴侶。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二四集)  2010/8/26

 



 
 
“Mengalah demi kebenaran adalah salah satu obat penyembuh”, terutama dalam pembagian harta warisan, dapat mengalah dan tidak memperebutkannya.

Kita melihat banyak lansia yang setelah meninggal dunia, putra-putrinya sibuk bertengkar karena memperebutkan harta warisan, bahkan membawanya ke pengadilan, bagaimana mereka tidak merasa bersalah pada Ayahbunda-nya? Andaikata Ayahbunda melihat tindakan mereka ini, bagaimana tidak bersedih hati?

Orang zaman dulu sejak kecil sudah mengecap pendidikan kesusilaan dan pendidikan Hukum Sebab Akibat, dalam menghadapi pembagian harta warisan, mereka akan saling mengalah, berharap agar orang lain bisa memperoleh lebih banyak, diri sendiri mendapat lebih sedikit; meskipun dilakukan pembagian harta benda, namun ikatan persaudaraan mereka tetap akur!

Makanya orang zaman dulu tidak rakus akan harta benda, yang penting adalah bagaimana supaya dapat menjaga adik-adik mereka dengan baik, yang lebih mampu dan sanggup bekerja, mendapat warisan yang lebih sedikit; sedangkan yang kurang mampu dan lemah, mendapat warisan yang lebih banyak. Saling menjaga dan saling mengasihi, begini barulah betul.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Agustus 2010


「推分引義是一藥」,這個好,特別是對財物,在分財物的時候能夠退讓,不要去爭。我們現在看到的,很多老人過世了,子女多,兄弟姊妹分家常常鬧到法庭,這個不義,怎麼對得起老人?老人要是看到這個現象,怎麼不傷心?古人從小受過好的教育,倫理的教育、道德的教育、因果的教育,他們在分家的時候個個謙讓,都希望別人多一點,自己少得一點;雖然分家,他的親情永遠團結在一起,這個好!所以古人分家不貪財,怎樣將自己同胞兄弟姊妹都照顧好,能力強的,財物少分一點,他有工作能力;能力弱的,希望多分一點給他。他有道義、有愛心,彼此互相照顧,這是對的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二四集)  2010/8/26





 
“Tidak mengambil harta yang tidak pantas adalah salah satu obat penyembuh”, apa artinya harta yang tidak pantas? Yang tidak pantas diperoleh makanya tidak boleh diambil. Kalau anda memaksakan kehendak supaya bisa mendapatkannya, maka musibah pun datang menimpa, mungkin saat sekarang belum tampak adanya petaka, tetapi akar sumber petaka sudah ditanam ke dalamnya.

Dari sisi Hukum Sebab Akibat, mengapa pelaku kejahatan bisa aman sentosa, ini dikarenakan dia masih memiliki berkah. Ketika berkah sudah habis dinikmati maka musibah pun bermunculan. Setiap orang umumnya memiliki musuh kerabat penagih utang, yang dijalin dari masa kehidupan lampau, kita sudah melupakannya, tetapi dia masih membuntuti diri kita.

Sekarang anda makan dagingnya, kelak harus melunasinya. Meat Lovers tetap harus menanggung beban karma, terutama yang disembelih sendiri, apakah dia ikhlas membiarkan dagingnya dimakan? Apa dia tidak dendam?

Ketika masih berusia kecil, saya tinggal di dusun, penduduk di sini banyak yang memelihara hewan ternak. Menjelang Imlek permintaan pun meningkat, lihatlah kondisi hewan ternak yang akan disembelih, jeritan di rumah jagal, bukankah sangat memilukan? Inilah fenomena dari tidak meyakini Hukum Karma sehingga berani melakukan hal dungu.

Bagi mereka yang tidak sanggup menghapus kebiasaan mengonsumsi daging, Sang Buddha menasehati mereka supaya memilih daging tiga kriteria, itupun karena terpaksa!

Apa yang dimaksud dengan daging tiga kriteria? Yakni tidak melihat langsung ketika hewan itu disembelih, tidak mendengar langsung suara hewan itu ketika disembelih, bukan demi diriku hewan itu disembelih.

Kita membeli daging di pasar, ini termasuk daging tiga kriteria, jadi tidak boleh disembelih sendiri. Pelajar Tiongkok zaman dulu berkata, “Mendengar suaranya dan tidak tega memakan dagingnya”, jeritan hewan saat disembelih adalah sungguh memilukan, bagaimana tega mengonsumsi dagingnya?

Maka itu tidak mengambil barang yang tidak pantas dimiliki adalah obat penyembuh, harta benda yang tidak pantas diperoleh, jangan sembarangan memilikinya, apalagi sampai menguasai, tidak boleh sama sekali.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Agustus 2010

「不取非分是一藥」,非分是什麼?不應該得到的決定不能取。非分之財也叫不義之財,你要是貪得會有災難,眼前沒有看到災難,禍根種下去了。在因果律裡面講,你現在有福,所以種的這些惡因,現前不會有報,等到你福享盡,災難就現前。實在說人人都有冤親債主,冤親債主從哪來的?過去生中結的,我們現在不記得,他沒走,他跟在後面。這一生所造作的,佛法裡的警告很多、很嚴重,你吃牠八兩,你將來要還牠半斤。我們吃肉,不能不負因果責任,尤其是自己殺的,被殺的動物牠也是一條命,牠能夠甘心情願把肉供養給你嗎?那就沒事,甘心情願。如果不甘心、不情願,牠能沒有報復的心嗎?我們看到過,我小時候生長在農村,農家都養這些畜生,養雞、養豬這是最平常的。你看逢年過節殺雞,那雞情願嗎?到處亂飛,那逃命!殺豬的時候,你說豬喊的聲音多悽慘、多可憐。那是什麼?不懂得因果報應,幹這種傻事。佛知道眾生肉食斷不掉,所以勸人吃三淨肉,這是不得已!三淨肉是什麼意思?沒有看到殺,這頭豬被宰殺的時候沒有看到,也沒有聽到牠叫的聲音,第三個牠不是為我殺的,這叫三淨肉。我們到市場去買來的,都屬於三淨肉,絕不能宰殺。中國古時候讀書人常說,「聞其聲不忍食其肉」,聽到殺的時候,牠那個叫喚悽慘的音聲,怎麼忍心吃牠的肉?所以不取非分這是藥,這是應該的,非分之財、非分之物都不可以隨便佔有,乃至於控制都不可以的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二四集)  2010/8/26






“Memperlakukan orang yang dibenci dengan welas asih adalah salah satu obat penyembuh”, meskipun membencinya namun masih dapat memperlakukannya dengan welas asih, ini juga merupakan hati maitri karuna, hati iba.

Orang ini tidak disukai orang, pasti banyak alasan dibaliknya, yang paling utama adalah balasan karma buruknya. Praktisi yang memahaminya hendaknya memaafkan dirinya, orang begini di dalam masyarakat takkan mendapat bantuan orang lain, oleh karena tidak disukai banyak orang.

Maka itu insan mulia takkan tega melihatnya, merasa iba dan memberi uluran tangan, ini juga merupakan akumulasi kebajikan, hendaknya meneladaninya.

Bagian ini boleh dikatakan untuk menyempurnakan “Risalah Balasan dan Ganjaran Setimpal”. Dalam kalimat yang berbunyi “Bila ingin menyembuhkan beragam penyakit, maka mesti menggunakan beragam jenis obat penyembuh”, kita melihat karya tulis Taishang Laojun ini, membawa kesan mendalam bagi kita semuanya.

Hendaknya kita senantiasa merenungkan dari beragam sumber penyakit yang telah dibahas sebelumnya, apakah kita juga memilikinya? Beragam obat penyembuh membantu kita memperoleh fisik dan mental yang sehat, keluarga hidup bahagia, karir berjalan lancar dan masih banyak manfaat lainnya, hendaknya dipelajari.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Agustus 2010

下面一句說,「雖憎猶愛是一藥」,雖然厭惡他、討厭他,可是依然能夠愛護他,這是慈悲心、憐憫心。這個人不討人喜歡,這裡頭因素很多,最重要的是他的業報。造的這些業報,明白的人、有修養的人應該要原諒他,凡是這些人在社會上得不到別人幫助,因為不討人喜歡。所以真正仁慈的人,他看到不忍心,還是憐憫他、幫助他、照顧他,這是德行,我們一般人講積德這個很重要,應該要學習。這一篇可以說是彌補《感應篇》,讓《感應篇》更圓滿,我們修學得真實利益。這是這個文字裡面,「欲治諸病,當備種種眾藥」,我們看到太上老君這篇文章,我們深有所感。老君教導我們,能用這篇文章來反省,我們有沒有病?再看看他講的這一百種藥,我們有沒有?這一百種都是幫助我們身心健康,幫助我們家庭幸福、工作美滿,利益太多了,應當學習。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二四集)  2010/8/26