Mari kita lihat kalimat berikutnya, “Maka itu praktisi yang bertekad
terlahir ke Alam Sukhavati, mesti membangkitkan Bodhicitta tertinggi tiada
taranya. Apabila si praktisi tidak membangkitkan Bodhicitta tertinggi tiada
taranya, cuma karena mendengar bahwa Alam Sukhavati dipenuhi kebahagiaan tanpa
batas, barulah bertekad terlahir ke sana demi menikmati kesenangan, dengan
demikian dia takkan berhasil terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.”
Kita harus mengingat kalimat ini dengan baik, mendengar bahwa Negeri
Buddha Amitabha dipenuhi berbagai keunggulan, tetapi saya tidak membangkitkan
niat untuk menyelamatkan para makhluk, saya cuma tahu kalau alam saha ini
sungguh menderita, makanya saya mau ke Alam Sukhavati supaya bisa
bersenang-senang, di sana sangat indah sekali, saya amat mengkaguminya, apakah
dengan demikian bisa terlahir ke Alam Sukhavati?
Manalah bisa, karena tidak terjalin dengan tekad Buddha Amitabha, tidak
terjalin dengan harapan seluruh penduduk Alam Sukhavati, maka itu anda tidak
bisa terlahir di sana. Tekad Buddha Amitabha ke-19 ini sangat penting, tidak
boleh diabaikan.
Tekad Buddha Amitabha yang ke-18 adalah sepuluh lafalan pasti
terlahir ke Alam Sukhavati; Tekad Buddha Amitabha yang ke-19 adalah
membangkitkan Bodhicitta.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 27 April 2010
我們接著再看,「是故願生彼安樂淨土者,要發無上菩提心也。若人不發無上菩提心,但聞彼國土受樂無間,為樂故願生,亦當不得往生也」。這個話我們要好好記住,聽說那個國土太好,我沒有發度眾生的心,我只是這個世間太苦,我去享樂,那個世界太好了,非常羨慕,這樣能不能去?去不成,跟阿彌陀佛的本願不相應,跟所有往生極樂世界人的願望也不相應,所以你去不了。這是說彌陀十九願重要,比什麼都重要,不能小看;十八願是十念必生,十九願是發菩提心。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二十三集) 2010/4/27
Apa yang dimaksud dengan Bodhicitta? Di dalam “Amitayurdhyana Sutra”
disebutkan bahwa Bodhicitta memiliki tiga makna, yang pertama adalah hati yang
paling tulus.
Yang kedua adalah hati yang mendalam, yakni suci, setara dan
tercerahkan. Dalam keseharian, baik
dalam bekerja maupun berinteraksi dengan orang lain, mesti menggunakan hati
yang suci, setara dan tercerahkan.
Yang ketiga adalah hati yang melimpahkan jasa dan membangkitkan
tekad, ini merupakan Maha Maitri Maha Karuna, membantu semua makhluk mengenal
Tanah Suci Sukhavati, memahami Ajaran Sukhavati, sehingga mengikuti kita
membangkitkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.
Tiga jenis hati ini merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan.
Setiap praktisi yang melatih metode Tanah Suci, apabila tidak memiliki tiga
jenis hati ini, walaupun dia sangat trampil melafal Amituofo, namun juga tidak
bisa terlahir ke Alam Sukhavati, hal ini harus diingat baik-baik.
Di sini disebutkan dengan jelas, apabila tidak membangkitkan
Bodhicitta, maka tidak bisa terlahir ke Alam Sukhavati, maka itu membangkitkan
Bodhicitta adalah sangat penting.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 27 April 2010
菩提心,什麼叫菩提心?《觀無量壽經》上告訴我們,菩提心有三個意思,第一是至誠心,是菩提心之體,真誠。第二個是深心,深淺的深。深心是自受用,就是我們經題上所講的清淨心、平等心、覺心,這三個是自受用的菩提心。換句話說,自己日常修行,也就是說在生活當中、在工作當中,處事待人接物,都要用清淨平等覺心,這自受用。第三個是對人,我們用什麼心對人?迴向發願心。迴向發願就是大慈大悲,幫助一切眾生認識淨土、了解淨土,也跟我們一樣發心求生淨土,這叫迴向發願心。這三心是一個心,不是講有三個,是一個心,一心。一心的體,一心的用,用又分兩種,自受用跟他受用。凡是修淨土的人,要不是這三種心,他佛號念得再好也去不了,這是要記住的。這裡講得很清楚,如果不發菩提心是不得往生,可見發心重要。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二十三集) 2010/4/27
Master Ou Yi berkata, berhasil tidaknya seorang terlahir ke Alam
Sukhavati, adalah tergantung pada ada tidaknya keyakinan dan tekad yang
dimiliki, apakah anda yakin atau tidak pada Tanah Suci Sukhavati? Apakah anda
sudah membangkitkan Bodhicitta? Asalkan anda yakin pada Tanah Suci Sukhavati,
lalu membangkitkan Bodhicitta, anda pasti dapat terlahir ke Alam Sukhavati.
Sedangkan ketrampilan melafal Amituofo, dangkal atau mendalam, ini
menentukan tingkatan kelahiran di Alam Sukhavati, ada sembilan tingkat Bunga
Teratai, maka itu tingkatan tersebut ada yang tinggi dan rendah.
Apabila ketrampilan melafal Amituofo sudah mendalam, maka dia akan
terlahir di Bunga Lotus tingkatan tinggi, sebaliknya bila ketrampilan melafal
Amituofo agak dangkal, maka dia akan terlahir di Bunga Lotus tingkatan yang
lebih rendah.
Jadi diantara kedua pernyataan tersebut, mana yang lebih penting?
Keyakinan dan tekad adalah lebih penting. Asalkan membangkitkan keyakinan dan
membulatkan tekad, praktisi senior tempo dulu memberitahukan pada kita, dalam
sehari anda cukup melafal sepuluh kali saja sudah cukup. Sepanjang hidup tidak
pernah terputus, setiap hari siang dan malam berkesinambungan.
Pagi hari setelah bangun tidur, melafal sepuluh kali Amituofo, malam
hari sebelum tidur, juga melafal sepuluh kali Amituofo, setiap hari tidak
terputus, sepanjang hidup tidak terputus, dengan pikiran suci melafal Amituofo
berkesinambungan tak terputus.
Lihatlah, Pintu Dharma ini begitu mudah diamalkan, serupa dengan
perkataan Master Shandao sebagai “Sepuluh ribu orang yang melatihnya, sepuluh
ribu pula yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati”, satu pun takkan
ketinggalan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 27 April 2010
蕅益大師講得好,能不能往生,決定在信願之有無,你相不相信淨土?你是不是發菩提心?你只要相信淨土,發菩提心,你決定得生。念佛功夫淺深,那是你生到極樂世界你的品位,品位高下不一樣,念佛功夫深的品位高,功夫差一點的品位就低。這兩樣哪一樣重要?發心重要。真正發心,古大德告訴我們,你一天修十念法就行。一生不間斷,每天早晚,早晨起來是念十聲佛號,晚上睡覺念十聲佛號,天天不間斷,一生不間斷,都是淨念相繼。你看,這個法門多容易、多簡單,真的是善導大師講的「萬修萬人去」,一個都不會漏掉的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二十三集) 2010/4/27