Kemelekatan
pada keakuan merupakan rintangan yang sangat berat, setiap niat pikiran yang
timbul adalah mementingkan diri sendiri, ini merupakan persoalan yang sangat
parah. Apakah dapat mengalihkan niat pikiran ini, sehingga setiap niat pikiran
yang timbul adalah mengutamakan kepentingan orang lain, memikirkan kepentingan
masyarakat dan para makhluk yang menderita, bagaimana caranya supaya kita dapat
membantu mereka?
Bagaimana
caranya supaya kita dapat membantu mereka? Yakni dengan pendidikan etika moral.
Kita memberi teladan yang baik untuk membantu masyarakat ini dan semua makhluk.
Para
makhluk mengejar kesenangan duniawi, namun saya takkan melakukannya; para
makhluk selalu mengutamakan kepentingannya sendiri, namun saya selalu
mengutamakan kepentingan orang banyak. Insan bijaksana pasti mampu
mengamalkannya.
Orang
yang tidak mempunyai kebijaksanaan selalu mementingkan diri sendiri, mengejar
ketenaran dan keuntungan, mendambakan kesenangan duniawi, Lima Nafsu (harta,
rupa, ketenaran, makanan dan tidur) dan Enam Objek (rupa, suara, bau-bauan,
rasa, sentuhan dan bentuk-bentuk pikiran), tak terpisahkan dari keserakahan,
kebencian, kebodohan dan keangkuhan, orang begini tidak dapat keluar dari enam
alam tumimbal lahir, meskipun melafal Amituofo juga tidak dapat terlahir ke
Tanah Suci Sukhavati, hanya bisa menjalin jodoh dengan Buddha Amitabha, pada
satu masa kehidupan ini tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati.
Maka
itu dalam kehidupan keseharian, segalanya menuruti jodoh, menerima apa adanya,
takkan berperhitungan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 27 April 2010
我執是嚴重的障礙,起心動念都想到我,這個事情很麻煩。能不能把念頭轉一轉,起心動念都想人,想別人、想社會,想這些苦難眾生,我們怎樣去幫助他們?你說我沒有能力幫助他們,那是假的,那你完全錯了。我用什麼能力?我只要學好,學好樣子、做好樣子就是幫助社會,就是幫助一切眾生。眾生求自樂,我不求自樂;眾生念念為我,我念念為別人。做得到,不是做不到,這要智慧,有智慧的人就做到。沒有智慧的人,自私自利,搞名聞利養,貪圖享受五欲六塵,離不開貪瞋痴慢,這樣的人出不了六道輪迴,縱然是念佛也不能往生,他跟佛結個緣,結了善緣,這一生不能往生。所以這是先決條件,生活一切隨緣,絕不計較。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二十三集) 2010/4/27
Apa yang merupakan
penderitaan terbesar? Yakni hati yang tidak tenang, beban pikiran yang
terlampau banyak, ingin memperoleh dan takut kehilangan. Gejala begini banyak
terdapat di dalam masyarakat masa kini, dimana Etika dan Moral serta Hukum
Sebab Akibat sudah dilupakan.
Lantas apa yang
dipelajari manusia masa kini? Nafsu indria. Nafsu keinginan ini bila dibiarkan
berkelanjutan, maka seperti yang diungkapkan di dalam “Surangama Sutra” sebagai
: Hati yang serakah mengundang bencana air, permukaan air laut naik, menenggelamkan
daratan di bumi, ini adalah akhir dari hati yang rakus.
Di Amerika, kami
melihat gambaran Bumi di masa depan, seluruh es di Kutub Selatan dan Utara
telah mencair, ilmuwan memberitahukan pada kita, permukaan air laut
diperkirakan akan naik setinggi 50 meter. Para ilmuwan menduga takkan ada
solusi untuk mengakhiri musibah ini.
Suhu Bumi akan
terus meningkat dari tahun ke tahun, ini dikarenakan Dosa (kebencian),
sedangkan permukaan air laut yang terus meningkat, ini dikarenakan Lobha (ketamakan),
ini merupakan bencana besar di Planet Bumi ini.
Dari mana semua
petaka ini berasal? Diciptakan oleh keserakahan (Lobha), kebencian (Dosa) dan
kebodohan (Moha) yang dilakukan oleh penduduk Planet Bumi ini.
Di dalam hati
mereka angkuh dan tidak setara, ini mendatangkan bencana gempa, sedangkan
kedunguan (Moha) mengundang bencana angin.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 27 April 2010
最大的苦是什麼?心情不安,這很痛苦,妄念太多,患得患失。我們看看像這種情形在這個社會上多不多?到處都是。尤其在近代這個社會,倫理、道德、因果的教學沒有了,人學會什麼?學會貪婪,欲海無邊。那個貪心膨脹,膨脹到最後,佛在《楞嚴經》上告訴我們,貪心跟水有感應,海水上漲,把地球表面的陸地全部淹掉,這是貪心膨脹最後的結果。我們在美國看到,他們畫的將來世界的地圖,南北極的冰完全融化,科學家告訴我們,海水會上升五十米,現在海拔五十米以下的全都淹掉。科學家知道,也認為很有可能,沒有法子解決這個問題。地球溫度不斷在上升,溫度上升是屬於瞋恚,海水上漲屬於貪婪,這是地球上大災難。怎麼來的?居住在地球上的人貪瞋痴慢造出來的。心裡面貢高傲慢不平,這個造成地震,愚痴造成風災。有沒有道理?有道理。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二十三集) 2010/4/27
Apa yang dimaksud dengan Vijnana(kesadaran)? Manusia memiliki delapan
kesadaran. Lima kesadaran adalah mata, telinga, hidung, lidah dan tubuh.
Kesadaran ke-6 adalah pikiran yang membeda-bedakan. Kesadaran ke-7 adalah pikiran
yang melekat, kesadaran ke-8 atau Alaya-vijnana sebagai perekam atau mengingat,
sering disebut sebagai Gudang Kesadaran
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 27 April 2010
識是什麼?識是物質、精神混合的東西。你說我們人,大家容易明白,我們的前五識,眼耳鼻舌身,它有感受,它有接受的能力,第六識是思想、分別,第七識是執著,阿賴耶是記憶,就像記憶的倉庫一樣。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二十三集) 2010/4/27
Setiap niat pikiran
kita yang timbul, alam semesta beserta seluruh isinya juga mengetahuinya,
ketika kita membangkitkan niat pikiran benar, mereka akan segera meresponnya, demikian
pula sebaliknya, ketika kita membangkitkan niat pikiran buruk, mereka juga
segera meresponnya.
Hari ini niat
pikiran penduduk Bumi adalah ketamakan, kebencian, kebodohan, keangkuhan dan
kecurigaan, semuanya pada merugikan orang lain dan menguntungkan diri sendiri,
makanya bencana kian hari kian banyak.
Lain halnya dengan
penduduk Alam Sukhavati, tiap hari ada Buddha Amitabha yang membabarkan Dharma,
para Buddha di sepuluh penjuru juga berdatangan menjadi staf pengajar, makanya
penduduk di sana takkan timbul niat pikiran buruk, bahkan istilah kejahatan
juga takkan terdengar.
Maka itu niat
pikiran baik yang dipancarkan oleh penduduk Alam Sukhavati segera direspon sehingga
lingkungannya menjadi indah nan berwibawa. Inilah yang disebut di dalam sutra
sebagai lingkungan berubah menuruti perubahan hati.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 27 April 2010
我們的起心動念,山河大地知道、樹木花草知道、自然現象知道,我們起個善念,它有善的回應,起個惡念它就有不善的回應。今天我們地球上居民,起的念頭都是貪瞋痴慢疑,都是損人利己,所以地球上災難多。西方極樂世界為什麼那麼好?那個地方的居民,天天阿彌陀佛在教化,一切諸佛菩薩都到那裡去教學,所以那個地方的人,沒有一個人有惡念,更沒有一個人有不善的行為。所以它信息好,樹木花草、山河大地統統都好,沒有一樣不好,這就是大經上講的境隨心轉。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二十三集) 2010/4/27