Buddha Dharma
mengatakan bahwa seluruh semesta alam merupakan satu kesatuan yang tak
terpisahkan, dia tidak mati. Maka itu, manusia tinggal di muka Bumi ini, Planet
Bumi ini juga adalah hidup, anda tidak boleh menyakitinya.
Namun sebagian
manusia malah merusak kelestarian alam, Bumi menjadi terluka dan murka, makanya
bencana pun datang menyerang. Ini adalah bentuk amarah dari Bumi, kita telah
sengaja menyakitinya, maka itu dia merespon dengan bencana gempa bumi, banjir,
gunung meletus, tsunami, suhu Bumi yang kian meningkat.
Lantas apakah
bencana-bencana ini dapat diurai? Dapat. Sebagian besar manusia di dunia ini
menggunakan cara berdoa. Sementara itu di kalangan Buddhisme, menyelenggarakan
ritual-ritual pertobatan, termasuk juga “Upacara Pembacaan Amitabha Sutra
berkesinambungan selama tiga sesi” yang selama ini kita gaungkan, semua ini
termasuk ke dalam kategori Doa.
Apa yang
dipergunakan dalam doa? Yakni niat pikiran baik, banyak orang berkumpul
bersama, memancarkan niat pikiran baik, sehingga kekuatan dari niat pikiran
baik ini dapat mengurangi dan meringankan dampak bencana. Dapat menunda
datangnya bencana, tetapi tidak dapat melenyapkannya.
Jadi doa tidak
dapat menuntaskan masalah, begitu anda tidak berdoa untuk beberapa hari saja,
maka bencana-nya muncul kembali. Lantas cara apa yang sebaiknya digunakan untuk
mengatasi akar permasalahan? Dengan pendidikan kesusilaan.
Pendidikan
Kesusilaan, ajaran sutra merupakan materi pembelajaran yang dibabarkan oleh
Buddha Sakyamuni, yang membimbing kita ke jalan yang benar, setelah kita
memahaminya, setiap niat pikiran yang timbul harus terjalin dengan kebajikan
sejati (kebajikan yang sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati).
Kebajikan sejati
ini bila diungkapkan dengan istilah modern, adalah yang terjalin dengan Hukum
Alam, yang selaras dengan alamiah, maka cuaca juga akan bersahabat, bencana
apapun takkan ada; sebaliknya bila tidak selaras dengan alamiah, maka masalah
pun timbul, segala bencana bermunculan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 18 Juli 2010
佛法說整個宇宙是個有機體,是活的,它不是死的。所以,人居住在地球上,地球是活的,你不能對不起它。我們現在在地球上,任意破壞自然環境,它生氣了,它一生氣,我們今天講自然災害就來了。其實哪裡是自然災害,是地球在發脾氣,我們對不起它,任意的來破壞它,所以它的報復,地震、洪水、火山爆發、海嘯、地球溫度的上升,這發脾氣。
我們懂得這個道理,這是實相妙理真的明白了,這災難能不能化解?能。一般宗教家他用什麼方法?他用祈禱。我們佛門裡面經懺佛事法會,包括我們提倡的三時繫念,都是屬於祈禱。祈禱用什麼?集體的善念,很多人在一起,我們所發出的念頭都是純善,這個善念能夠把災難減輕,能夠把災難延後,不能消滅。所以它治標不治本,你隔幾天不禱告,災難就又現前了。什麼方法治本?教育治本。教育,經典是教科書,釋迦牟尼佛教科書,教導我們,我們明白了,起心動念一定要跟性德相應。性德,用現代的話說,跟大自然的法則相應,隨順大自然,那就風調雨順,什麼災難都沒有;如果不隨順大自然,你的麻煩就來了,什麼災難都來了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第八十三集) 2010/7/18
Mengapa kita melafal Amituofo masih mengundang sentimen negatif pada
diri kita, mengatakan bahwa kita menganut kepercayaan takhayul? Kita tidak
boleh menyalahkan orang lain, oleh karena sebagai praktisi pelafal Amituofo,
kita masih menuruti kekotoran batin dan tabiat kita, mana boleh begitu?
Apa tujuan anda melafal Amituofo? Coba amati dengan seksama, sebagian
besar orang memohon supaya dikasih naik pangkat, supaya diberi kekayaan,
memohon supaya Buddha dan Bodhisattva melindungi dirinya, jadi tujuannya bukan
memohon terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.
Oleh karena dia melafal Amituofo dengan tujuan yang tidak suci, terbalik
dengan tujuan yang diungkapkan di dalam Buddha Dharma, bagaimana mungkin dia
bisa berhasil?
Buddha dan Bodhisattva takkan memberkatimu supaya naik pangkat dan
kaya raya, mana ada aturan begini! Untuk urusan begini anda harusnya cari Dewa
Rezeki baru betul.
Sesungguhnya Dewa dan Malaikat juga tidak bisa memberkatimu, cuma
sebagai pelipur lara untuk menghiburmu, oleh karena anda lebih percaya sama
rayuan daripada nasehat, makanya apa yang mau dikatakan lagi.
Tetapi Buddha dan Bodhisattva dapat memenuhi impianmu untuk naik
pangkat dan kaya raya, anda ingin menikmati buahnya maka terlebih dulu mesti
menanam bibitnya.
Sang Buddha menyampaikan padamu bagaimana caranya, lalu anda
mengikuti cara tersebut dengan benar, maka pasti berbuah manis, inilah yang
disebut dengan “Di dalam pintu Buddha, segala permohonan pasti terkabul”.
Memang benar, memohon pahala dapat pahala, memohon kecerdasan dan
kebijaksanaan juga terkabul, memohon panjang usia juga terkabul, memohon dikaruniai
putra-putri juga bisa terkabul, segala permohonan pasti terkabul.
Kebenaran ini disampaikan oleh Master Zhangjia kepadaku waktu dulu,
beliau mengutarakannya dengan sangat jelas, asalkan mengamalkan-nya secara
benar, benih bagaimana yang ditanam itulah buah yang dipetik.
Sang Buddha hanya menunjukkan padamu caranya, tetap saja anda yang
harus menjalaninya, kalau anda tidak sudi mengamalkannya, maka hasil apapun takkan
anda peroleh. Maka itu disebut “Siapa yang melatihnya maka dialah yang
memperoleh hasilnya, kalau tidak melatihnya maka tidak ada hasil yang bisa
diperoleh”, jadi Ajaran Buddha sama sekali bukanlah kepercayaan takhayul.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 18 Juli 2010
我們念佛為什麼念得不能成就,招別人厭惡,你在搞迷信?不能怪別人,是我們自己依煩惱習氣在念佛求生淨土,那能行嗎?不行。你念佛的目的何在?你去調查一下,絕大多數的人為升官、為發財,求佛菩薩保佑,不是求生淨土。他念佛的動機不清淨,他念佛的目的跟佛法所講的反方向,他怎麼會有成就?佛菩薩不可能保佑你升官發財,哪有這種道理!那你得去找神明去。其實神明也不是真正能保佑你,騙你而已,你聽騙不聽勸,那就沒法子。但是你想升官發財,佛真能幫得上,為什麼?你想的這是果報,果必有因,佛知道因,佛能把這個道理講清楚,方法給你講清楚,你依照這個理論、依照這個方法去做,果報能現前,這叫「佛氏門中,有求必應」。真的,求福報得福報,求聰明智慧得聰明智慧,求長壽得長壽,求兒女得兒女,真的是有求必應。這個道理,早年章嘉大師教我的,他說得很清楚,如理如法你去學習,還是你自己修因得的果報。佛只能在理論上指導你、方法上指導你,還是得你自己去做,你自己不做你得不到。所以「公修公得,婆修婆得,不修不得」,這是佛說的,佛不迷信。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第八十三集) 2010/7/18
Praktisi pelafal
Amituofo, tujuanmu adalah terlahir ke Alam Sukhavati, maka itu anda harus
memenuhi tiga persyaratan yakni yakin, bertekad dan mengamalkan.
Namun berapakah
praktisi yang benar-benar memenuhi tiga persyaratan tersebut? Setiap praktisi
pasti berkata, saya sudah yakin, saya sudah bertekad, tetapi cobalah lakukan
introspeksi diri, keyakinanmu bukanlah keyakinan yang benar.
Ketenaran dan
keuntungan di dunia ini, ketika anda dihadapkan dengan godaan demikian, hatimu
langsung goyah, anda masih begitu mendambakannya, keyakinan semacam ini bukanlah
keyakinan benar, demikian pula dengan tekad juga bukanlah benar, jadi bukan
merupakan keyakinan benar dan tekad menyeluruh.
Makanya anda
melafal Amituofo sudah bertahun-tahun lamanya, namun tidak ada mukjizat apapun,
sampai akhirnya anda jadi tidak percaya lagi.
Penyebabnya
bukanlah terletak pada Buddha Sakyamuni, juga bukan karena ajaran sutra yang
bermasalah, tetapi ketrampilan melatih diri kitalah yang tidak mencukupi, kita
sudah salah tafsir terhadap isi sutra, tidak memahaminya secara benar, pengetahuan
dan pemahaman yang setengah-setengah, sehingga melatih diri secara sembarangan,
kalau sudah begini, masih berani menyalahkan Buddha, menyalahkan ajaran sutra,
bayangkan, betapa beratnya dosa ini.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 18 Juli 2010
念佛人,你的目的是想求生極樂世界,你一定依實相理。實相理是什麼?在淨宗法門裡面三個條件,信、願、行。這三個條件,我們看看修淨土的人,有幾個人真的具足?每個人都說我相信、我發了願,其實你細心去反省,你的信不是真信。這個世間名聞利養,你接觸到了你還會動心、你還會貪戀,這信就不真、願也不真,不是真信切願。所以你念佛多年,感應都沒有,感應沒有,到最後就不相信了。這個問題不是出在釋迦牟尼佛身上,也不是出在經典身上,是我們自己做的功夫不夠,我們自己把經典誤會了,不是正確的理解,一知半解,盲修瞎練,還要冤枉佛、冤枉經典,你說你這罪過多重。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第八十三集) 2010/7/18