Minggu, 28 Oktober 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juni 2010 (Bgn 3)


Memohon kekayaan, darimana kekayaan itu berasal? Kekayaan merupakan buah akibat dari Amisa Dana (dana materi). Kita lihat di dalam masyarakat masa kini, banyak bermunculan konglomerat-konglomerat, seberapa besar harta mereka, sejak semula telah digariskan.

Mengapa mereka bisa punya harta berlimpah? Pada masa kelahiran lampau suka berdana, pada masa kelahiran sekarang menikmati harta berlimpah. Mengapa ada orang yang hidup melarat? Pada masa kelahiran lampau tidak berdana, sehingga di dalam garis hidupnya tidak punya harta kekayaan, jadi bagaimanapun berdaya upaya tetap saja tidak bisa meraup keuntungan, dalam garis hidupnya memang tidak ada kekayaan.

Lantas apa yang harus dilakukan kalau dalam garis hidup tidak punya kekayaan? Sekarang mulai berdana, apakah masih sempat? Tentu saja masih sempat, sekarang sudah memahami kebenarannya, anda mulai berdana dengan sukacita, pertama-tama anda harus membangkitkan perasaan sukacita, bersukacita berdana membantu orang-orang yang membutuhkan uluran tangan, semakin berdana semakin banyak hasilnya, ini merupakan fakta.

Guruku Master Zhangjia mengajariku cara ini dan sekarang sudah kuamalkan selama 59 tahun, semakin berdana semakin banyak hasilnya, sumber kekayaanmu takkan habis-habisnya. Jadi tidak boleh disimpan pada sebuah tempat, bagaikan aliran air yang tidak mengalir, harta kekayaanmu ada batasnya, di sini masuk di sana keluar.

Maka itu kekayaan disebut benda bergerak, harus disebarluaskan, barulah dapat menciptakan sumber yang tidak terputus, betapa bebasnya!

Kecerdasan dan kebijaksanaan adalah buah akibat dari Dharma Dana. Abhaya Dana adalah ketika melihat para makhluk dalam kondisi susah, tidak tenang dan ketakutan, anda dapat membantunya mengurai ketakutan dan kecemasannya, inilah yang dimaksud dengan Abhaya Dana.

Ajaran Buddha Mahayana menggalakkan pola makan Vegetarian, agar para makhluk ketika bersua denganku, takkan merasa takut, kita melindungi setiap bentuk kehidupan, agar mereka memperoleh kedamaian. Dapat merawat lansia, berbakti pada Ayahbunda dan memandang para senior sebagai Ayahbunda sendiri, ini merupakan resep panjang umur.    

Kini ketiga berkah tersebut di atas dikagumi setiap insan, semua orang mendambakannya, tetapi tidak sudi menanam benihnya, mustahil dapat mencicipi buahnya. Jika anda berharap mendapatkannya, maka terlebih dulu anda mesti serius mengamalkannya, berdana materi memperoleh kekayaan.  

Inilah yang disebut “Mengikhlaskan barulah bisa mendapatkannya”, ini merupakan istilah dalam Ajaran Buddha, semakin banyak yang dapat anda ikhlaskan maka semakin banyak yang bisa diperoleh.

Tetapi “Mengikhlaskan barulah bisa mendapatkannya” memiliki dua makna, yang pertama adalah anda ikhlas pasti ada yang diperoleh; yang kedua adalah setelah memperoleh hasilnya, janganlah disimpan, kalau disimpan maka hasilnya terbatas, anda cuma punya harta segini saja. Apabila anda berdana dan setelah memperoleh hasilnya, lalu hasilnya ini didanakan kembali, maka hasil yang anda peroleh akan lebih banyak lagi, demikianlah seterusnya, sehingga aliran kekayaan anda takkan berhenti.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juni 2010

求財,財從哪裡來的?這都是老師當年教給我的,財是從財布施來的。我們在現前看到這個社會上,有很多擁有億萬的財富,這是人命裡有的,他為什麼會有?過去生中歡喜修財布施,他這一生就得財富。為什麼這一生貧窮?過去生中沒有修財布施,不肯修,你命裡沒有財,無論你做什麼樣的行業,你都不會賺錢,命裡沒財。命裡沒有,現在我修因行不行?行,現在懂得,你就修財布施,歡喜布施,首先要有這個心,歡喜布施,歡喜幫助需要財的這些人,你都歡喜幫助他,愈施愈多,真的一點都不錯。老師教給我的方法,我用到今年用了五十九年,真的愈施愈多,愈多愈施,你那個財源就沒有止境,像潮水一樣。絕對不能把財守在那個地方,一守就壞了,就變成死水,死水就不流通,你那個財就有限,這邊來了,那邊走。所以財叫通貨,它要流通,源源不斷,這多自在!聰明智慧是法布施,健康長壽是無畏布施。無畏是看到眾生有困難的時候,不安的時候,有恐怖的時候,你能夠幫助他,你能夠化解他的恐懼、他的憂慮,這一類都是屬於無畏布施。特別是我們的飲食,中國佛教提倡素食是屬於無畏布施,讓一切眾生見到我都不會害怕,我們會保護他,都能得到安穩。能夠真正發心照顧老人,孝養父母,跟父母年齡相當的人,都要把他看作是父母一樣的來照顧,這是健康長壽之道。現在這三樣東西誰都羨慕,誰都想,但是他不肯修因,那就得不到。所以你希望得到,你要真幹,捨財得財。所以「捨得」,這是佛學裡面的術語,你捨得愈多,你得到的愈多。可是捨得是兩重意思,第一個,你捨一定有得;第二個意思,捨得,把你得到那個也要捨掉,你可別保留,你要保留,那你就很有限,你就那麼多。如果你得到的也能夠捨掉的話,你得到就更多,後續來的沒有止境。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第六十集)  2010/6/17




 

Bagaimana caranya berinteraksi dengan orang lain? Buddha Sakyamuni mengajari kita ada empat cara yakni Empat Penuntun (Catvari samgraha-vastuni), yang pertama adalah “Berdana”, umumnya kita sebut sebagai menjalin ikatan jodoh. Berdana di sini tidak sama maknanya dengan Dana Paramita, melatih Dana Paramita ditujukan untuk memutuskan kekotoran batin, untuk menyingkirkan kekikiran.

Hari ini kita menyebutnya sebagai memberi kado, mengundang makan, banyak tata krama takkan ada salahnya, inilah jurus pertama dalam membangun hubungan sosial dengan orang lain. Dengan selalu memberi kado dan mengundang makan, maka hubungan akan bertambah erat.

Yang kedua adalah “Tutur kata yang ramah”, faktor penting dalam pergaulan adalah komunikasi. Pergaulan masa kini hendaknya disertai dengan ketulusan, memikirkan kepentingan orang lain, jangan cuma memikirkan kepentingan diri sendiri.

Dapat memikirkan kepentingan orang lain, inilah yang disebut sebagai tutur kata yang ramah, apabila sahabat kita berbuat salah, harus tahu menasehatinya, tentu saja di sini dibutuhkan upaya kausalya (cara yang bijak dan tepat sasaran).

Yang ketiga adalah “Memberi manfaat”, segala tindakan ditujukan untuk mengabdi bagi orang banyak. Yang keempat adalah “Minat yang sama”. Butir yang terakhir ini hanya dapat diwujudkan oleh Bodhisattva.

Sudhana Kumara mengunjungi dan belajar pada 53 Kalyanamitra, ada yang baik dan ada pula yang jahat. Kita tidak dapat menirunya, oleh karena bila bergaul dengan orang jahat, kita gampang terpengaruh dan ditarik olehnya, sehingga mengalami kemerosotan batin.

Maka itu dari empat butir “Dharma Empat Penuntun” ini, kita hanya dapat melakukan tiga butir saja, yakni murah hati, tutur kata yang ramah dan memberi manfaat; sedangkan butir ke-4 yakni “minat yang sama”, hanya terbatas belajar pada insan suci dan bijak, belajar pada Buddha dan Bodhisattva, begini barulah takkan timbul masalah, inilah yang disebut dengan menuntun para makhluk.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juni 2010

Empat Penuntun (Catvari samgraha-vastuni) :

人與人之間怎麼相處?世尊教導我們有四法,人跟人的相處叫四攝法,這就好像現在講的公共關係法。這四法,第一個是「布施」,我們一般講結緣。這個布施跟六度裡布施意思不一樣,六度布施是斷煩惱的,是把慳吝的心布施掉,是這個意思。四攝法裡的布施,就是今天講的送禮、請客,禮多人不怪,跟人建立關係這是第一個手段,非常重要的。你要常常送禮,常常請客,這個關係就好了。第二個「愛語」,知道人與人之間相處,最重要的是交流。現在人講交流,真誠的相待,要多為對方著想,不要想自己。你能夠想到對方,這是真正的愛語,替對方來著想,對方要有過失,要知道規勸,這裡面都有善巧方便。所作所為是為眾生服務的,當然我們所接待的對象,也就是服務的對象。最後一條是「同事」,菩薩才能做到。我們現在不是菩薩,不是菩薩,那我們的同事只能夠說是同學,我們一同向佛菩薩學習,向聖賢人學習,這就對了。真正菩薩的同事,我們在五十三參裡面看到了,但是那個不能學,我們學不到,我們學了,會被他拉跑掉,會墮落。所以這四攝法,我們做前面三條,布施、愛語、利行;同事,僅限於跟聖賢一起學習,跟佛菩薩一起學習,這個沒有問題,這是接引眾生。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第六十集)  2010/6/17




 

Bagaimana caranya supaya kita dapat hidup berdampingan dengan orang lain secara harmonis? Yakni dengan saling mengasihi, saling bekerjasama, ini sangat penting. Harus belajar bagaimana menghormati orang lain, diri sendiri mesti rendah hati, memberi perhatian pada insan lain, menjaga dan membantu mereka.

Terutama ketika orang lain membutuhkan bantuan, di kala kesusahan, kita memberikan uluran tangan, menjaganya dengan tulus, tidak ada maksud terselubung untuk kepentingan diri sendiri, juga tidak mengharapkan balas budi, begini barulah tulus.

Kita baik pada orang lain, kalau berharap orang lain juga baik padaku, ini sudah keliru; jangan ada pemikiran seperti ini, hendaknya berkorban tanpa pamrih, mengapa demikian? Oleh karena semua makhluk merupakan satu kesatuan dengan diriku.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juni 2010

我們如何能跟人相處得和睦,世間人講的是相親相愛,互助合作,這非常重要。一定要學著真正能夠尊重人,自己一定謙卑,尊重別人,關懷別人,照顧別人,幫助別人,這非常重要。特別是別人有需求的時候、有困難的時候,要照顧,真誠的照顧,沒有自利的念頭,沒有要求別人回報的這個心,這才是真誠心。我們對別人好,希望將來別人對我好,錯誤了;沒有這個念頭,只有付出,不求回報,為什麼?因為眾生跟我們是一體。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第六十集)  2010/6/17