Sabtu, 27 April 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Agustus 2010 (Bgn 1)


Tempo dulu guru mengajari murid, hanya ditakutkan anda tidak belajar dengan serius, makanya mengerahkan segenap daya upaya untuk mengajarimu. Sekarang saya mendengar banyak guru di sekolah, waktu mengajar, menjelaskan secara ala kadarnya saja, oleh karena di luar jadwal mengajar, dia memberi les privat, mengajak murid-muridnya supaya bergabung dengan kelas les privatnya.

Setelah menerima bayaran dari murid-muridnya, barulah dia mau menjelaskan secara rinci padamu, yang tidak dia jelaskan waktu jam belajar di sekolah, jadi ada jurus yang dia simpan, dia juga mau berbisnis.

Mungkin gajinya mengajar di sekolah tak cukup baginya, jadi dengan membuka les privat, keuntungannya begitu menggiurkan. Jadi sosok yang diberi gelar “Pahlawan tanpa tanda jasa” zaman Now sudah punya otak bisnis, buka usaha sendiri.  

Inilah kondisi masyarakat sekarang ini, sesat dan tak tercerahkan, orang zaman dulu adalah tercerahkan dan tidak sesat.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Agustus 2010

過去的老師對學生,唯恐你學不好,盡心盡力教你。現在我聽說很多學校的老師上課的時候很草率,他教學生,他開補習班,讓自己學校學生進入他的補習班,補習班繳學費,學費全部他收了,他那個地方認真教你一點東西,課堂不教,要留一手,他要賺錢。課堂裡,學校裡大概收入不多,開補習班收入就很豐富。所以現在都有生意頭腦,老師也學會了,開學店,補習班就是開學店。這是現前的社會,迷而不覺,古人真是覺而不迷。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一0四集)  2010/8/9


 

 

Sang Buddha menuruti kehendak para makhluk, anda berbuat jahat, Buddha juga menuruti kehendakmu, mengapa demikian? Tidak berdaya menghentikanmu. Buddha ingin menasehatimu, tapi kamu tidak sudi mendengarnya, jadi harus bagaimana lagi? Biarkan saja!

Tetapi Buddha sangat ber-Maitri Karuna, Sang Buddha mengamati dari samping segala ulahmu, melihatmu melakukan kejahatan, melihatmu menerima balasannya, suatu hari nanti anda pasti akan merasa capek dan sadar, setelah anda menyadarinya, maka Buddha pun segera datang menyelamatkan dirimu.

Sebelum dirimu sadar, Buddha hanya bisa berada di samping sambil melihat tingkah lakumu, melihatmu berbuat jahat, melihatmu jatuh ke Alam Binatang, melihatmu jatuh ke Alam Setan Kelaparan, melihatmu jatuh ke Neraka, setelah kenyang menjalani siksaan, suatu hari nanti anda pasti akan merasa capek, kemudian menyesali segala perbuatanmu selama ini, anda sudah tahu bersalah, anda bersedia mengakuinya.

Setelah anda mengakui kesalahan sendiri, maka saatnya sudah tiba untuk diselamatkan, mengapa demikian? Kini anda sudah bersedia menerima nasehat Buddha, sudah bersedia menerima ajaranNya, maka Buddha pun datang membimbing dirimu, di dalam pintu Buddha takkan ada seorang pun yang terabaikan.

Tak peduli seberat apapun dosamu, namun Sang Buddha tetap setia berada di sampingmu, menantimu kembali ke jalan yang benar, menantimu bersedia menerima ajaranNya, Buddha akan senantiasa menanti dan membimbingmu, maka itu tiada seorang pun yang tidak terbebaskan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Agustus 2010

佛是恆順眾生,你造惡,佛也順著你,為什麼?攔不住。佛勸你,你不聽,那怎麼?隨你去吧!但是佛很慈悲,佛在旁邊看著,看著你造孽,看著你受果報,你總會有一天省悟過來,省悟過來佛就來度你,你沒有省悟過來,佛站在旁邊看著你,看你作惡,看你變畜生,看你墮餓鬼,看你墮地獄,苦頭吃盡了,人就後悔,我錯了,他認錯了。到認錯的時候就有救了,為什麼?他聽話了,能聽勸了,能聽教了,佛就會教他,佛氏門中不捨一人。無論你做多大的罪孽,佛還是在旁邊看著你,你肯回頭,肯接受,佛就會教你,沒有不能解脫的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一0四集)  2010/8/9