Selasa, 09 April 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Juli 2010 (Bgn 2)


Membaca sutra juga ada kuncinya, bagi yang paham akan memperoleh manfaatnya, bahkan sangat cepat, sedangkan bagi yang tidak paham maka akan mengalami kesulitan.

Apa yang dimaksud dengan paham? Yakni menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan selama jangka panjang, dengan demikian dia akan memperoleh samadhi (konsentrasi), kesucian hati muncul ke permukaan.

Oleh karena tiap hari anda membaca sutra, makanya tidak punya waktu luang untuk memikirkan hal-hal lainnya, menyingkirkan segala macam bentuk pikiran atau sampah batin, kini hatimu hanya memuat satu saja, yakni “Sutra Usia Tanpa Batas”.

Lama kelamaan, kekotoran bain dan tabiat dengan sendirinya akan lenyap, kekotoran batin lenyap, samadhi akan muncul ke permukaan, setelah melewati satu kurun waktu, anda akan mencapai pencerahan di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas”.

Satu bidang tercerahkan segala bidang ikut tercerahkan, bukan hanya seluruh Dharma yang dibabarkan Buddha Sakyamuni selama 49 tahun, bahkan seluruh Dharma yang dibabarkan oleh semua Tathagata di sepuluh penjuru dari tiga masa, kini anda mampu menguasainya. Mengapa demikian? Tak terpisahkan dari jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan).

Maka itu mesti meyakini Pintu Dharma ini, dengan meyakini barulah punya berkah. Apa alasannya? Oleh karena dengan meyakini barulah anda berminat mempelajarinya, sehingga memperoleh manfaatnya. Sebaliknya bila anda tidak yakin, maka anda takkan berminat mempelajarinya, anda takkan mungkin dapat membangkitkan Bodhicitta.

Empat tahapan yang harus dilewati dalam belajar Buddha Dharma adalah keyakinan, pemahaman, pengamalan, pencapaian, andaikata terhadap Ajaran Buddha tidak mampu memahaminya dengan jelas dan benar, lantas bagaimana anda bisa melatih diri?

Kalau tidak memahami Ajaran Buddha dengan jelas dan benar, maka cara anda melatih diri pasti sudah menyimpang dan keliru, betapapun rajinnya anda melatih diri, hasilnya takkan efektif, alhasil kecewa dan mulai meragukan Buddha Dharma.

Kalau sudah kecewa dan mulai meragukan Buddha Dharma, maka akan menfitnah Buddha Dharma, menciptakan karma yang sangat berat. Kalau sudah begini maka lebih baik tidak belajar.  

Hal ini mesti dipahami oleh praktisi Buddhis, baik praktisi awam maupun non awam.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Juli 2010

讀經也有妙訣,會的,有受用,而且很快速,不會的,那就難了。會的是什麼?一門深入,長時薰修,長時薰修他得個中三昧,三昧是定,清淨心現前。因為你天天想它,你沒有工夫去想其他的,你就把世間拉拉雜雜的東西全放下了,你心裡裝的就一樣,《大乘無量壽經》,你就這一樣。裝久了,煩惱習氣自然就斷掉,煩惱斷了,三昧現前,再時間久了,你會大徹大悟,你在《無量壽經》上開悟了。一悟一切悟,不但世尊四十九年所說的一切法,十方三世一切如來所講無量大法,你全通了。為什麼?不離自性。你把能生能現能變都找到了,所生所現所變的你沒有一樣不通達,全明白了。這個信息好,這個信息很難遇到,我們遇到了要相信,相信你就有福了。為什麼?相信你真就想學,如法修行,那你真得利益。你要不相信,你學習的意願發不出來,在佛家講,菩提心發不出來。所以信解行證,對於佛菩薩的教誨不能夠透徹理解、正確的理解,你怎麼修法?你修學都是錯誤的,再用功、再努力收不到效果,最後對佛法喪失信心。如果喪失信心,生起懷疑,再毀謗佛法,那造的業就更重,那不如不學。這是學佛同修,無論出家在家,不能不知道的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第八十七集)  2010/7/22

 


 
 
Untuk memulai belajar Ajaran Buddha, hal utama yang mesti dilakukan adalah menanam akar pendidikan kesusilaan, tanpa adanya akar ini, betapapun rajinnya anda melatih diri, juga sia-sia saja.

Ibarat menanam pohon, tidak punya akar, betapapun rajinnya anda menyiram air dan memberinya pupuk, juga sia-sia saja, maka itu akar itu sangat penting.

Zaman dulu di Tiongkok, seorang praktisi Buddhis mesti menanam akar pendidikan kesusilaan, maka itu setiap generasinya pasti ada yang berhasil mencapai pencerahan.

Setelah melewati pertengahan periode Dinasti Tang, Guru Sesepuh dan praktisi senior menggalakkan pendidikan kesusilaan, yang berlandaskan pada ajaran Konfusius dan ajaran Tao, maka itu ajaran Konfusius, Ajaran Buddha dan ajaran Tao disebut sebagai Tridharma.

Maka itu hari ini kita menanam akar pendidikan kesusilaan dengan menggunakan ajaran para Leluhur kita, oleh karena selama kurun waktu lebih dari 1700 tahun, praktisi yang berhasil itu jumlahnya sangat banyak.

Kita menggunakan ajaran Konfusius (Di Zi Gui), ajaran Tao (Risalah Ganjaran dan Balasan yang Setimpal), Ajaran Buddha (Sepuluh Kebajikan), tiga akar ini, untuk praktisi non awam masih harus ditambah dengan “Peraturan Sramanera”, bila dapat menanam empat akar ini, maka keberhasilanmu barulah sempurna.

Namun sayangnya sampai hari ini, kita masih belum sanggup mewujudkannya, yang mampu mewujudkannya adalah Bodhisattva Dharmakaya.

Hari ini bila kita dapat “Menfokuskan pikiran melafal Amituofo”, maka ini sudah sangat lumayan, di hati cuma ada Amituofo, selain sepatah Amituofo takkan ada bentuk pikiran lainnya lagi.

Dalam kehidupan keseharian, dalam pekerjaan dan berinteraksi dengan orang lain, hendaknya menaati ajaran ketiga atau keempat akar tersebut, bila mampu mewujudkannya maka ini disebut sebagai suciwan era kini, dengan demikian Buddha Dharma pasti berjaya.

Untuk menjayakan Buddha Dharma mesti mengandalkan para siswa Buddha untuk serius dan giat melatih diri, sehingga masyarakat bukan saja takkan salah paham, bahkan menghormati dirimu, mendukung dirimu, belajar padamu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Juli 2010

Peraturan Sramanera :

真正想學,紮根的教育比什麼都重要,你沒有根,再努力也是枉然。像種樹一樣,沒根,你怎麼種它也活不了,根重要。在中國古時候,學佛的人四個根,所以世世代代都有證果的、有開悟的,得定的就太多了,得定是得清淨心。開悟、證果,平等心、正覺心都現前,正覺就證果了。這四個根,要知道中國佛教從唐朝中葉以後,不再用小乘紮根,之前是小乘,有成實宗、俱舍宗。唐朝中葉以後,我們的祖師大德提倡用儒、用道代替小乘,所以儒釋道變成一家。我們今天要紮根,用我們老祖宗教誨行,因為這一千七百多年來成就的人太多了。我們用儒家的《弟子規》、用道家的《太上感應篇》、用佛法的《十善業道》,這是三個根,出家人還要加一個,《沙彌律儀》,四個根,你的成就才殊勝。《嘉祥疏》這句話「游心空理」,我們今天這句話做不到,這句話確實法身菩薩才做到。我們今天能夠「游心彌陀」就不得了,心裡只有阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼都沒有。日常生活、工作、待人接物完全遵守三個根的教誨、四個根的教誨,這是現代的聖人,佛法當然就興旺起來。佛教的興旺要靠弟子們認真努力學習,社會一般大眾不至於誤會,自然尊重你、擁護你、向你學習。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第八十七集)  2010/7/22

 


 
 
Seorang praktisi sejati harus mengenal Buddha Sakyamuni, anda tidak boleh tidak memahami Buddha Sakyamuni, hendaknya meneladaniNya, maka tidak ada alasan pada satu masa kehidupan ini, anda tidak berhasil mencapai KeBuddhaan!

Buddha Sakyamuni mengajarkan kita untuk melepaskan kemelekatan, Beliau benar-benar telah mewujudkannya. Melewati kehidupan yang paling bersahaja, hanya mempunyai tiga helai jubah dan satu patra (mangkok), inilah harta benda Beliau, yang berada bersama diriNya.

Apa yang sekarang ada bersama dirimu, maka ini adalah kepunyaanmu, demikian pula sebaliknya. Sekarang seberapa banyak uang yang ada di kantongmu, maka itu merupakan milikmu, sedangkan yang ada di bank bukanlah milikmu.

Rumah, ketika anda berada di dalam rumah, maka rumah ini masih merupakan milikmu, begitu anda melangkah keluar, maka rumah itu bukan lagi merupakan milikmu.

Apabila dalam waktu keseharian, praktisi sekalian dapat melakukan perenungan sedemikian rupa, maka anda telah mendekati Buddha Dharma, ketamakan, kebencian, kedunguan dan kesombongan, perlahan-lahan akan semakin terurai, ini nyata adanya, tidak boleh tidak dipahami.
     
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Juli 2010

Komik Riwayat Buddha Sakyamuni :


真學佛,你不能不認識釋迦牟尼佛、你不能不了解釋迦牟尼佛,你像他那個樣學習,哪有一生不成佛的道理!佛教我們放下,他真放下了,他什麼都沒有。他過的是最簡單的生活,三衣一缽,這是他財產,全部的家當三衣一缽,都在身上。真的,要我們俗人來講,在你身上的是你自己的,不在你身上的,不是你自己的,至少有這個觀念。你身上有錢,身上荷包裡多少錢,那是自己的,在銀行存的不是你的。這個房子,你在這個房子,在家裡住著,在家裡,是你自己的,你出了門之後,這房子不是你的。諸位在日常生活當中能作如是觀,你就接近佛法了,你那個貪瞋痴慢慢慢就化解掉,這是事實真相,不能不明瞭。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第八十七集)  2010/7/22