Masyarakat bergejolak, bencana makin sering
terjadi, sehingga di dunia ini, baik orang kaya maupun miskin tidak mempunyai
rasa aman, tidak memiliki perasaan bahagia, bayangkan kehidupan begini betapa
memprihatinkan.
Sebaliknya bagi praktisi pelafal Amituofo,
memiliki ketenteraman, juga tidak merasa takut, namun menikmati kebahagiaan,
mengapa demikian? Oleh karena saya menikmati hidupku hari ini, tidak
mencemaskan hari esok, maka itu terasa bahagia.
Apa yang mesti saya kerjakan, saya selesaikan,
yang tidak perlu dilakukan, lepaskan semuanya, tidak banyak beban pikiran dan
kekhawatiran. Kalau memikirkan hari esok yang belum tiba, tahun depan yang
masih kabur, setiap hari mencemaskan ini dan itu, maka persoalan pun
bermunculan.
Hendaknya memusatkan perhatian pada
pelafalan Amituofo, niat pikiran yang melafal Amituofo merupakan niat baik
tertinggi tiada taranya, dengan demikian pengamalan “Sepuluh Kebajikan” jadi
sempurna.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 17 April 2010
社會動亂,天災人禍這麼頻繁,攪和到整個世界富貴貧賤都沒有安全感,都沒有幸福感,你說這個世界住在這裡多可憐。我們能夠有點安全感,沒有這些恐懼,有幸福感,是什麼?我們只認定我在這個世間存活的就是今天,我不想明天,所以今天要很幸福。我該做的事情好好做,不該做的事情全放下,我沒有憂慮。如果想到明天、明年、後年,那個麻煩就大了,決定沒有這個念頭,念念想生極樂世界,念念想著阿彌陀佛,我總有一天把他想來,別的不想了。想阿彌陀佛那就是上善,阿彌陀佛是上善,十善業都圓滿。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第十三集) 2010/4/17
“Teratai Mustika berada di hadapan, Gunung Belati ada di belakang”,
terserah mau pilih yang mana, mau pilih Alam Sukhavati, Teratai Mustika berada
di hadapan; sebaliknya kalau tidak bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati,
masih mendambakan dunia ini, maka Gunung Belati ada di belakang, apa itu Gunung
Belati? Yakni Neraka, Neraka Gunung Belati.
Jadi tentukan langkah anda, mau menuju ke depan atau ke belakang? Setelah
anda memahaminya maka “Dengan sendirinya membulatkan tekad, menjauhi alam saha,
berniat terlahir ke Alam Sukhavati”.
Setelah memahaminya, barulah takkan mendambakan dunia ini lagi,
takkan menciptakan karma tumimbal lahir, bahkan niat hati begini juga akan
dilenyapkan.
Bagaimana cara melenyapkan niat hati tumimbal lahir? Yakni dengan
menfokuskan pikiran melafal Amituofo, mengusir bentuk-bentuk pikiran, dengan
demikian tumimbal lahir takkan ada lagi, hatimu kini adalah Hati Buddha
Amitabha.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 17 April 2010
「寶蓮在前,刀山在後」,這就是由我們選擇,選擇西方極樂世界,七寶蓮池在前面;如果不到極樂世界去,還想留在這個世界,那就刀山在後,那是什麼?地獄,刀山地獄。你是往前,還是往後?你了解這個事實真相,「於是自然生起勝願,厭離娑婆,求生極樂」。你必須真的知道,為什麼?你才能夠放下,這個世間不再貪戀,不再造輪迴業,不但不造輪迴業,輪迴的心要斷掉。怎樣斷輪迴心?你把阿彌陀佛的心放在中央,其他一切雜念都丟掉,輪迴心就沒有了,你那個心就是阿彌陀佛的心。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第十三集) 2010/4/17
Mengapa praktisi pelafal Amituofo, ada yang gagal terlahir ke Alam
Sukhavati? Karena keyakinannya masih kurang dan timbulnya keraguan. Kenapa
masih ada keraguan? Oleh karena tidak memahami teori dengan jelas.
Makanya mengapa Buddha Sakyamuni tiap hari membabarkan Dharma,
tujuannya adalah membantu praktisi menghapus keraguan membangkitkan keyakinan.
Kalau memang seratus persen sudah yakin, maka tak perlu lagi
mendengar ceramah, juga tak perlu baca sutra lagi. Setelah yakin barulah dapat
bertekad, anda sudah memahami betapa menderitanya tumimbal lahir itu, anda
takkan sudi lagi menjalaninya. Sudah berapa kali kita bertumimbal lahir, adalah
tak terhitung lagi, siksaan ini tak terungkapkan dengan kata-kata.
Kini anda telah memahaminya dengan jelas, beruntung pada satu masa
kehidupan ini bersua dengan Ajaran Sukhavati, memperoleh kesempatan mengakhiri
samsara. Kesempatan ini datangnya tidak mudah, seperti yang dikatakan Upasaka Peng
Ji-qing sebagai “Hari yang langka dan sulit ditemukan”, juga seperti yang
dikatakan sebagai “Selama kalpa yang tak terhingga, langka dan sulit ditemukan”,
hari ini anda telah berjodoh dan bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci, bukan
saja terbebas dari enam alam tumimbal lahir, bahkan juga melampaui Dasa
Dharmadhatu (Sepuluh Alam Dharma), oleh karena Alam Sukhavati tidak termasuk
dalam Dasa Dharmadhatu.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 17 April 2010
Penjelasan Dasa Dharmadhatu baca di :
為什麼念佛人不能往生?信心不足他有懷疑。為什麼有懷疑?理事了解不夠透徹。所以佛為什麼天天講經說法,講經說法目的在哪裡?幫助大家斷疑生信。如果真信,真信了可以不要聽經,也可以不必念經。要知道佛講經那個目的,是幫助我們斷疑才生信,斷疑生信之後,你真發願,你曉得輪迴真苦,不能再幹。以往在輪迴裡幹了這麼多年,那個年都無法計算,論劫數算,無量劫,苦不堪言。現在搞清楚、搞明白了,今天遇到這個機會決定可以出得去,依照這個法門真能超越。這個機會得來不容易,前清彭際清居士講「希有難逢之一日」,就是前面講「無量劫來,希有難逢」,你今天遇到,你能夠抓到,你今天就成佛。便得度脫,度脫是永遠脫離十法界,不但是六道,脫離十法界,極樂世界不在這十法界裡,橫超。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第十三集) 2010/4/17