Ajaran Buddha
tersebar sampai di Tiongkok, menurut dasar perhitungan orang Tiongkok, para
Bhiksu yang satu era dengan Master Hsu Yun menggunakan dasar perhitungan ini.
Sejarah Tiongkok
mencatat bahwa Buddha Sakyamuni lahir pada tahun ke-24 bertahtanya Kaisar Zhou
Zhao-wang, memasuki Parinirvana pada
tahun ke-53 bertahtanya Kaisar Zhou Mu-wang.
Jadi menurut
perhitungan orang Tiongkok, sejak Buddha Sakyamuni memasuki Parinirvana hingga
hari ini, sudah 3037 tahun lamanya, selisihnya hampir 600 tahun dengan
perhitungan orang barat. Perbedaan ini tidak perlu dipersoalkan, karena tidak ada
artinya, yang penting kita memahami kebenaran.
Ketika Buddha
Sakyamuni lahir di India, India telah memiliki ilmu dan budaya yang cukup maju,
para pengikut ajaran Brahmana mampu memiliki lima jenis kemampuan gaib, mereka
hanya tidak sanggup mencapai kemampuan gaib ke-6, yakni kemampuan gaib yang diperoleh setelah melenyapkan klesa (kekotoran batin),
yang dicapai oleh Arahat.
Pikir-pikir, mengapa Buddha Sakyamuni lahir di India, hal ini sungguh
beralasan (oleh karena peradaban India kala itu sudah cukup maju).
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 23 Juli 2010
Enam Jenis Kemampuan
Gaib :
Dasar perhitungan tiga ribu tahun :
佛教照中國古代的記載,像虛雲老和尚他們一代人都是用中國古時候的紀年,釋迦牟尼佛出生相當於中國周昭王二十四年,圓寂在周穆王五十三年,中國的典籍上都這麼記載的。如果以這個記載,釋迦牟尼佛圓寂到今天,應該是三千零三十七年,今天三千零三十七年,跟外國人的說法差不多相差六百年。這些事情咱們用不著去考據,那個毫無意義,我們了解事實真相。所以世尊當年出現在印度,印度已經有這樣高的文化,婆羅門教居然這五種神通他們都有,只有漏盡沒有,前面五種他都有,所以我們都不能輕看它。想想釋迦牟尼佛為什麼出生在那裡,有道理。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第八十八集) 2010/7/23
Bagaimana orang awam bisa memiliki kemampuan gaib? Jenis yang pertama
adalah bawaan lahir. Ketika seorang bayi yang masih belum bisa berbicara, mungkin
memiliki kemampuan melihat makhluk halus. Bayi masih suci hatinya, masih belum
tercemar oleh kekotoran batin, makanya punya kemampuan begini.
Bila kita amati anak bayi yang terbaring di dalam ayunan, kadang kala
mereka bisa tertawa sendiri, seolah-olah ada sosok yang sedang bercanda dan
bermain dengannya, si bayi mampu melihat dan mendengarnya.
Perlahan-lahan ketika si bayi beranjak dewasa, kemampuan istimewa bawaan
lahir ini, yang paling umum adalah Mata Dewa dan Telinga Dewa, dimana kita
tidak mampu melihat dan mendengarnya, namun si bayi mampu melihat dan mendengarnya,
kedua jenis kemampuan gaib ini merupakan yang paling umum dan juga yang paling
mudah pulih.
Kemampuan gaib bawaan lahir ini umumnya kita sebut dengan istilah kekuatan
supernatural, apakah kekuatan ini bisa hilang? Tentu saja bisa. Saya pernah
mewawancarai 2-3 orang yang memiliki kekuatan supernatural, usia mereka
rata-rata 20 sekian tahun, saya tanya mereka, apakah kekuatan supernatural bisa
hilang? Mereka bilang bisa hilang.
Kekuatan supernatural yang dimilikinya pada usia 20 sekian tahun tak
sebanding lagi dengan saat berusia belasan tahun, saat usianya masih belasan
tahun, kekuatan supernaturalnya sangat kuat, saat menginjak usia 20 sekian
tahun semakin melemah, mungkin sampai usia 30 sekian tahun sudah tidak ada
lagi. Mengapa demikian?
Bentuk-bentuk pikirannya sudah terlampau banyak, terlampau rumit,
makanya kekuatan supernatural-nya pun hilang.
Jenis yang kedua adalah praktisi yang melatih diri, zaman dulu di India,
hampir seluruh praktisi baik yang berasal dari kalangan Buddhis maupun non
Buddhis, juga melatih samadhi, dengan samadhi juga bisa memperoleh kemampuan
gaib.
Besar kecilnya kemampuan gaib yang diperoleh adalah tergantung pada kedangkalan dan kedalaman ketrampilan samadhi
yang dicapai, apabila ketrampilannya mendalam, maka kemampuannya akan sangat
kuat, sedangkan bila ketrampilannya agak dangkal sedikit, maka kemampuannya juga
agak dangkal sedikit.
Jadi kemampuan gaib jenis ini berbanding lurus dengan ketrampilan
samadhi yang dicapai.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 23 Juli 2010
這種本能在凡夫如何得到?現在這種特異功能有兩種,一種是與生俱來的。大概一般人在小時候你還不會說話的時候可能都有,天真,心地清淨,沒有被染污,這個能力有。我們細心觀察嬰兒,你會發現,你看嬰兒睡在搖籃裡面,有時候他自己會笑,好像是很多動態你去看到,好像有人在跟他逗、在跟他玩,真的,他能看見,他能聽見。逐漸長大了,與生俱來的這種特異功能,最普遍的是天眼、天耳,我們一般人看不到的,他能看見,我們一般人聽不到的,他能聽見,這兩種最平常,也最容易恢復。與生俱來有這個能力的,我們叫它做特異功能,它會不會失掉?會。我曾經訪問過二、三個人,具有這個能力的,二十幾歲,我問他會不會失掉?會。他二十幾歲這個能力他就比不上十幾歲,十幾歲他的能力強,二十幾歲弱了,大概到三十幾歲就沒有了。為什麼?他頭腦東西太多了、太複雜了,能力就失掉了。所以我們知道。另外一種是修道的人,佛教之外,幾乎所有印度宗教都修禪定,禪定能夠得到。得到大小就看你定功功夫的淺深,功夫深,能力就特強,功夫淺一點,能力也就淺一些,與你修行功夫成正比例。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第八十八集) 2010/7/23
Pada zaman dahulu
kala di India, para pertapa yang menganut ajaran Brahmana, telah mampu melihat
adanya enam alam tumimbal lahir, jadi enam alam tumimbal lahir bukanlah pertama
kali dikemukakan oleh Buddha Sakyamuni, namun sebelumnya Kaum Brahmana telah
mengetahuinya.
Bagaimana mereka
dapat mengetahuinya? Melalui samadhi. Ketika seseorang memasuki samadhi yang
mendalam, dia dapat menembusi ruang dan waktu, hal ini telah dibuktikan oleh
para ilmuwan, bahwasannya memang benar ada banyak ruang dimensi yang berbeda.
Lantas ada
berapakah ruang dimensi tersebut? Secara teori dikatakan sebagai tak terhitung,
namun kenyataannya hingga sekarang para ilmuwan hanya bisa memastikan bahwa
minimal ada 11 jenis ruang dimensi yang berlainan.
Hal ini tempo dulu
disampaikan oleh Upasaka Huang Nian-zu kepada diriku, beliau mendalami Ilmu Sains.
“Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas” yang kita pelajari hari ini, merupakan buah
pena Upasaka Huang Nian-zu.
Saya dan Upasaka
Huang Nian-zu merupakan sahabat dekat, Upasaka Huang Nian-zu merupakan murid
dari Upasaka Xia Lian-ju (tokoh yang merangkum Sutra Usia Tanpa Batas).
Dari buah karyanya
ini, dapat dilihat bahwa landasan Ajaran Buddha yang dimiliki Upasaka Huang
Nian-zu sangat mendalam, memiliki jodoh yang sangat unggul dengan Buddha
Dharma.
Dapat disimpulkan
bahwa Upasaka Huang Nianzu bukanlah orang biasa, beliau dan Upasaka Xia Lian-ju
harusnya merupakan praktisi yang datang ke dunia untuk mewujudkan misinya.
Upasaka Xia Lian-ju
datang ke dunia untuk merangkum “Sutra Usia Tanpa Batas” dari berbagai versi
terjemahan sehingga menjadi satu buku sutra yang sempurna, guna diwariskan
kepada semua praktisi pada zaman berakhirnya Dharma, supaya mereka dapat
memperoleh penyelamatan dalam satu masa kehidupan.
Setelah Upasaka Xia
Lian-ju selesai merangkum “Sutra Usia Tanpa Batas”, penerusnya yakni Upasaka
Huang Nian-zu menulis penjelasan sutra. Usai merangkum sutra, Upasaka Xia
Lian-ju pernah menjelaskan-nya sebanyak beberapa kali, sang murid yakni Upasaka
Huang Nianzu mendengarnya dari awal sampai akhir.
Upasaka Huang
Nianzu bilang padaku bahwa waktu itu dia mempunyai catatan, namun sayangnya
ketika dia mengerjakan buah pena-nya ini, catatan tersebut sudah hilang. Meskipun
sedang menderita sakit-sakitan, namun Upasaka Huang Nian-zu tetap melanjutkan
penulisan penjelasan sutra hingga selesai, saya menyaksikan hal ini secara
langsung, saya sedang terharu.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 23 Juli 2010
你看古印度的婆羅門,看到六道輪迴,這六道輪迴是真的,不是假的,不是佛說的、不是佛教的,是婆羅門教說的。他怎麼知道?他在定中看見了。定,人在禪定的這個狀況之下,空間維次突破了,這是科學家證實的,確實有不同空間維次存在。那空間維次到底有多少?在理論上講,沒有數量,但是在事實上來說,現代的科學家肯定至少有十一種不同維次空間。
這是早年黃念祖老居士告訴我的,他是個研究科學的,對佛法造詣很深,我們今天學的這本註解就是他作的。我跟他往來很多次,是老朋友,也是我的老師,他是夏蓮居老居士的傳人。從這個註解裡面,我們能看到老居士,佛學的底蘊相當深厚,跟佛的緣分無比的殊勝。要照中國一般來講,那他不是普通人再來的,他跟夏老居士也應該是有使命而來的。就是把《無量壽經》重新整理,編成一個完善的本子,留給末法時期往後九千年一切眾生學佛一生得度,就靠這部經典。夏老會集完成,就讓他的學生黃念老為這個經做一部註解。這個經會集成功之後,夏老講過幾遍,黃念祖居士從頭到尾都聽過。他告訴我,他那時候有筆記,可惜寫這個本子的時候,他那些筆記資料都喪失了。而且是在病中,這是我親眼看到的,我非常受感動。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第八十八集) 2010/7/23