Jumat, 26 April 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Agustus 2010 (Bgn 4)


Para Buddha Tathagata membabarkan Dharma di dunia, bukanlah atas kehendak sendiri, namun karena berjodoh dengan para makhluk. Para makhluk memohon kehadiran Buddha, memikirkan Buddha, melafal nama Buddha, pesan-pesan ini dipancarkan keluar, Buddha dan Bodhisattva segera menerimanya, Dia pun segera datang.

Tetapi respon tersebut juga harus disertai dengan adanya jodoh, seperti yang sering disebutkan di dalam sutra Mahayana, Buddha tidak menyelamatkan makhluk yang tidak berjodoh, jadi Buddha menyelamatkan para makhluk, harus yang berjodoh denganNya.

Sepanjang hidup kita di dunia ini, jodoh yang kita jalin dengan semua makhluk adalah sangat luas, di dalamnya ada jodoh baik dan jodoh buruk, juga ada jodoh yang netral.

Saat menjalin jodoh, tak peduli disengaja maupun tidak disengaja, punya niat atau tidak, jodoh tersebut telah dijalin. Apabila jodoh yang dijalin itu jumlahnya kian banyak, maka kelak ketika anda mencapai KeBuddhaan, anda akan menerima pesan-pesan dari para makhluk yang berjodoh denganmu.

Pada masa kelahiran lampau ada menjalin jodoh, barulah dia bersedia menerima dan meyakini ajaranmu; sebaliknya kalau tidak berjodoh, meskipun anda hadir di hadapannya, dia juga takkan sudi percaya padamu, bahkan takkan menghiraukan dirimu sama sekali, jadi buat apa datang ke dunia ini?

Maka itu kedatangan seorang Buddha pasti untuk membimbing para makhluk yang berjodoh. Makanya, sebelum kita mencapai KeBuddhaan, harus tahu menjalin jodoh baik dengan semua makhluk.

Oleh karena di dalam jodoh baik dan jodoh buruk terdapat kemelekatan, akibatnya akan sangat merepotkan. Jodoh Dharma lebih bagus, apa yang dimaksud jodoh Dharma? Menasehati semua orang melafal Amituofo dan  belajar Ajaran Buddha.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Agustus 2010

諸佛如來,他到世間來現身教化,不是他的意思,是眾生的業感。眾生有感,想著佛、念著佛,這個信息送出去,佛菩薩立刻就能收到,收到他就來。可是,那個感還是要有個緣,這是大乘教上常講,佛不度無緣眾生,佛度眾生一定要有緣。我們一個人在這個世間,從小到大跟世間人、跟一切眾生結緣非常廣,這裡面有善緣有惡緣,也有不善不惡的緣。結緣的時候,不管是有心或者是無心,有意無意都一樣,這緣都結上了。結的緣愈多,將來你成佛、成菩薩,你回歸到自性,你所收到信息的都是有緣眾生。過去生中有緣,他才會接受你教誨;如果沒有緣,你示現在他面前,他不相信你,他理都不理你,那你又何必來?就不會來了。所以來,一定都是接引有緣眾生,道理在此地。於是,我們在沒有成佛之前,也就是沒有大徹大悟之前,要懂得與一切眾生廣結法緣,這個好。因為善緣、惡緣裡都有情執,果報很麻煩,糾纏不清。法緣好,法緣是什麼?勸大家念佛,勸大家學佛,這個好!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一0三集)  2010/8/8





 

Kita melihat hartawan di dunia ini, hidup bergelimangan harta, bagaimana mereka bisa jadi kaya raya? Pada masa kelahiran lampau banyak melakukan Amisa Dana (dana materi), makanya pada masa kelahiran sekarang menikmati buah akibatnya.

Setelah memahami kebenaran ini, kita takkan salut lagi padanya, apabila kita ingin menyerupai mereka, tidaklah sulit, mulai sekarang saya akan giat menimbun Dana Materi, kelak saya juga takkan kalah dengannya.

Ini merupakan cara halal untuk jadi orang kaya, jadi bukan menggunakan cara merugikan orang lain demi menguntungkan diri sendiri, kekayaan yang diperoleh dengan cara curang begini adalah harta yang memang sudah ada di dalam garis hidupmu.

Jika di dalam garis hidupmu tidak ada sejumlah kekayaan begini, walaupun menggunakan cara apapun, juga takkan bisa memperolehnya, anda menodong orang lain dan berhasil merampok sejumlah uang, itupun karena memang sejak semula ada di dalam garis hidupmu, apa dirimu tidak kasihan!

Bila di dalam garis hidupmu tidak ada sejumlah uang tersebut, maka belum sempat menodong, dirimu sudah keburu ditangkap polisi. Jumlah kekayaan seseorang sudah ada di dalam garis hidup, buat apa lagi perlu merampok? Justru gara-gara menggunakan cara yang tidak halal, jumlah harta di dalam garis hidupmu akan menyusut, betul-betul merugikan.

Di dalam garis hidupmu mulanya ada harta sejumlah 10 miliar, sekarang dengan cara yang tidak halal, anda berhasil memperoleh harta sejumlah 5 miliar, anda merasa bangga sekali dengan jumlah tersebut, padahal di dalam garis hidupmu, anda memiliki harta sejumlah 10 miliar.

Gara-gara perbuatan jahatmu, akhirnya jumlah harta di dalam garis hidupmu menyusut hingga separuh, menurutmu dirimu ini kasihan tidak? Maka itu, orang suci mengajarkan pada kita, jangan mengambil harta yang tidak halal.

Buddha Sakyamuni menyampaikan pada kita cara yang benar untuk memperolehnya,  Amisa Dana (dana materi) membuahkan kekayaan, Dharma Dana membuahkan kebijaksanaan dan kecerdasan, Abhaya Dana (menghilangkan ketakutan di hati para makhluk) membuahkan kesehatan dan usia panjang.

Semua manusia menghendaki ketiga pahala tersebut, baik kekayaan, kecerdasan dan usia panjang, maka itu “Di dalam pintu Buddha, segala permohonan pasti terkabul”, ini nyata adanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Agustus 2010


我們看到世間發大財的人,擁有億萬財富,那是什麼人?過去生中財布施修得多,感得這一生的果報。我們明白這個道理,了解事實真相,對他不會羨慕,平常心看他。我們想要,不難,我從現在起努力修財布施,將來果報不亞於他,也可能超過他多多。這是正正當當取得的財富,不是用一些損人利己的那些不善的方法,那樣得來的財富還是你命裡所有的。你命裡沒有,用什麼壞主意你都得不到,你拿著槍去搶人家,搶來的還是命裡有的,你說你冤不冤枉!你命裡沒有的,你還沒有搶你被警察抓去了。所以命裡有的,何必去搶劫、何必去偷盜?用這種非法的手段,把自己命裡面的財富打折扣了,叫虧折了。你命裡原來有一百個億,現在你得五十個億覺得不得了,你不知道,你用的手段是非法的,造作的罪業已經虧掉一半,你說冤不冤枉?所以,聖人都教給我們,不義之財決定不能取,那是錯誤的。佛教給我們有道理、有方法,聰明智慧是果報,法布施是因,你修法布施你就得聰明智慧,你修無畏布施,你就得健康長壽。我們世間人,這三樣東西誰不要?我們想要財富、想要聰明智慧、想要健康長壽,統統都能得到,「佛氏門中,有求必應」,真的,一點都不假。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一0三集)  2010/8/8


 

 

Tetapi mengenai harta kekayaan ini, praktisi sekalian hendaknya menyadari bahwa kehidupan seseorang sesungguhnya sangat gampang, kebutuhan hidupnya juga mudah terpenuhi, jadi buat apa menimbun banyak harta? Terkecuali memang digunakan untuk membantu para makhluk yang kesusahan.

Apabila harta kekayaan itu digunakan secara benar, maka akan diberkati oleh Triratna, yang juga artinya segala permohonan pasti terkabul, asalkan menggunakan hati yang tulus, tiada niat terselubung.

Para Buddha dan Bodhisattva telah memperagakannya buat kita semuanya, guru sesepuh mendirikan vihara, supaya para praktisi memiliki lingkungan yang tenang untuk belajar Buddha Dharma, terpenuhi kebutuhan sandang, pangan dan papan, dengan demikian tidak perlu merisaukan kehidupannya sehingga dapat belajar dengan tenang. Selain itu juga memiliki guru yang baik dan rekan belajar yang baik.

Ketika Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini, para raja, pejabat dan kaum bangsawan datang memberi persembahan, mendukung karir Buddha dalam membimbing para makhluk. 

Ketika Ajaran Buddha tersebar sampai di Tiongkok, orang pertama yang memberi dukungan adalah Kaisar.  Kaisar Han Mingdi mengutus orang ke India untuk belajar Buddha Dharma, bertemu dengan Bhiksu India yang sedang memberi ceramah yakni Kasyapa Matanga dan Dharmaratna.

Utusan khusus ini menyampaikan pada kedua orang Bhiksu India ini bahwa Kaisar Han Mingdi dengan tulus mengundang mereka datang ke Tiongkok. Kemudian dengan membawa serta rupang Buddha dan buku sutra, mereka berangkat ke Tiongkok. Waktu itu adalah tahun 67 Masehi, Ajaran Buddha resmi memasuki Negeri Tirai Bambu, ini adalah atas undangan Kaisar Tiongkok.

Kasyapa Matanga dan Dharmaratna tiba di Negeri Tirai Bambu, Kaisar Han Mingdi mengangkat mereka menjadi guru negara, membangun vihara buat mereka, yakni Bai-ma-si (Vihara Kuda Putih) di Luoyang. Pada masa Dinasti Han, ibukota ada di Luoyang (sekarang menjadi kota prefektur di Provinsi Henan).

Jadi vihara pertama yang berdiri di Tiongkok adalah Bai-ma-si (Vihara Kuda Putih), untuk mengenang jasa kuda putih yang telah mengangkut rupang Buddha dan buku sutra dari India ke Tiongkok.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Agustus 2010

可是財,諸位要曉得,自己一個人生活很簡單,很容易滿足,要那麼多幹什麼?可是我們要幫助這個世界上許許多多苦難眾生,那就需要。正當的用途、純淨純善的用途,三寶加持,也是有求必應,真心,沒有一點點私心。諸佛菩薩在這個世間為我們所示現的,祖師大德建立道場、安置大眾,讓大眾有個很好的修學環境,生活有保障,居住的環境好,這有好的老師、有好的同學。極樂世界是好榜樣,華藏世界是好榜樣,那個不必說,那是性德流露的,但是在我們的世間,那就不是靠性德,完全靠修德。修德能感動各種不同的善人,男女老少、各行各業,他們自動獻出來,成就這個事業。佛陀在世,你看看那些國王大臣、長者居士熱心奉獻,成就佛陀教化眾生的事業,我們在經典上看到。佛教傳到中國來,最初護法是帝王。漢明帝的時候派特使到西域去求佛法,遇到印度的高僧在那邊弘法,摩騰、竺法蘭。這些特使向這兩位大德說明,那時候漢朝,皇帝的求佛的誠意,邀請他們到中國來,這兩個人就來了,帶著佛像、帶著經書。那一年是公元六十七年,現在是公元二0一0年,公元六十七年,永平十年,這是佛法正式到中國,中國帝王禮請的。兩位法師到了中國,漢明帝就拜他做老師,這屬於國師的身分,給他們建立道場,就是洛陽白馬寺。那個時候首都在洛陽,第一個寺廟就是白馬寺,紀念白馬馱著經書、佛像,牠有苦勞,沒功勞有苦勞。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一0三集)  2010/8/8