Sabtu, 01 September 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Mei 2010 (Bgn 1)


Meskipun belajar Ajaran Buddha, bagaimana pun giat berusaha, bila tidak bertekad keluar dari enam alam tumimbal lahir, maka segala daya upaya anda hanya bisa berbuah pahala duniawi, kelak menuju ke mana? Terlahir di Alam Dewa atau Surga di Kama-loka, Rupa-loka dan Arupa-loka, menikmati pahala.

Setelah pahala habis dinikmati, anda masih harus bertanggung jawab atas karma buruk yang pernah diperbuat. Pahala habis, petaka pun menyongsong, utang nyawa dibayar nyawa, utang uang dibayar uang.

Setelah memahami kenyataan ini, kita takkan lagi sudi membunuh dan menyakiti makhluk hidup lainnya, juga takkan sudi mengambil keuntungan dari orang lain, takkan menipu dan membawa kabur uang atau harta orang lain.  

Meskipun hidup miskin melarat sampai mati, juga akan menutup mata dengan ikhlas, namun takkan mendambakan secuil pun keuntungan dari orang lain, juga takkan membunuh makhluk hidup demi mempertahankan nyawa sendiri. Mengapa demikian?

Tubuh kasar ini bukanlah diriku yang sejati, raga ini mengalami proses muncul dan lenyap, sedangkan vijnana (kesadaran atau roh), takkan mengalami muncul dan lenyap. Insan yang tercerahkan akan merawat batinnya dan bukan tubuh kasarnya.  

Maka itu jangan ada niat mementingkan diri sendiri, sepanjang hayat manusia, yang paling berharga adalah tercerahkan, insan yang tercerahkan, di Tiongkok dinamakan Suciwan, di India dinamakan Buddha. Lihatlah makna dari Buddha, bila diterjemahkan adalah insan yang tercerahkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Mei 2010

雖然學佛,怎麼用功,你出不了六道輪迴,你把你所修學的全變成世間的福報,將來到哪裡去?到欲界天、色界天、無色界天,去享福了。福享盡了,你要曉得你還有罪報,這個不能不知道。你造的這些惡業,福享盡了,災禍就來了,欠命的要還命,欠債的要還錢。我們真搞清楚這個事實真相,我們再也不欠眾生命了,決定不殺生,不傷害眾生,再也不佔人便宜,不欠債。貧困到死,也甘心情願死去,也不貪一點便宜,也不奪取眾生的生命來維護自己這個生命,錯了。因為什麼?身不是我,身有生滅,靈性不生不滅,我要照顧靈性,我不要照顧這個身,明白人!決定沒有自私自利。一個人在這一生當中,最可貴的是明白了,明白人就叫聖人,中國人叫聖人,印度人稱佛。你看佛的意思,這是音譯過來的,意思是覺者,覺悟的人。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十集)  2010/5/5



 
 
 
Diantara 84 ribu pintu Dharma, salah satunya adalah membaca sutra. Menurut Asvaghosa, tujuan membaca sutra adalah melatih sila, samadhi dan prajna. Andaikata setiap hari saya membaca sutra selama 1 jam, maka saya telah melatih sila, samadhi dan prajna selama 1 jam.

Membaca sutra tanpa melekat pada kata, kalimat dan istilah yang tercantum di dalam sutra, namun dengan setulusnya membaca dari awal sampai akhir, inilah yang disebut sebagai melatih sila.

Saat membaca sutra tidak memikirkan makna yang terkandung di dalamnya, ini yang disebut sebagai melatih samadhi.

Lihatlah anda sedang melatih sila dan samadhi, mengulang membaca sampai pada jumlah tertentu, jumlah tertentu ini tidak serupa pada masing-masing praktisi, standarnya adalah ketika kesucian hatimu muncul ke permukaan.

Setelah mencapai kesucian hati, maka kebijaksanaan (prajna) pun terbuka, inilah yang disebut dengan pencerahan kecil. Walaupun cuma pencerahan kecil, namun sudah sangat lumayan bila dibandingkan dengan insan yang belum tercerahkan.

Dari pencerahan kecil, masih tetap menggunakan metode yang sama, beberapa tahun kemudian mencapai pencerahan besar, mengapa demikian? Hati setara-nya muncul ke permukaan.

Beberapa tahun kemudian akan mencapai pencerahan sempurna, anda akan menjadi Bodhisattva Dharmakaya (Calon Buddha), terakhir mencapai KeBuddhaan, pencerahan yang dicapai adalah pencerahan tertinggi tiada taranya, yakni suci, setara dan tercerahkan.

Dari sini kita dapat memastikan bahwa dapat membangkitkan keyakinan tanpa keraguan, membaca “Sutra Usia Tanpa Batas”, orang awam dapat mencapai KeBuddhaan, lihatlah, betapa istimewanya Pintu Dharma Tanah Suci.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Mei 2010

佛法八萬四千法門,讀誦是一個法門,我天天念經,念經是什麼?念經就是修戒定慧。依照馬鳴菩薩這個方法就是修戒定慧。我讀這部經需要一個小時,我每天修戒定慧一個小時,戒定慧一次完成。依照這個規矩去念,就是持戒,依照這個規矩,就是離文字相、離名字相、離心緣相,老老實實用清淨心從頭到尾把經念一遍,這是持戒。念的時候你都不執著,文字相放下了,名詞術語也放下了,也不去想經裡的意思,這是修定。你看,你在修戒、在修定。念到遍數夠了,什麼時候夠?什麼叫夠?每個人的緣分不一樣,每個人的標準不一樣,實在那個標準就是你的清淨心現前。清淨心現前,清淨心起作用就是智慧,這叫小悟,不是大悟,小悟,那比一般不覺悟的人高明多了。從小悟,還是用這個方法,再過個若干年,就大悟,為什麼?平等心現前。再有若干時候,大徹大悟,你就變成法身菩薩,你成佛了,那是什麼?覺了,這個覺是無上正等正覺,就是清淨平等覺,這個覺是無上正等正覺。為什麼?它是三個位次,清淨心得正覺,平等心正等正覺,所以後頭這個覺是無上正等正覺。從這個地方諸位就能體會到,能肯定,能深信不疑,這一部經上,凡夫能成圓滿的佛果,你說這個法門多殊勝。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十集)  2010/5/5


 

 

Apakah anda memahami bagaimana cara membaca sutra? Andaikata sambil membaca sutra sambil memikirkan maknanya, ini disebut sebagai berkhayal. Daripada membiarkan pikiran berkeliaran, memikirkan hal-hal yang tidak berguna, lebih baik melafal Amituofo bukan?

Manusia hobi berpikir sembarangan, tabiat ini bukan mudah disingkirkan, maka itu kita menggunakan sepatah Amituofo untuk meredakan bentuk-bentuk pikiran.

Bentuk-bentuk pikiran menciptakan karma tumimbal lahir, terjalin dengan enam alam tumimbal lahir, sedangkan melafal Amituofo terjalin dengan Alam Sukhavati, ingatlah baik-baik perkataan ini.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Mei 2010

所以這個經你會不會念?會念,我們從凡夫地將來會念到無上正等正覺,你會不會!如果一面念一面打妄想,那就完了,一面還想到,我是什麼境界?我怎麼樣提升?那完了。馬鳴菩薩教我們這個原則是真理,永恆不變。八萬四千法門,門門都需要遵守這個原則,你不遵守這個原則,你就錯了,錯在你自己,不能怪別人。「故知身土不二,皆屬強名。寂照同時,非思量境」。不要去胡思亂想,胡思亂想你就錯了。有胡思亂想那個時間,為什麼不念阿彌陀佛?這個胡思亂想也很不容易去掉,所以淨宗有個妙法,用阿彌陀佛這一句名號代替胡思亂想,好!胡思亂想,不是墮無明,就是墮掉舉,總是都在造輪迴業,搞六道輪迴。這一句阿彌陀佛六道裡找不到,六道裡哪一道也找不到阿彌陀佛,阿彌陀佛在西方極樂世界,只跟那個地方相應,跟六道、跟十法界都不相應,你就記住這一句話就好。掉舉是胡思亂想,昏沉是想打瞌睡,精神提不起來,昏沉是無明,這兩種煩惱現前,你就好好念佛、老實念佛,用念佛的方法把煩惱取而代之。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十集)  2010/5/5