Rabu, 21 November 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Juni 2010 (Bgn 1)


Ciri khas dari kesadaran ke-8 (Alayavijnana atau gudang kesadaran) adalah mampu mengingat dan merekam, apa yang kita pelajari akan terekam di dalam Alayavijnana, ibarat sebuah gudang memori, menyimpan segala data yang direkam sejak kalpa tanpa awal, apa yang telah dipelajari selama kelahiran demi kelahiran, tersimpan di sini.

Maka itu Psikiater dari negara barat menggunakan metode hipnotis untuk mengobati pasiennya, menggali rekaman peristiwa masa kelahiran lampau yang tersimpan di Alayavijnana. Kalau rekaman ini tidak tersimpan di dalam Alayavijnana, bagaimana anda bisa mengetahui tentang masa kehidupan lampaumu?

Kesadaran ke-7 atau Manas-vijnana adalah kemelekatan, kesadaran ke-6 atau pikiran, adalah membeda-bedakan. Lima kesadaran meliputi kesadaran mata, telinga, hidung, lidah dan tubuh, apa fungsinya?

Yakni untuk menyampaikan informasi, mengatur lalu-lintas informasi luar dan dalam, menyampaikan informasi dari luar ke dalam, dan sebaliknya. Inilah fungsi dari lima kesadaran tersebut, dia tidak sanggup menjadi majikan bagi diri sendiri, dia hanya bisa menyampaikan informasi saja, tetapi tidak bisa menyaring atau menyeleksinya.

Lantas siapakah majikan yang sesungguhnya? Yang menjadi majikan itu adalah kesadaran ke-6, tukang membeda-bedakan. Setelah membeda-bedakan, kesadaran ke-7 mulai melekat. Inilah majikan yang sesungguhnya, yakni kesadaran ke-6 dan kesadaran ke-7.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Juni 2010

我們簡單用最粗淺的話來講大家好懂,第八阿賴耶識它的特長是記憶,我們學了東西會記得就在阿賴耶,所以阿賴耶像倉庫一樣,儲藏庫,無始劫以來生生世世學習的東西都儲存在那裡,那是資料室。所以西方這個催眠術,用催眠的方法,把阿賴耶識所含藏的那個過去世都把你提出來,是這麼一個道理。如果沒有儲藏的話,過去生中的事情你怎麼會知道?它是一個儲藏室。第七識末那識是執著,第六意識是分別,前五識眼耳鼻舌身那是什麼?傳遞信息,內外交通,把外面的傳到裡面,裡面傳導到外面,它是管這個的,它做不了主的,只是傳達而已,我用這個方法講大家好懂。

  真正做主的是誰?做主力量最大的就是第六意識,它非常善變,第七識也很固執,真正當家做主是這兩個。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第六十六集)  2010/6/23


 

 

Tidak ada yang mutlak di dunia ini, demikian pula dengan ramalan juga belum pasti akan terjadi. Ketika mereka meramalkan sebuah kejadian, apa yang mereka terawang adalah fenomena pada detik tersebut.

Umpamanya setahun yang silam, mereka menerawang dan melihat sebuah bencana akan terjadi tahun depan, tetapi setahun kemudian ternyata niat pikiran manusia berubah jadi baik, maka bencana tersebut segera sirna.

Sebaliknya bila niat pikiran manusia tidak berubah, maka ramalan tersebut akan jadi kenyataan; oleh karena niat pikiran kita berubah jadi baik, makanya ramalan tersebut jadi tidak sakti lagi.

Niat pikiran dapat mempengaruhi kesehatan kita, keharmonisan keluarga, contohnya cara berpikir setiap penghuni di dalam vihara kita ini, makanya mengapa ceramah Dharma memegang peranan yang sangat penting.

Mengapa lingkungan Alam Sukhavati bisa sedemikian bagus adanya? Oleh karena di sana Buddha Amitabha setiap harinya membabarkan Dharma, berkesinambungan tak terputus, maka itu segala tabiat yang dipelihara sejak kalpa tanpa awal, tidak bisa efektif. Lama kelamaan tabiat ini akan sirna dengan sendirinya.

Kalau bukan karena di Alam Sukhavati ada Buddha dan Bodhisattva yang membabarkan Dharma setiap harinya, maka cepat lambat Alam Sukhavati juga akan berubah jelek seperti Bumi yang kita cintai ini.

Maka itu para Buddha Tathagata di Alam Sukhavati, setiap harinya membabarkan Dharma, membantu para praktisi mencapai KeBuddhaan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Juni 2010

法無定性,預言所講的不是一定的,說出這個預言、預測是什麼?這些預言家很多是通靈的,他們看到的。看到這個現象是他那個時候看到的,譬如他一年前看到的,一年之後念頭變好了,它馬上就轉變了。如果我們不改變的話,那就跟他預測的一樣;我們一變的話,他的預測就完全不靈,就這麼個道理。近,對我們的身體,我們身體自己可以控制,再擴大我們的家庭,我們這個道場,只要人人,所以這個教學重要。

  我也常跟一些同學們談,講經的時候也講到,極樂世界為什麼那麼好?華藏世界為什麼那麼好?諸佛的實報土都沒話說,為什麼?那個地方諸佛如來天天在講經、天天在教學,沒中斷的,所以無始無明的習氣在那個地方它發作不了。天天佛在講經教學,他怎麼發作?久而久之,這個習氣慢慢就沒有了,自然就消失,就這麼個道理。如果那個世界佛也不講經了,菩薩也不講經了,我看要不了幾年就變成我們地球這個樣子。所以諸佛如來他在那裡天天講經,幫助那些眾生逐漸逐漸的個個成佛了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第六十六集)  2010/6/23




 

Kita hidup pada era yang penuh dengan perseteruan, dimana manusia sibuk memperebutkan ketenaran dan keuntungan. Buddha Dharma mengatakannya sebagai 5 x 500 tahun, yakni 2500 tahun setelah Buddha Sakyamuni memasuki Parinirvana, “Perseteruan jadi kuat”, setiap niat pikiran yang timbul adalah merugikan orang lain demi menguntungkan diri sendiri.

Hari ini saya mendengar berita dari seorang rekan, ini adalah kejadian nyata. Ada seorang wanita yang membesarkan 5 orang anak, setelah berusia lanjut, ternyata tidak ada seorang anak pun yang sudi menjaganya, sehingga ibunda yang malang itu mati kelaparan.

Setelah pemerintah mengetahui kejadian ini, kelima anak itu dijatuhkan hukuman, anak sulung dipenjara 2 tahun, empat anak lainnya masing-masing dipenjara setahun. Ini merupakan hukuman yang ringan.

Kalau jaman dulu, kelima anak yang cacat moral tersebut dicap sebagai anak durhaka! Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) dalam ceramahnya pernah berkata, sebelum periode perang melawan invasi Jepang, hukuman apa yang akan dijatuhkan pada anak durhaka?

Pada era tersebut, Ayahbunda dapat menuntut anak durhaka ke pengadilan, bila terbukti dinyatakan bersalah, anak durhaka ini langsung dihukum mati.

Coba bayangkan, orang yang paling menyayangi dirimu adalah Ayahbundamu, sekarang Ayahbundamu saja tidak menghendaki dirimu lagi, apakah anda masih terbilang manusia?

Maka itu orang tempo dulu tidak berani durhaka, meskipun kadang kala ada yang berpura-pura, namun juga tetap memaksakan diri untuk berbakti, kalau tidak, maka Ayahbundamu akan menuntutmu ke pengadilan, tamatlah riwayatmu.

Namun sayangnya peraturan ini akhirnya dihapus dan dunia pun diliputi kekacauan. Terutama budaya warisan leluhur telah diabaikan, ajaran insan suci dan bijak disepelekan, hal ini telah memicu gejolak masyarakat, keamanan dan stabilitas sulit dipulihkan kembali.

Dampak yang lebih besar adalah bencana alam, dari mana bencana ini berasal? Dari niat pikiran buruk manusia.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Juni 2010

我們看看今天這個大時代是什麼風氣?可以說今天大時代是鬥爭的時代,爭名逐利。佛法講五五百年,釋迦牟尼佛滅度之後五五百年,就是二千五百年之後,「鬥諍堅固」,起心動念損人利己。今天我聽同學說,這不是新聞,是事實。一個老人養了五個孩子,年歲老了,沒有一個養母親,讓這個母親活活餓死了。政府知道這個事情,五個兒子都判刑,老大判了兩年,其他都判一年,這成什麼話?要在從前的法律,五個兒子都是死刑,這大不孝,這還得了!所以古時候的法律,有一條叫親權處分,我還記得,我小時候還聽到有這麼一個名詞,有這麼一個印象。這印象本來差不多也要忘光了,有一次李老師講經講到這一段,他問我,他說你知不知道?我突然想起來,有這個印象。大概在民國二十幾年,抗戰之前,好像民國二十一、二年廢除了。親權處分是什麼事情?你的爸爸媽媽到法院裡告你,我這個兒子不孝,你們把他處死。立刻就處死刑,沒有辯護的,這就是親權處分。最疼愛你的是你父母,你父母都不要你,你還能做人嗎?所以從前不孝也不敢,表面上還得裝出一點,你不裝出一點,父母一告狀,命就沒有了。不能辯護的,立刻執行。這個刑罰對社會的安定有好處,廢除很可惜。所以慢慢的這些保障社會安全的法令規章逐漸都廢除了,這一廢除,天下大亂了。最不幸的事情就是把傳統文化廢除掉,你看看,儒家廢除掉,道家廢除掉,佛家廢除掉,這個影響還是影響到現在,影響社會的動亂,治安永遠沒有辦法恢復。更大的影響呢?影響到山河大地,就是現在講的自然災害。自然災害從哪來的?不善念頭影響的,這個我們不能不知道。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第六十六集)  2010/6/23