Kamis, 13 September 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Mei 2010 (Bgn 2)


Sampai di Alam Sukhavati, kita melanjutkan pelatihan diri hingga mencapai kesempurnaan. Serupa dengan salah satu butir dari Empat Tekad Agung Bodhisattva, yakni “Bertekad mempelajari Pintu Dharma yang tak terhingga”, sampai di Alam Sukhavati, seluruh pintu Dharma mampu anda kuasai, seluruh ajaran sutra yang dibabarkan semua Buddha di sepuluh penjuru dari tiga masa, seluruhnya dapat anda kuasai.

Sampai di Alam Sukhavati memperoleh kebebasan besar! Apa saja aktivitas keseharian di sana? Setiap hari adalah belajar dan melatih diri, menuju ke sepuluh penjuru alam untuk memberi persembahan kepada para Buddha, memberi persembahan kepada para Buddha adalah menimbun berkah, mendengar pembabaran Dharma dari para Buddha adalah mengembangkan kebijaksanaan.

Lantas, sutra apa yang dibabarkan oleh para Buddha kepada dirimu? Sutra apa yang ingin anda dengar, maka Buddha akan membabarkannya padamu. Maka itu setiap hari aktivitas anda adalah menimbun berkah dan mengembangkan kebijaksanaan, sehingga dalam waktu singkat berkah dan kebijaksanaan anda jadi sempurna.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Mei 2010

到極樂世界還是繼續修行,沒成就,我們一心沒有得到,事一心、理一心都到極樂世界去完成。像發大願,我像佛一樣普度眾生,「法門無量誓願學」,到極樂世界要不要學?給諸位說,不要學,為什麼不要學?到極樂世界,你一見性全通了,十方三世一切諸佛所講的一切經你全通了。省事,到西方極樂世界得大自在!每天日常生活幹什麼?每天所做的工作就是參學,到十方諸佛剎土去供佛,去供養佛,供養佛是修福,聽佛講經說法是開智慧。佛以一音而說法,眾生隨類各得解,這個事實是我們無法想像的。聽佛講經,佛講什麼經?你想聽什麼經,你聽到佛就是講這個經。我們兩個人,或者三個人一同去拜佛,我想聽《華嚴》,我聽的真的是《華嚴經》,你想聽《法華》,你聽的真的是《法華經》,他想聽《無量壽》,佛就給他講《無量壽》。不在佛那邊,我們自己想聽什麼你就聽到什麼,這個不可思議。真的明心見性,明心見性才能契入這個境界。聞法是修慧,根本智得到了,後得智的圓滿要參學。所以,每天幹的是福慧雙修,在西方極樂世界不要很長的時間你的福慧就達到圓滿。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十五集)  2010/5/10




 

Di dalam Buddha Dharma, untuk menimbun jasa kebajikan tidaklah gampang, sedangkan untuk mengakumulasi berkah lebih mudah. Mengapa menimbun jasa kebajikan itu tidak gampang? Saya yakin praktisi sekalian pasti pernah mendengar kalimat berikut ini, “Api membakar hutan jasa kebajikan”. Apa yang dimaksud dengan api di sini? Amarah, ketika anda mengumbar amarah, jasa kebajikanmu habis dilalap api.

Coba ingat-ingat, kapan kali terakhir anda emosi? Kalau baru kemarin anda mengumbar amarah, maka jasa kebajikan yang anda timbun dihitung dari amarahmu reda sampai detik sekarang ini. Kalau sekarang emosi lagi, ludeslah sudah. Sepanjang hayat bersusah payah menimbun jasa kebajikan, begitu emosi memuncak, usailah sudah.

Apa yang dimaksud dengan jasa kebajikan? Jasa kebajikan adalah samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan), begitu anda mengumbar amarah, samadhi pun lenyap, kebijaksanaan pun ikut sirna.

Jadi siapakah yang dapat merusak jasa kebajikanmu? Satu-satunya hanya diri sendiri. Musuh kerabat penagih hutangmu tidak berdaya merusak jasa kebajikanmu, dia hanya dapat memancing amarahmu, anda ini sungguh patuh padanya, dia suruh kamu mengumbar amarah, anda langsung mematuhinya, dia menyuruhmu membakar habis hutan jasa kebajikanmu, anda juga menurutinya. Dengan demikian tujuan musuh kerabat penagih hutang sudah tercapai, kalau bukan anda sendiri yang membakar hutan jasa kebajikanmu, tidak ada orang lain yang dapat memaksa dirimu melakukannya.

Namun malangnya, anda tidak suka mendengar ucapan Buddha, anda lebih hobi mendengar rayuan Mara dan bujukan musuh kerabat penagih hutang, mematuhi ajakan siluman dan setan jahat.

Ketahuilah bahwa saat berada dalam kondisi tidak menyenangkan, bila muncul kebencian, maka jasa kebajikan jadi hilang sudah.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Mei 2010

在佛法裡面,修積功德不容易,修福容易。功德怎麼不容易?我相信大家都聽過這麼一句話,「火燒功德林」。什麼是火?發脾氣,脾氣一發,功德全燒掉了,就沒有了。你想想看,你上一次發脾氣是什麼時候?如果是昨天發的脾氣,你的功德只有發脾氣之後到現在這個時間,今天再發一次,又完了。修一生的功德,臨終發一頓脾氣,全完了。功德是什麼?功德是定慧,脾氣一發,定沒有了,定沒有,慧就跟著沒有了。誰能夠把你的功德破壞?是自己。你的冤親債主沒有辦法破壞你的功德,他會搧風,他讓你發脾氣,你很聽話,你叫我發我就發,叫你燒你就燒;他燒不了你,他叫你燒,你很聽話,就把你的功德燒掉了,他的目的就達到,你要不肯燒,他一點辦法都沒有。你不聽佛的話,你聽魔的話,你聽冤親債主、聽妖魔鬼怪的話。那你就曉得,功德,在順逆境界上都不動心,順境裡面一起貪心,功德沒有了,逆境裡面生一點瞋恚,功德就沒有了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十五集)  2010/5/10




 

Membangkitkan Bodhicitta, menfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan, merupakan metode pelatihan diri yang penting untuk mencapai pikiran terfokus tak tergoyahkan.

Anda hanya menuruti cara ini untuk melatih diri, jangan merisaukan kapan baru bisa mencapai pikiran terfokus tak tergoyahkan, kalau memikirkan terus entah kapan baru bisa mencapai pikiran terfokus tak tergoyahkan, ini namanya khayalan, sehingga merusak pikiran terfokus tak tergoyahkan.

Maka itu jangan merisaukan entah kapan baru bisa tercapai, tiba waktunya nanti, dengan sendirinya dapat memasuki kondisi batin ini. Mengapa demikian? Oleh karena anda telah berhasil melepaskan khayalan, perbedaan dan kemelekatan.

Kalau pikirannya melulu entah kapan baru bisa mencapai pikiran terfokus tak tergoyahkan, maka selamanya anda takkan bisa mencapai pikiran terfokus, mengapa demikian? Oleh karena rintangan ini belum anda singkirkan.

Anda membangkitkan Bodhicitta, kalau bertekadnya cuma sebatas ucapan saja, maka ini cuma ecek-ecek, bukanlah Bodhicitta, yang penting niat itu harus ada, barulah ada keseriusan, mengapa demikian?

Bodhicitta adalah hati sejati, anda menggunakan hati khayal untuk membangkitkan Bodhicitta, bagaimana mungkin? Bodhicitta adalah hati yang tulus, di dalam hati yang tulus takkan ada hati khayal yang semu; dengan perkataan lain khayalan, perbedaan dan kemelekatan tidak ada sama sekali, hati tersebut adalah hati yang tulus, jadi hal ini tidaklah gampang.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Mei 2010

發菩提心、一向專念,是一心不亂修行的重要方法。你依這個方法去修,心裡不要想著一心不亂,想一心不亂是個妄念,把一心不亂破壞掉了;根本就不想,水到渠成,自然就入境界。為什麼?你妄想分別執著放下了。老是想什麼時候得一心不亂,你永遠不會得一心,為什麼?你這個障礙沒去掉。你才真正能成就,你只要常常記住發菩提心。菩提心能發嗎?口裡面發,假的,不是菩提心,念頭裡面去發,也不是真的,為什麼?菩提心是真心,你用妄心去發菩提心怎麼發得出來?菩提心是真誠心,體是真誠心,真誠心裡面一個妄念都沒有;換句話說,妄想分別執著統統沒有,那個心是真誠心,你說多不容易。菩提心是自己的真心,我們從什麼地方去把菩提心找回來?從起用上去找,起用上對自己,自受用是清淨平等覺,這是深心。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十五集)  2010/5/10