Senin, 10 Desember 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Juli 2010 (Bgn 1)


Belajar Ajaran Buddha harus sanggup melepaskan segala hal duniawi, Buddha Sakyamuni telah memberikan teladan kepada kita, Sang Buddha merupakan putra mahkota, tetapi Beliau sanggup melepaskan tahta kerajaannya.

Setelah mencapai penerangan sempurna, Buddha Sakyamuni menyebarkan ajaranNya, inilah yang disebut dengan memberi manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Setelah mencapai KeBuddhaan pada usia 30 tahun, Beliau mulai membabarkan Dharma hingga usia 79 tahun, setiap hari membabarkan Dharma, bersukacita dan tidak merasa letih, tiada sehari pun Beliau ambil cuti dan istirahat.

Meskipun pendengarnya cuma satu atau dua orang, Sang Buddha tetap  membabarkan Dharma dengan penuh sukacita, tak peduli di mana dan kapan saja.

Buddha ber-Maitri Karuna, tidak ada alasan tidak mengajari orang lain, tidak pernah terdengar Beliau mengeluh capek. Mengapa demikian? Energi yang terdapat di dalam Jiwa Sejati itu mencukupi, maka itu takkan merasa letih.

Jadi berbeda dengan kita-kita ini, baru kerja sedikit sudah mengeluh susah, capek, stres, apa alasannya? Ini dikarenakan khayalan, perbedaan dan kemelekatan, inilah yang membuat kita capek, di dalam Jiwa Sejati tidak ada hal serupa ini.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Juli 2010


學佛要把世間真放下,釋迦牟尼佛給我們做了榜樣,他是王子出身,他可以繼承王位的,王位不要了,覺悟了不要了,要回歸自性。他是大乘,他不是小乘,他要是小乘,自己回歸自性就好了,就不必教人,他是大乘,他除了自覺之外他要覺他,幫助別人覺悟。所以,開悟之後就開始教學,三十歲開悟的,開始教學,教到老死,七十九歲走的,經上記載的,講經三百餘會,說法四十九年。天天在講學,樂此不疲,沒有一天休息,ㄧ個人也講,兩個人也講,無論在什麼時候,無論在什麼場所。佛慈悲,沒有不教人的,永遠沒有聽說他疲勞了、他累了,沒有。為什麼?自性裡面能量充足,決定沒有疲倦、沒有勞累。跟我們不一樣,我們為什麼做一點事情就辛苦,累了、受勞了,是什麼原因?因為我們有妄想、有分別、有執著,這個東西裡頭會產生勞累,自性裡沒有,找不到。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第七十五集)  2010/7/10

 


 

Guru Fang (Profesor Fang Dong-mei) memberitahu padaku, “Filosofi Ajaran Buddha bukan ada di Vihara”, tetapi “Ada di dalam sutra”.

Beliau mengatakan padaku, tempo dulu para Bhiksu di Vihara sungguh merupakan Filsuf agung, mengapa demikian? Oleh karena mereka setiap hari mempelajari dan mendalami ajaran sutra.

Maka itu pada zaman kekaisaran, para kaum terpelajar yang hendak mendalami ilmu pengetahuan, mereka akan menuju ke mana? Belajar ke Vihara, perpustakaan di Vihara tidak hanya berisi buku sutra, namun juga berisi buku pengetahuan umum. Para Bhiksu juga menguasai pengetahuan umum!

Maka itu para pelajar berdatangan ke Vihara guna menuntut ilmu, pelajar yang berasal dari keluarga mampu akan memberi persembahkan dana kepada Vihara; sedangkan pelajar dari keluarga kurang mampu, asalkan belajar dengan serius, maka Vihara akan mendukungmu, hal ini bertujuan untuk membina generasi muda berbakat untuk mengabdi pada negara.

Anda menuntut ilmu di Vihara, ketika bertemu dengan persoalan yang tidak dipahami, boleh meminta bimbingan dari anggota Sangha, mereka akan memberi penjelasan padamu, mereka merupakan guru yang baik.

Guru Fang mengatakan lagi, zaman sekarang sudah berbeda, para penghuni vihara ini sudah tidak mempelajari dan mendalami ajaran sutra lagi, mereka sudah enggan belajar, makanya untuk menuntut ilmu di Vihara merupakan hal yang sulit.

Hal ini mesti dipahami karena zaman sudah berbeda, maka itu setiap kali saya ke Vihara cuma untuk menyalin sutra, oleh karena waktu itu toko buku tidak menjual buku sutra, percetakan juga belum maju, buku sutra tidak mudah diperoleh, jadi harus ke vihara untuk menyalinnya sendiri. Ketika ada poin yang tidak dipahami, saya juga takkan bertanya pada penghuni vihara, sehingga mereka juga merasa gembira.

Ketika ada yang tidak dimengerti, saya tanyakan pada Guru Fang atau kemudian pada Master Zhangjia, saat itu mereka berdua merupakan guru pembimbingku, semakin belajar semakin berminat.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Juli 2010

方老師(方東美先生)告訴我,這句話可非常重要,讓我沒有迷失方向,他說「佛教哲學不在寺院」,這個囑咐重要,「在經典」。他告訴我,從前寺院的出家人,那真是大哲學家,為什麼?他們研究,他們學習,確實是高人。寺院裡出家人他幹什麼?他天天在研究經典,天天在窮究學問。所以過去帝王時代,年輕人要讀書到哪裡去?到寺廟,寺廟的藏經樓不是完全藏的藏經,諸子百家樣樣都有,就是個圖書館。出家人都學,都通!所以年輕人在寺廟裡面讀書,有些家庭富有的,對寺廟供養一點;家庭非常清苦的,你念書念得好,寺廟照顧你的生活,為國家培養人才。你在那裡面去讀書,你遇到的問題,哪一個出家人都能給你解決,都能給你講解,都是好老師。他說現代出家人不研究經教,不學習了,所以你在寺院找出家人學就困難了。這個點醒非常重要,如果不說這句話,我到寺廟一看不對勁,我會對老師懷疑。為什麼?寺院這些專門研究佛教的人跟你講的不一樣,我有些問題,一問他們都不知道怎麼行?所以這個開導重要,我們到寺廟裡面去只是看經書,抄經,因為那個時候經本一般書店買不到,沒有流通的,到寺廟抄經,有問題不問他們,所以大家很歡喜。我有問題就問兩個人,一個是方老師,一個是章嘉大師,那時候指導我的是這兩個人,我遇到問題向他們請教,愈學愈有興趣。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第七十五集)  2010/7/10

  


 

Apa yang anda pelajari di dalam sutra, hendaknya dapat diterapkan dalam kehidupan keseharian, barulah dapat memetik faedahnya, memperoleh kebahagiaan dalam Dharma.

Selama 60 tahun perjalanan hidup yang saya lalui bukanlah jalanan mulus, namun penuh rintangan dan cobaan, semua ini telah berhasil saya lewati, bagaimana caranya? Asalkan bersedia melepaskan kemelekatan, barulah berhasil melewatinya, jangan melekat.

Saat menghadapi kondisi yang menyenangkan dan lancar, janganlah timbul kemelekatan dan keserakahan, takkan mendambakannya, sebaliknya ketika berada dalam kondisi yang tidak nyaman, jangan timbul kebencian, selamanya mempertahankan sebutir hati yang suci, setara, jangan terpengaruh dan diputar oleh kondisi luar, inilah yang dimaksud dengan ketrampilan melatih diri.

Yang namanya kondisi suka dan duka, takkan terpisahkan dari kehidupan manusia, asalkan kita tidak mudah terpengaruh oleh suasana nyaman dan tidak nyaman, saya takkan diputar oleh lingkungan, barulah kebijaksanaan dapat berkembang.

Syarat utama yang dibutuhkan adalah kesabaran, harus bisa bersabar, ikhlas dirugikan, kalau tidak sanggup menahan kesabaran, mana bisa berhasil, orang yang takut dirugikan juga takkan sanggup mewujudkannya, selamanya anda takkan mampu menenangkan hati.

Maka itu orang zaman dulu bilang, menerima kerugian adalah berkah. Kapan saja dan di mana saja bersedia mengalah, jangan simpan di hati, barulah sebutir hatimu dapat bersinar cemerlang, barulah anda dapat mengamati diri sendiri dan keadaan di luar dengan jelas; kalau apa saja mau diperhitungkan satu persatu, maka celakalah, ini sudah salah, hatimu akan galau, kalau sudah begini, mana ada lagi kebijaksanaan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Juli 2010

你在經典裡面所學習到的,你要能應用在生活上,你就得受用,真的是法喜充滿。我這六十年來也不是很平坦的道路,曲曲折折,障礙重重,都通過了,怎麼通過?放下就通過,別執著。順境不可以貪戀,要放下貪戀,逆境要放下瞋恚,永遠保持清淨心、平等心,這叫道,不要被外面境界所轉,這叫功夫,用現在話說,不受外面環境的影響。環境是沒法子離開的,只要求我不受它影響,我不被環境所轉,智慧就開了。這個首先的條件,要能忍辱,要能吃虧,不能忍不行,怕吃虧那也做不到,你的心永遠不會定下來。所以古人講的話好,吃虧是福,一點都不錯。處處得要讓別人,決定不要放在心上,你的心才放光,你才能照見;什麼都計較就壞了,就錯了,你的心就亂了,你智慧就沒有了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第七十五集)  2010/7/10