Senin, 10 Desember 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Juli 2010 (Bgn 2)


Dari mana penderitaan berasal? Dari pikiran sesat, karena sesat makanya anda suka berpikir sembarangan, oleh karena pemikiranmu salah makanya ucapan dan tindakanmu juga ikut salah.

Oleh karena ucapan dan tindakan itu dituntun oleh pikiran, jadi kalau pikiran sudah salah, otomatis ucapan dan tindakan juga ikut salah. Setelah melakukan perbuatan salah maka anda harus menerima buah akibatnya.

Ajaran Mahayana merupakan kebijaksanaan, setelah memiliki kebijaksanaan, barulah pemikiranmu jadi benar, ucapan dan tindakanmu jadi benar dan sesuai dengan akal sehat, anda takkan membuat kekeliruan, barulah anda menikmati pahala.

Orang Tionghoa benar-benar bijaksana, lihatlah aksara Mandarin 「禍 = huo = petakadan「福 = fu = berkah hampir mirip, bedanya cuma sedikit saja.

Ini menunjukkan pada kita, petaka dan berkah ada pada sebersit niat saja, sebersit niat demi diri sendiri, mementingkan keuntungan diri sendiri, maka petaka pun datang; sebersit niat demi orang banyak, maka berkah pun datang.

Mementingkan kepentingan orang banyak barulah memberi faedah bagi diri sendiri, sebaliknya mementingan kepentingan diri sendiri adalah mencelakai diri sendiri, kebenaran ini mesti dipahami.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Juli 2010

苦從哪裡來的?苦從迷來的,迷你就胡思亂想,你思想有錯誤,你的言行就會有錯誤。因為言行是思想指導,思想錯了,言行就錯了,你做錯事情你得受苦報。大乘是智慧,你有了智慧,你的思惟是純正的,你的言行是合情合理合法的,你不會做錯事情,那你就享福了。中國人真有智慧,你看中國人「禍」跟「福」很像,這兩個字非常接近,只差一點點。這就是告訴你,禍、福只在一念之間,一念為自己,自私自利,禍就來了;一念為人,福就來了。為人才是真正為自己,為自己是真正在害自己,這個道理要懂。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第七十五集)  2010/7/10




 

Masyarakat sekarang ini, bila kita amati dengan pikiran yang jernih, sudah sesat, sesatnya di mana? Orang Tionghoa bilang sesatnya di uang. Masyarakat Tiongkok zaman dulu menggunakan uang koin, bentuknya bulat, di tengah-tengahnya ada lubang segi empat. Maknanya adalah untuk mengejar uang itu harus menggunakan cara yang halal, jadi menimbun kekayaan itu harus ada aturannya.

Apakah uang merupakan benda yang baik? Bukan, lihatlah aksara 「錢 = qian = uang,  sisi kirinya adalah aksara “ = jin = emas”, sisi kanannya adalah dua bilah pedang, apa artinya? Rampok!  Jadi uang bukanlah hal yang baik, ini merupakan barang yang mengundang bahaya.

Uang, asalkan bisa memenuhi kebutuhan hidup, maka ini sudah boleh, jangan lagi berharap lebih, terlampau loba akibatnya musibah pun muncul. Manusia harus yakin pada Sebab Akibat, anda ingin kaya, tetapi apakah kekayaan ini ada di dalam garis hidupmu?

Kalau tidak ada di garis hidupmu, lantas anda memaksakan kehendak, menggunakan cara yang tidak halal untuk mendapatkannya, walaupun anda berhasil memperoleh sejumlah uang, itupun memang sejak semula ada di dalam garis hidupmu, menurutmu apakah dirimu ini kasihan atau tidak.

Apabila tidak ada di dalam garis hidupmu, meskipun menghalalkan segala cara, juga takkan berhasil mendapatkannya, walaupun anda pergi merampok juga takkan berhasil, sebelum anda menjalankan aksimu, sudah keburu diborgol polisi dan menginap di penjara.

Ini dikarenakan memang tidak ada di dalam garis hidupmu. Walaupun anda berhasil menipu sejumlah uang dari orang lain, itupun karena memang sejak semula ada di dalam garis hidupmu, jadi meskipun tidak merampok, uang tersebut tetap adalah milikmu, takkan lari gunung dikejar.

Asalkan manusia memahami kebenaran ini, maka hatinya pun jadi tenang. Ketika saya tidak punya uang, saya takkan pergi merampas milik orang lain, oleh karena sekarang saya sudah memahami dengan jelas, di dalam garis hidupku memang tidak ada uang; kalau di dalam garis hidupku memang ada sejumlah uang, maka tiba pada waktunya, dia akan datang dengan sendirinya, tidak perlu mencemaskannya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Juli 2010


  現在這個社會,我們冷靜去觀察,迷了,迷在哪裡?中國人講迷在錢眼裡面。中國從前用的銅錢,你看民國初年、清朝時候是用銅錢,圓的,當中有個孔,有個方孔。那裡頭有含義。圓裡頭要有方,圓要不方的話,問題就出來了,叫外圓內方,做人就對了,它都有表法的意思在裡頭。錢是不是好東西?不是好東西,你看中國這個「錢」字,這邊是金,那邊是兩個人拿著刀,在幹什麼?搶!這不是好事情,告訴你這是很危險的東西,你看到這個字你就想到它的意思。錢夠用就行了,不能貪多,貪多禍害就來了,災難就來了。人這時候就要懂因果,你的財富,你命裡有沒有?命裡沒有,你要想用不正當的方法去得到,跟你說,你得到了還是你命裡有的,你說你冤不冤枉。命裡沒有,用什麼樣的手段都得不到,拿著槍去搶都搶不到,你槍還沒有對人,後頭警察把你抓到,你去坐牢了;你小偷你去偷,你還沒有偷到,警察把你抓去了。這就是命裡沒有,偷人、搶人都得不到;命裡有的,偷來的、搶來的統統是命裡有的,你說你冤不冤枉!人真懂得這個道理,他心是定的。我在沒有的時候,我不會去偷人、不會去搶人,為什麼?心裡清楚,命裡沒有;命裡有的,到時候就來了,不用著急。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第七十五集)  2010/7/10

 


 

Bagaimana jurus jadi kaya? Saat permulaan belajar Ajaran Buddha, saya begitu miskin, kehidupanku sungguh sengsara, waktu itu di dalam garis hidupku memang tidak punya gudang uang, orang lain memiliki gudang uang di dalam garis hidupnya, tetapi gudang uang kepunyaanku adalah kosong melompong.

Dengan kata lain, orang lain berbisnis apa saja juga bisa meraup keuntungan, sementara diriku melakukan apa saja, juga tidak bisa untung, oleh karena di dalam garis hidupku memang tidak berduit.

Setelah bersusah payah mendapat pekerjaan, gajipun kecil, cuma pas-pasan buat melewati hari demi hari.

Kemudian saya bersua dengan Master Zhangjia, saat itu saya berusia 26 tahun, Master telah berusia 65 tahun, beliau sangat jelas akan keadaanku. Beliau berkata padaku, dari mana kekayaan berasal?  Kekayaan bersumber dari rajin berdana.

Master Zhangjia bilang, “Di dalam Pintu Buddha, segala permohonan pasti terkabul”.  Alhasil mukjizat itu datang juga! Kalau mukjizat itu tidak muncul, berarti pelatihan dirimu bermasalah, tidak sesuai dengan Dharma.

Maka itu Master Zhangjia mengajariku bagaimana cara mendapatkan uang, yakni berdana. Mengapa ada orang yang di dalam garis hidupnya memiliki harta berlimpah? Oleh karena pada masa kelahiran lampau dia rajin berdana, sehingga pada masa kehidupan sekarang, di dalam garis hidupnya terdapat harta berlimpah.

Bagaimana kalau ternyata di dalam garis hidupnya tidak ada kekayaan? Tidak apa-apa, sekarang masih sempat berdana, apalagi bagi mereka yang masih berusia muda.  

Saya bilang pada Master Zhangjia, saya tidak punya uang, gajiku kecil, untuk makan tiga kali sehari saja sudah susah. Master Zhangjia bertanya padaku : “Satu sen, punya tidak?”. Saya bilang tidak masalah. “Satu dolar, sanggup tidak?”. Saya bilang sanggup, meskipun agak terpaksa.

Master Zhangjia berkata, “Mulailah berdana dari satu sen, satu dolar, di hatimu mesti ada niat pikiran berdana, harus membangkitkan niat hati begini”.

Saya mulai belajar berdana. Waktu itu saya sering ke vihara menyalin sutra, melihat di vihara ada kegiatan mencetak buku sutra, saya berdana 1 atau 2 dolar; melihat ada kegiatan melepas satwa ke alam bebas, saya juga ikut berdana beberapa sen.

Perlahan-lahan ini menjadi sebuah kebiasaan. Inilah yang disebut sebagai Amisa Dana (dana materi), sungguh efektif, saya telah melakukannya 60 tahun lamanya, semakin berdana semakin banyak pula yang diperoleh!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Juli 2010


能不能求到財?佛教裡頭,這是從前章嘉大師教我的。我剛剛學佛的時候,生活非常艱苦,那是命裡沒有財庫,人家命裡有財庫,我的財庫空空如也,什麼都沒有;換句話說,別人做什麼事業都能賺錢,我幹什麼都賺不了錢,命裡沒有。辛勤工作賺一點錢,僅僅能維持生活。老師是大善知識,我跟章嘉大師,我二十六歲,他老人家六十五歲,祖父輩的,他看得很清楚。他教我,跟我講,財從哪裡來的?財從布施來的。他教給我「佛氏門中,有求必應」,教我這個道理。真有感應!沒有感應,沒有感應那你是理論上不如法,方法上有問題,如理如法,感應道交快得很!所以教給我們求財的方法,財布施。人家命裡為什麼有那麼多財富?過去生中修財布施修得多,他命裡有,這個道理要懂。我們命裡沒有,沒有不要緊,還年輕,現在修還來得及。我跟老師說,我沒有錢,一個月的工資很少,僅僅勉勉強強夠生活。老師問我:「一毛有沒有?」一毛可以。「一塊有沒有?」一塊還可以,還勉強。「你就從一毛、一塊開始布施,你心裡要真有布施的念頭,有這個心。」我就學。因為那個時候逛寺廟了,到寺廟去抄經,看到寺廟有印經的,人家拿個本子來捐錢印經,出多少都不拘,我們看到印經也寫個一塊、二塊,他都收;有放生的,放生的捐個幾毛錢他也收。這個很好,就慢慢養成一個習慣。這是財布施,得財富,有效,我已經布施了六十年,愈施愈多!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第七十五集)  2010/7/10