Sabtu, 25 Mei 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Agustus 2010 (Bgn 2)


Saya belajar Ajaran Buddha sudah 59 tahun lamanya, tahun depan sudah 60 tahun lamanya, berceramah sudah 52 tahun lamanya. Saya tidak pernah memohon panjang umur, namun usiaku telah bertambah panjang, malah melampaui penambahan usia Yuan Liao-fan.

Usia Yuan Liao-fan diperpanjang 21 tahun, saya mendapat perpanjang usia 40 sekian tahun, tempo dulu usiaku diramal cuma bisa mencapai 45 tahun saja. Usia yang panjang sangat membantuku dalam memahami Ajaran Buddha dengan jelas, tanpa kurun waktu yang panjang, hal ini adalah mustahil, jadi usia yang panjang juga ada manfaatnya.

Setelah memahami Ajaran Buddha dengan jelas, jadi memiliki kepastian terlahir ke Alam Sukhavati. Praktisi yang tidak yakin dirinya bisa terlahir ke Alam Sukhavati, dikarenakan belum memahami dengan jelas.

Maka itu alangkah pentingnya ajaran sutra. Yang paling penting adalah menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang. Dengan demikian barulah dapat mewujudkan sila, samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan).

Menaati peraturan adalah mengamalkan sila, menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, inilah yang dimaksud dengan menaati peraturan.

Melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang, dengan demikian barulah dapat mencapai samadhi (konsentrasi), dengan tercapainya samadhi maka terbukalah kebijaksanaan.

Maka itu dibutuhkan waktu yang panjang untuk melatihnya berkesinambungan, juga harus terfokus.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Agustus 2010


我學佛到今年五十九年,明年就一甲子,講經教學五十二年。我自己也沒有這麼長的壽命,老師教給我的,可是我也沒有求延年益壽,壽命真的延長了,超過袁了凡,袁了凡才延壽二十一年,我延壽四十多年,我的壽命四十五歲,很不容易。延壽對我很大的幫助,我有這麼長的時間,慢慢把佛法裡面的東西搞清楚、搞明白了,沒有這麼長的時間不可能,所以壽命長有好處。真搞清楚、真搞明白了,往生極樂世界就有把握;念佛往生沒有把握,是沒搞清楚、沒搞明白。要把這個事情搞清楚、搞明白,經教非常重要。經教,尤其要重視一門深入、長時薰修,為什麼?一定是戒定慧三學才能成就。守規矩就是持戒,一門深入,這守規矩,長時薰修就得三昧、就開智慧。所以時間短很難,長時間,還要專心。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二二集)  2010/8/24

 


 

Master Yin Guang sebelum berusia 70 tahun, tidak ada yang mengenalinya, beliau melatih diri secara diam-diam, menghindari ketenaran dan keuntungan, menetap di sebuah vihara di Gunung Putuo.

Ketika Master Yin Guang berusia 70 tahun, ada beberapa umat Buddha yang merupakan dosen perguruan tinggi, berkunjung ke Gunung Putuo, mereka bersua dengan Master Yin Guang, setelah berbincang-bincang, para dosen ini amat terkesima, barulah menyadari telah bertemu dengan seorang kalyanamitra sejati.

Setelah itu para kaum terpelajar ini mulai menulis tentang sosok Master Yin Guang di surat kabar, majalah, tidak lama kemudian Master Yin Guang jadi tersohor.

Master Yin Guang menyebarluaskan Buddha Dharma melalui tulisan, oleh karena beliau adalah orang Shaanxi, logatnya agak kental, ketika memberi ceramah, orang-orang yang berasal dari wilayah selatan tidak memahaminya, makanya beliau jarang memberi ceramah secara lisan, kebanyakan menggunakan tulisan.

Banyak orang yang mengajukan pertanyaan dan memohon bimbingan pada Master Yin Guang, setelah beliau memberi jawabannya, lalu dikumpulkan menjadi satu buku yang dikenal dengan judul “Master Yin Guang Wen Chao (Catatan Master Yin Guang)”.

Master Yin Guang wafat pada usia 80 tahun, lihatlah beliau memberi ceramah Dharma kepada umum hanya selama 10 tahun saja, namun pengaruhnya, selama seabad belakangan perkembangan Ajaran Buddha di Tiongkok, masih belum ada sosok yang mampu melampauinya, sungguh merupakan keunggulan yang tiada bandingnya.

Master Yin Guang memiliki timbunan yang sudah terlampau tebal. Sebelum belajar Ajaran Buddha, terlebih dulu beliau belajar ajaran Konfusius sebagai landasannya, setelah landasan ini kokoh dan kuat, beliau mulai memasuki pintu Buddha, setelah belajar dan melatih diri selama beberapa dasawarsa, begitu jodohnya masak, reputasinya sangat mencengangkan orang.

Master Yin Guang memperagakan penampilan ini untuk diperlihatkan kepada kita semuanya, bagaimana sikap mental yang benar dalam belajar Ajaran Buddha dan melatih diri, barulah anda dapat berhasil.`

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Agustus 2010

印光大師七十歲之前沒有人知道,默默無聞,住在普陀山藏經樓,那也是戒定慧三學增上。七十歲被人發現,有一些在家居士,都是大學教授,到普陀山去訪問、去拜佛,遇到印光法師,跟他一談,這些學者們非常驚訝,遇到真正善知識了,給他在報紙、雜誌上寫文章一宣揚,印光大師出名了。他老人家弘法利生用文字,因為他是陜西人,說話的鄉音很重,講經南方人都聽不懂,所以就很少用言語來講經,用文字。多少人提出問題向他老人家請教,他回答的以後聚集起來,這《印光大師文鈔》,當年在報紙、雜誌上發表,大家曉得了。八十歲圓寂的,你看他弘法時間只有十年,這十年弘法的影響,在中國最近這一百年當中沒有人能夠超過他,無比的殊勝。這是中國古人講的,厚積薄發,他積得太厚了。沒學佛之前他學儒,以儒的基礎,深厚儒家的基礎入佛門,幾十年的功力,所以一發,真正是古人所謂「不鳴則已,一鳴驚人」。這些人都是示現給我們做榜樣的,都是教導我們佛法要用什麼方法、什麼樣心態去修學,你才能成就。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二二集)  2010/8/24


 

 
 
Sepanjang hayatnya, Master Yin Guang sangat menekankan pada pendidikan Hukum Karma, beliau menyarankan tiga judul buku, agar generasi sekarang dan selanjutnya, baik praktisi awam maupun praktisi non awam, harus membacanya, mempelajarinya dengan serius, menjadikannya sebagai landasan.

Tiga judul buku ini adalah “Empat Ajaran Liao-fan”, “Anshi Quanshu”, “Risalah Balasan dan Ganjaran Setimpal”, khusus menekankan pada pendidikan Hukum Sebab Akibat.

Kini kami jadi mengerti, untuk memulihkan masyarakat ini, mengurai bencana, menyelamatkan Bumi, harus memakai pendidikan Hukum Sebab Akibat. Andaikata setiap orang memahami Hukum Karma, maka dunia ini akan diliputi perdamaian, bencana takkan timbul.  

Etika moral kadang kala tidak dapat melawan ketenaran dan keuntungan, ketika godaan muncul, maka sudah tahu tak boleh masih juga sengaja melanggarnya. Tetapi bagi yang memahami Hukum Sebab Akibat, betapa pun menggiurkannya godaan ketenaran dan keuntungan, juga takkan mampu menggoyahkan hatimu, mengapa demikian?

Sekarang bisa memperoleh secuil manfaat, tetapi bagaimana kelak setelah mati? Pikiran dan tindakan yang tidak baik, setelah mati pasti jatuh ke Neraka.

Tidak berbakti pada Ayahbunda, tidak setia pada negara, tidak menghormati senior, tidak melindungi junior, akibatnya jatuh ke Neraka Avici. Masihkah berani melakukan kejahatan?

Maka itu Zhou Anshi berkata, “Bila setiap orang yakin pada Sebab Akibat, maka dunia ini akan taat peraturan”.  Kita tahu bahwa bukan saja masyarakat dunia akan jadi tertib, bahkan bencana juga takkan timbul.

Sebaliknya “Bila setiap orang tidak percaya pada Sebab Akibat, maka dunia ini akan diliputi kekacauan”, segala bencana akan bermunculan.

Kebutuhan hidup manusia sesungguhnya sangatlah sederhana, makanan asalkan dapat mengganjal perut, pakaian asalkan dapat menghangatkan tubuh, rumah mungil dapat berteduh dari angin dan hujan, begini sudah cukup puas dan bahagia.

Orang zaman dulu berkata, “Ketika seseorang tidak memiliki keinginan apapun, karakternya bertambah mulia”. Semakin banyak nafsu keinginan semakin sengsara, ketika manusia dapat melenyapkan nafsu keinginan barulah memperoleh pembebasan agung.

Dengan menghapus lobha (ketamakan), dosa (kebencian), moha (kebodohan)  barulah dapat menyempurnakan sila, samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan).

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Agustus 2010


尤其難得,印祖一生特別重視因果教育,他推薦三本書,讓我們這一代以及往後學佛的,無論是在家、出家,必須要讀,要認真學習,做為根基。這三樣東西就是《了凡四訓》、《安士全書》、《太上感應篇彙編》,特別重視因果教育。現在我們才明白,現在要拯救這個社會,要化解災難,要拯救地球,用什麼?就是因果。人人相信因果,天下大治,地球上災難不起,沒有災難。倫理道德有時候敵不過高名厚利,這個境界現前會明知故犯。但是真正懂得因果,再高的名、再大的利,你不敢動心,為什麼?現在好處、利益得到了,死了以後怎麼辦?心行不善,死了肯定墮地獄。不孝父母、不忠於國家、不尊重長輩、不愛護下一輩,這個業都是阿鼻地獄。墮地獄很容易,從地獄出來可不是那麼簡單,敢做嗎?就不敢了。所以周安士說,「人人信因果,天下大治之道也」。我們知道,不但天下大治,地球上什麼災難都沒有了。「人人不信因果,天下大亂之道也」,地球什麼災難都發生了,就這麼個道理。我們一個人生活在這個世間,實際上非常簡單,每天只要吃飽穿暖,有個小地方可以避風雨,足了,比什麼都快樂。古人講的話,「人到無求品自高」。欲望太多那就愈苦,人把欲望放下就得大自在。放下貪瞋痴,戒定慧就成就了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二二集)  2010/8/24