Bila
kita bertanya, berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh orang awam untuk mencapai
KeBuddhaan? Hanya sebersit niat pikiran, sebersit niat pikiran adalah
tercerahkan, orang awam menjadi Buddha.
Inilah
pencerahan, kita dapat menggunakan tiga kata yakni “suci, setara, tercerahkan”
untuk melatih diri. Kita harus memahami bahwa “suci, setara, tercerahkan”
merupakan Anuttara-samyak-sambodhi, yang juga merupakan penerangan sempurna.
Dengan
hati yang suci mencapai Arahat, dengan hati yang setara mencapai Bodhisattva,
dengan hati yang tercerahkan mencapai KeBuddhaan, hanya dalam sebersit niat
pikiran.
Setelah
mengetahui caranya, memahami kebenaran ini, hendaknya membangkitkan keyakinan
mendalam tanpa keraguan sama sekali, tapi masalahnya terletak di mana?
Masalahnya
terletak pada tidak sanggup melepaskan kemelekatan, tidak sanggup melepaskan
adalah tidak tercerahkan, tidak setara dan tidak suci. Dalam kondisi sedemikian
rupa, kalau ingin dalam satu masa kehidupan meraih keberhasilan, selain
menggunakan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, maka takkan ada jalan kedua lagi,
ini merupakan fakta, ini merupakan jalan terdekat, dalam satu kelahiran
mencapai kesempurnaan.
Semakin
banyak yang sanggup anda ikhlaskan, maka semakin tinggi tingkatan Bunga Lotus
yang akan dicapai, barulah anda menyadari betapa pentingnya melepaskan
kemelekatan tersebut.
Mengapa
Buddha begitu memandang berat pada persoalan “melepaskan kemelekatan”? Oleh
karena segala sesuatu di dunia ini adalah khayalan semu. Anda sekarang hendak
menemukan kembali jiwa sejati, di dalam jiwa sejati tidak ada hal yang semu, maka
itu segala sesuatu yang bersifat semu tidak bisa dibawa pergi, kebenaran ini
mesti dipahami.
Keangkuhan
adalah semu, iri hati adalah semu, ketamakan, kebencian, kebodohan juga adalah
semu, tidak ada satupun yang merupakan sejati, mengapa tidak melepaskannya?
Dengan melepaskan niat pikiran buruk ini, barulah melafal Amituofo bisa
memiliki kepastian; makin banyak yang mampu anda lepaskan maka tingkatan Bunga
Lotus yang dicapai kian tinggi.
Di
Alam Sukhavati ada sembilan tingkatan Bunga Lotus, Master Shandao menyimpulkan
bahwa perbedaannya “terletak pada bersua dengan jalinan jodoh yang berbeda”,
selain alasan ini tidak ada lagi alasan lainnya.
Orang
awam yang memiliki jalinan jodoh atau faktor pendukung yang unggul, dalam satu
kelahiran mampu mencapai Tanah Suci tingkatan ketiga yakni
Shi-bao-zhuang-yan-tu, terlahir pada Bunga Lotus tingkatan teratas.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 10 Juni 2010
Empat tingkatan Tanah Suci di Alam Sukhavati :
我們要問,凡夫成佛需要多久的時間?給你講真話,就是一念,一念覺凡夫就成佛。這個覺,我們可以用這部經的經題來說,這部經的經題講修行的、講修因的,五個字「清淨平等覺」。我們要知道,這五個字就是阿耨多羅三藐三菩提,就是無上正等正覺,清淨心成正覺是阿羅漢,平等心成正等正覺是菩薩,佛成就無上正等正覺,就是覺這個字,一念之間。我們知道這個方法,明白這個道理,深信不疑,問題在哪裡?問題在放不下,放不下就是不覺、不平等、不清淨。在這個狀況之下,我們一生當中要想成就,除念佛法門之外,沒有第二條路可以走,這是真的,這不是假的,漸修裡頭的捷徑,一生準能成就。成就早晚,到西方世界成就品位高低還是在放下,這才知道放下多重要。佛為什麼要這麼樣強調放下?因為這世間一切全是假的。你現在想回歸真性,真裡面沒有假,所以假的東西帶不去,這個道理一定要懂。貢高我慢是假的,嫉妒這個念頭也是假的,貪瞋痴還是假的,沒有一樣是真的,為什麼不放下?放下,我們念佛有把握;放下,我們知道品位很高。三輩九品往生,善導大師說得好,「總在遇緣不同」,除此之外沒有別的特別原因。我們凡夫,博地凡夫如果遇緣殊勝,你就很可能在這一生當中實報土上品上生,跟釋迦佛、跟六祖惠能大師沒兩樣,生到西方極樂世界,實報莊嚴土上上品往生。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五十三集) 2010/6/10
Kalau belum sanggup melepaskan kemelekatan, apa yang harus dilakukan?
Ini dikarenakan masih belum memahami kebenaran. Lantas bagaimana? Perbanyak
membaca Sutra Usia Tanpa Batas, perbanyak mendengar ceramah.
Andaikata dapat menggunakan satu jurus melatih diri yang diterapkan
oleh praktisi jaman dulu yakni “Menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan
mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang”, maka anda akan
meraih keberhasilan.
Praktisi Pelafal Amituofo mesti serius melatih diri, jangan ada
munafik penuh kepura-puraan, apa yang mesti dilepaskan harus diikhlaskan, yang
tidak boleh dilepaskan maka harus digenggam seerat-eratnya.
Pintu Dharma ini mengajarkan kita melafal Amituofo, menggenggam
sepatah nama Buddha Amitabha dengan seerat-eratnya, maka anda pasti terlahir ke
Tanah Suci Sukhavati.
Di dalam hati ada Buddha Amitabha, mengingat dan melafal namaNya,
yakni Amituofo, mulut melafal, tubuh melakukan namaskara, hati yang menghormati
itu tidak boleh terputus.
Saya tidak sedang berhadapan dengan rupang Buddha, lantas apakah hati
yang menghormati itu masih ada? Masih ada. Bagaimana dapat membangkitkannya?
Semua makhluk sesungguhnya adalah Buddha. Buddha yang manakah itu?
Oleh karena kita melafal Amituofo, maka semuanya kita pandang sebagai Buddha
Amitabha, Buddha Amitabha kini berada di hadapanmu, di sekelilingmu. Semua
makhluk tiada satupun yang bukan merupakan Buddha Amitabha, ini merupakan fakta
yang sesungguhnya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 10 Juni 2010
放不下,放不下是什麼?沒有真懂。怎麼辦?這個經多讀、多聽。如果真正把古人修行這一招學到,一門深入,長時薰修,你就成就。所以念佛人,這真念佛人,這不是搞假的,應該放下的全都放下,不應該放下的就堅固的執著。這個法門教我們執持名號,執就是執著,持就是保持,也就是只執持一樣東西,六字洪名,你就決定得生淨土。心裡面有佛,心裡面憶念,口稱名,身禮敬,恭敬心不能中斷。我跟佛像不對面,恭敬心還有沒有?還有。怎麼能生起?你不知道;你要真正知道,一切眾生本來是佛。他是哪尊佛?我們念阿彌陀佛他就是阿彌陀佛,阿彌陀佛就在你面前,阿彌陀佛就在你左右,就在你周圍。一切眾生沒有一個不是阿彌陀佛,一即一切,一切即一,這是事實真相。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五十三集) 2010/6/10
Mengapa menasehati
dirimu supaya melepaskan kemelekatan? Apabila dirimu suka bersaing, mengejar
ambisi, maka hatimu telah tercemar, anda mementingkan diri sendiri, oleh karena
egois, maka hati yang setara jadi lenyap, sesat dan tidak tercerahkan, inilah
yang disebut sebagai makhluk.
Buddha membantu
kita supaya memahami kebenaran ini, mengetahui bahwa melepaskan kemelekatan
adalah benar dan tepat. Maka itu mengapa dikatakan bahwa setelah mengikhlaskan
barulah bisa memperoleh, mengikhlaskan adalah berdana, memberi persembahan,
anda melatih Amisa Dana (dana materi) akan membuahkan kekayaan, semakin berdana
semakin banyak yang diperoleh.
Dharma Dana akan
membuahkan kecerdasan dan kebijaksanaan, Abhaya Dana (melenyapkan ketakutan di
hati para makhluk) akan membuahkan kesehatan dan panjang umur. Beginilah
caranya supaya permohonan dapat terkabul.
Mengapa anda tidak
menggunakan cara halal begini supaya keinginanmu terwujud? Anda malah
menggunakan cara yang melanggar hukum, maka itu disebut sesat, meskipun berhasil
mendapatkannya, itupun memang sejak semula sudah ada dalam garis hidupmu,
bukankah dirimu ini sungguh kasihan?
Andaikata tidak ada
di dalam garis hidupmu, bagaimana pun anda mengejarnya takkan mungkin berhasil,
Buddha dan Bodhisattva tidak dapat membantu sama sekali.
Pemberkatan dan
bantuan dari Buddha dan Bodhisattva juga tergantung pada jasa kebajikan yang
anda miliki. Anda memiliki satu bagian jasa kebajikan maka Buddha akan
membantumu sebanyak satu bagian. Anda memiliki sepuluh bagian jasa kebajikan
maka Buddha akan membantumu sebanyak sepuluh bagian, takkan bertambah maupun
berkurang.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 10 Juni 2010
為什麼勸你放下?道理在此地。你要想爭,你要想求,你的心被染污,你有自私自利,有自私自利,平等心就沒有,迷而不覺,這叫眾生。佛幫助我們,讓我們明白這個道理,知道放下是正確的,永遠放下。所以佛家講的捨得,雙重意思,你捨是布施、是供養,你修財布施肯定得財富,愈施愈多,你法布施肯定得聰明智慧,無畏布施肯定得健康長壽,這是佛告訴六道眾生迷而不覺,心裡面有欲望想求得,告訴你這個方法有求必應,沒有一樣求不得的。你為什麼不用正當的方法去求?你用了錯誤的方法,用了非法的方法,叫邪法,得到的還是你命裡有的,你說冤不冤枉?命裡沒有的,你怎麼求都得不到。我們求佛菩薩,佛菩薩感應幫忙我們得到,依然是你自己修的;你自己要不修,佛菩薩一絲一毫都幫不上忙。佛菩薩對你的加持幫忙是相對的,你有一分功德他幫你一分,你有十分功德他幫你十分,是相對的,不增不減。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五十三集) 2010/6/10