Abhaya Dana
membuahkan kesehatan dan usia panjang. Apa yang dimaksud dengan Abhaya Dana?
Ketika orang lain sedang mengalami kesusahan, atau dalam kondisi ketakutan, anda
dapat membantu mengurainya, supaya jiwa raganya berada dalam kondisi selamat,
inilah yang dimaksud dengan Abhaya Dana.
Cara yang paling
gampang untuk memupuk Abhaya Dana adalah memilih pola makan vegetarian, tidak
makan daging hewani. Lihatlah ketika hewan disembelih betapa kasihannya, dia
tak berdaya melakukan perlawanan, hanya bisa pasrah dibunuh manusia, lalu
dagingnya dimakan, bayangkan bagaimana kebenciannya bisa terurai.
Makanya Buddha
Sakyamuni membabarkan di dalam sutra bahwa “Bila ingin mengetahui penyebab dari
era peperangan di dunia ini”, apabila menginginkan dunia ini selamanya bebas
dari ancaman peperangan, Sang Buddha menyebutkan, “Terkecuali para makhluk
tidak makan daging hewani”, apabila para makhluk tidak makan daging hewani
lagi, maka peperangan takkan ada.
Dengan perkataan
lain faktor utama terjadinya peperangan adalah berkaitan erat dengan manusia
sebagai meat lovers, sehingga setiap kelahiran demi kelahiran saling dendam dan
saling balas, tiada usainya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 6 Agustus 2010
無畏布施的果報是得健康長壽。什麼叫無畏?別人有困難的時候,有恐怖的時候,有畏懼的時候,你能夠幫助他化解,讓他身心得到平安,這叫無畏布施,這個果報得健康長壽。修無畏布施最方便的、最簡單的,採取素食,不吃眾生肉。你看眾生被殺的時候多可憐,牠沒有能力抵抗,被你殺了,被你吃了,牠的怨恨永遠不會化解。所以佛在經上有兩句名言告訴我們,「欲知世間刀兵劫」,刀兵劫是戰爭,你要想真正知道這個世間戰爭從哪裡來的,為什麼會有戰爭?如果要想這個世間永遠沒有戰爭,佛有一句話說,「除非眾生不吃肉」,眾生要不吃肉了,這個世間戰爭就沒有了。換句話說,戰爭是與我們吃肉,這是真正的第一個因素,冤冤相報,沒完沒了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第九十八集) 2010/8/6
Tidak membunuh, tidak
mengonsumsi daging hewani merupakan Abhaya Dana. Ketika kita melihat ada makhluk
hidup yang ditangkap dan hendak disembelih, apabila kita dapat menyelamatkan
nyawanya, membelinya lalu dilepaskan ke alam bebas, maka ini merupakan hal yang
bagus. Anda menyelamatkan nyawanya, dia pasti berterimakasih pada budi
kebajikanmu, ini disebut sebagai Abhaya Dana.
Cakupan Abhaya Dana
sangat luas, kita harus memahami secara “benar” bagaimana cara untuk memupuk
jenis dana ini sehingga membuahkan kesehatan dan usia panjang.
Bukan saja
mengasihi makhluk hidup, bahkan terhadap permukaan alam, pepohonan, bunga dan
rerumputan juga harus tahu melindunginya, melestarikan lingkungan alam.
Salah satu sila praktisi
non awam, menyebutkan bahwa “Bhiksu suci tidak menginjak rumput segar”, rerumputan
tumbuh dengan subur, anda berjalan menginjaknya, menurutmu pantas tidak?
Rumput juga punya
perasaan, dia juga dapat melihat, mendengar bahkan memahami maksud manusia. Bukan
saja pepohonan, bunga dan rerumputan memiliki perasaan, bahkan gunung, sungai,
tanah dan bebatuan juga dapat melihat, dapat mendengar dan memahami maksud
manusia, makanya harus tahu menghormati segalanya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 6 Agustus 2010
不殺生、不吃肉,這是無畏布施。更積極的,我們看到眾生被捕的時候、被殺的時候,能夠救牠一命,用錢買過來放生,這好事情,救牠一命,牠會對你感恩戴德,這叫無畏布施。無畏布施的範圍也非常廣大,我們要懂得怎樣去修這個功德,也就是修健康長壽的功德。小動物要愛護,樹木花草要愛護,為什麼?牠都有靈性。佛門出家人戒律裡,「清淨比丘不踏生草」,草長得很好,你從它上面走過去,它會高興嗎?它不是沒有知覺的,它會看、會聽,懂得人的意思。不但樹木花草有受想行識,連山河大地泥沙石頭都會看、都會聽、都懂得人的意思,所以要一切恭敬。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第九十八集) 2010/8/6
Di dalam “Sutra Membangkitkan Aspirasi Terunggul Para Bodhisattva (fa
qi pu sa shu sheng zhi le jing)“ tercantum sebuah kisah. Ada dua orang Bhiksu yang
pintar berceramah, umat mereka juga banyak, dana persembahan dari umat juga
banyak.
Ada lima Bhiksu lainnya yang melihat hal ini jadi timbul iri hati, hati
mereka merasa tidak nyaman, sehingga menyebarkan rumor bahwa “Kedua Bhiksu itu
meskipun pintar berceramah, tetapi tidak punya etika moral”.
Alhasil kepercayaan umat terhadap kedua Bhiksu tersebut jadi pudar,
bahkan banyak umat yang jadi mundur hatinya. Akhirnya kelima orang Bhiksu penghasut
jatuh ke Neraka.
Sebenarnya dimana letak dosa kelima orang Bhiksu penyebar rumor
tersebut? Mereka telah memutuskan jodoh para umat untuk mendengarkan ceramah
Dharma, di sinilah letak dosa mereka.
Dua Bhiksu penceramah tidak membenci orang yang telah merusak
reputasi mereka, malah telah membantu menyempurnakan Ksanti Paramita mereka.
Maka itu, niat untuk mencelakai orang lain, malah menemui kegagalan,
alhasil siapa yang paling dirugikan? Yakni diri sendiri. Anda ingin
mencelakainya, tetapi dia malah tidak menderita kerugian apapun, yang celakanya
adalah para umat yang jadi terputus jodohnya mendengar ceramah Dharma, anda
telah mencelakai para pendengar ceramah. Inilah kedunguan.
Andaikata kelima Bhiksu pendengki itu sedikit cerdik, mereka pasti
takkan sudi melakukan hal begini. Lantas apa tindakan mereka? Bersukacita pada
jasa kebajikan yang dilakukan orang lain.
Kedua orang Bhiksu penceramah sudah bersusah payah membimbing umat,
banyak orang yang memperoleh manfaat. Jadi dengan ikut bersukacita pada jasa
kebajikan yang dilakukan kedua orang Bhiksu ini, otomatis juga ikut menikmati
jasa kebajikan mereka.
Jadi hendaknya melontarkan pujian pada kedua Bhiksu penceramah,
menghormati mereka dengan tulus, sehingga lebih banyak lagi umat yang datang
mendengar ceramah mereka dan meraih keberhasilan, siapa yang menikmati jasa
kebajikan ini? Tentu saja orang yang memperkenalkannya.
Jadi ikut bersukacita pada jasa kebajikan yang dilakukan orang lain,
dengan ikut bersukacita sudah dapat menikmati jasa kebajikan kedua Bhiksu
penceramah. Memberi manfaat bagi orang lain juga ikut memberi manfaat bagi diri
sendiri, mencelakai orang lain adalah sama dengan mencelakai diri sendiri,
kebenaran ini mesti dipahami.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 6 Agustus 2010
《發起菩薩殊勝志樂經》裡也有類似這樣的故事。有兩個出家人講經說法講得很好,信眾很多,我們現在講的是皈依的多,供養也多,對於老師生恭敬心。另外有幾個出家人看到,起了嫉妒心,心裡難過,在信徒裡面散布謠言,「這個法師,經雖然說得不錯,沒有德行」,惡意的毀謗。這些聽眾聽了這個流言之後,對法師信心就起了懷疑,退轉的就很多,把法師講經法會的道場破壞了。有五個出家人,這五個人墮地獄了。其實結罪在哪裡?把這些善心的聽眾,他們聞法的緣斷掉,罪從這裡結的。這兩個講經的法師對破壞他的人沒有怨恨,也成就他們的忍辱波羅蜜。所以害人沒有害到人,最後害到誰?害到自己。你所害他的那個對象,他沒有害到,而把許許多多聞法緣分把它斷掉,你害了這些人,害了這些聽眾,那法師沒有害到,你說冤不冤枉?心裡想害的人沒有害到,沒有想害的那些人,你害了那一批人。這是什麼?愚痴,沒有智慧。
他要是聰明,看得清楚的話,他不幹這個事情。他怎麼幹?隨喜功德。這個法師辛辛苦苦教這些徒眾,這麼多人得利益,這麼多人成就,這是法師教的。如果他聰明,他把法師的功德全部拿過去了,能不能?能。讚歎這個法師,恭敬這個法師,讓這許許多多信徒都來接受法師的教誨,法師把他們教成了,誰的功勞?這些介紹人的功勞。你看,都是我把你送來的,我不送來,你哪裡知道?隨喜功德跟法師功德一樣大,有時候還超過,如果你是影響的人多,那就超過太多了。利益別人是真正利益自己,害別人是真正害自己,這個道理我們一定要懂。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第九十八集) 2010/8/6