Kamis, 25 April 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Agustus 2010 (Bgn 3)


Untuk apa Buddha Amitabha mendirikan Alam Sukhavati? Bukan demi diri sendiri, juga bukan demi keuntungan dan ketenaran. Namun untuk menyelamatkan semua makhluk, menjemput mereka ke Alam Sukhavati, lingkungan Alam Sukhavati sangat mendukung buat pelatihan diri.

Untuk terlahir ke Alam Sukhavati, hanya perlu tiga syarat yakni yakin, bertekad dan mengamalkan. Asalkan anda adalah putra berbudi dan putri berbudi, yakni yang mengamalkan Sepuluh Kebajikan, yakin pada Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, anda benar-benar berniat terlahir ke Alam Sukhavati, maka saat menjelang ajal, Buddha Amitabha pasti datang menjemputmu.

Membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, gampang bukan! Tetapi jangan sampai lupa bahwa masih ada satu syarat yang tidak boleh diabaikan, yakni “Tidak boleh kekurangan akar kebajikan, berkah kebajikan dan faktor pendukung atau jalinan jodoh, barulah dapat terlahir di Negeri Buddha Amitabha”.

Apa yang dimaksud dengan akar kebajikan? Akar kebajikan adalah yakin dan bertekad. Apa yang dimaksud dengan berkah kebajikan? Yakni mengamalkan, selain melafal Amituofo juga harus menjalankan Sepuluh Kebajikan, oleh karena Alam Sukhavati merupakan tempat berkumpulnya insan berkebajikan tertinggi. 

Standar untuk kebajikan adalah Sepuluh Kebajikan yakni tidak membunuh, tidak mencuri, tidak berzina, tidak berbohong, tidak menghasut, tidak merayu, tidak mengucapkan kata-kata kasar, tidak serakah, tidak benci, tidak dungu.

Asalkan sanggup melakukan beberapa persen saja sudah sangat lumayan, kalau dapat mengamalkannya seratus persen maka sudah mencapai KeBuddhaan. Kalau sanggup mengamalkan satu persen saja, sudah punya kepastian untuk terlahir ke Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Agustus 2010


阿彌陀佛建立西方極樂世界幹什麼?不是為自己,於自己名聞利養邊都沾不上。是為幫助遍法界虛空界一切諸佛剎土裡面的六道眾生,接引他們到極樂世界來,在極樂世界做一個最適合修行成就的道場,歡迎他們來。不需要太高的條件,很簡單的條件,你真的是善男子善女人,也就是你能把十善業道做到了,你相信這個法門,你願意往生,他就來接引你。信願持名,你看多簡單!可是我們不要忘掉,重要一個條件不要疏忽了,那就是釋迦牟尼佛為我們介紹的,「不可以少善根福德因緣得生彼國」,這句話重要。你有信、有願、有行,最後你不能往生,你說佛騙了我。佛沒騙你,佛講得很清楚,你少善根福德因緣,你就不能去,去的人一定要多善根。善根是什麼?善根是信願,你真信切願,這是善根。福德是什麼?福德是真幹,我真的把十善業道落實了,因為那個地方皆是諸上善人俱會一處。善的標準就是十善業,不殺生、不偷盜、不邪淫、不妄語、不兩舌、不綺語、不惡口、不貪、不瞋、不痴。這個條件做到幾分之幾就行,這十個條件做圓滿就成佛,我們能做到百分之一就行了,就有把握往生極樂世界。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一00集)  2010/8/7


 

 

Manusia hendaknya menuruti apa yang alamiah, inilah yang paling menyehatkan; merusak kelestarian alam, akan mengundang datangnya bencana.

Ambil saja sebuah contoh yang paling jelas, Ayahbunda melahirkan tubuh kita ini, ini merupakan yang alamiah, apabila kita menuruti apa yang alamiah, baik-baik menyayangi tubuh ini, maka sepanjang hidup akan sehat dan bahagia.

Sebaliknya kalau tidak puas pada tubuh pemberian Ayahbunda, pergi melakukan bedah plastik, mengubah wajah alamiah dengan sesuka hatimu, apakah boleh?

Boleh-boleh saja, tapi nanti selesai operasi plastik, beberapa tahun kemudian, anda harus menanggung siksaan seumur hidup, anda harus menahan sakit sepanjang hidup, salahkan saja diri sendiri, cari masalah sendiri.

Di Pure Land Learning College Australia, terdapat seorang relawan wanita, saat berusia muda, dia menjalani Rinoplasti (pembedahan plastik untuk memperindah bagian hidung) untuk meninggikan batang hidungnya.

Setelah menginjak usia 40 tahun, dia mengalami penderitaan luar biasa, setiap hari dia begitu tersiksa, ketika bersua denganku, dia menceritakan pengalamannya padaku. Saya bilang padanya, anda telah merusak keseimbangan alam, makanya muncul petaka begini.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Agustus 2010

人要隨順大自然,那就是最健康的;破壞大自然,災難就來了。我們舉個最明顯的例子,父母生我們這個身體,這是自然的,我們隨順這個大自然,好好愛這個身體,你這一生健康幸福。你要不喜歡這個,要去做美容,要把你這個自然的面孔變成你自己想像的樣子,可不可以?可以,美容之後,大概過個幾年,你要苦一輩子,你痛苦一輩子,那是你自己找來的。我們在澳洲學院有一位義工女居士,年輕的時候隆鼻,鼻梁給它加高,四十歲以後痛苦不堪,天天在受罪,遇到我,講她這個事情。我說妳破壞自然生態平衡,妳現在要受這個災難。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一00集)  2010/8/7


 

 
 
Seiring pesatnya kemajuan teknologi, manusia malah merusak keseimbangan alam, melukai gunung, sungai dan permukaan alam, dengan sesuka hati menambang, dengan sesuka hati merusaknya, tidak punya rasa hormat sama sekali.

Buddha Dharma menyebutkan bahwa pepohonan, bunga dan rerumputan juga memiliki naluri kehidupan. Sebatang pohon yang tingginya sudah mencapai tinggi tubuh manusia dewasa, maka pohon itu ada didiami oleh Malaikat Pohon.

Jadi bukanlah pohon yang berubah jadi malaikat, tetapi malaikat yang tinggal di pohon tersebut, menjadikan pohon tersebut sebagai rumahnya.

Maka itu pada zaman dulu, anggota Sangha melatih diri di atas pegunungan, mereka akan menebang beberapa batang pohon untuk mendirikan gubuk, Sang Buddha mengizinkannya, tetapi tiga hari sebelum melakukan penebangan, terlebih dulu membacakan sutra dan melimpahkan jasa kepadanya, mempersilahkan malaikat itu pindah ke tempat lainnya, memberitahukan padanya bahwa tiga hari lagi anda hendak menebang pohon tersebut, jadi mesti ada pemberitahuan terlebih dulu.

Jadi takkan bertindak sembrono seperti orang zaman sekarang, menebang sederet pohon pun tanpa pemberitahuan terlebih dulu, menurutmu apakah Malaikat Pohon tersinggung atau tidak? Dia akan datang cari masalah denganmu.

Menggali tambang, kalau sudah cukup maka segeralah berhenti, jangan terlampau rakus, kalau terlampau serakah, maka masalah pun bermunculan. Sekarang manusia telah melakukan perusakan alam secara besar-besaran, sudah terlampau, makanya muncul banyak fenomena alam yang aneh-aneh, sampai pada akhirnya, seluruh daratan bisa saja tenggelam ke dasar laut.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Agustus 2010

現在人科學進步之後,真的,我們對不起地球,對不起山河大地,任意的去開採,任意去破壞,一點恭敬心都沒有。在佛法裡面告訴我們,樹木花草都有靈性。經典裡面告訴我們,樹木有一個人這樣的高,佛說這個樹就有樹神。不是樹成神了,是有靈附在樹的身上,他以這個為他居住的地方,是這麼回事情。所以從前出家人在山上修行,砍幾棵樹木,搭個小茅蓬,佛許可,但是三天之前,你要砍這個樹,三天之前要去祭祀他,誦經迴向給他,要請他,三天之後我來砍樹,請你搬走搬家,得通知打招呼。哪像現在一砍一大片,招呼都不打,你說這些樹神生不生氣?他會找你麻煩。挖礦,適可而止,不能有貪心,有貪心,你的麻煩就來了。現在做得多過分,太過分了,所以山河大地變異就多,明顯了。到極處,很可能大陸整個沉到海底。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一00集)  2010/8/7