Enam alam tumimbal
lahir disebut sebagai pencemaran batin, masa kini pencemaran batin ini sangat
parah, apa sebabnya? KeBodhian (Pencerahan) dan Maha Karuna (belas kasih
universal) sudah berubah bentuknya.
Maha Karuna telah
berubah jadi egois, KeBodhian telah berubah jadi dungu, maka itu buah akibatnya
jatuh ke tiga alam sengsara yakni Alam Binatang, Alam Setan Kelaparan dan
Neraka.
Cobalah amati
kondisi masyarakat masa kini, apakah bukan merupakan Alam Binatang, Alam Setan
Kelaparan dan Neraka? Kenapa disebut Alam Binatang? Dungu, ketidaktahuan, pengetahuan
dan pandangan sesat, memandang kebenaran sebagai kesesatan, dan sebaliknya
menganggap yang sesat sebagai hal yang benar. Hari ini kita menyebutnya sebagai
Nilai moral itu sudah terbalik.
Orang jaman dulu
menganggap welas asih sebagai sikap yang bagus, semua orang mengakuinya; tetapi
masa kini welas asih malah dianggap tidak bernilai sama sekali.
Lantas sikap yang
bagaimana barulah dianggap bagus? Egois, mementingkan diri sendiri barulah
bagus, hari ini manusia hidup hanya untuk dirinya sendiri dan bukan untuk orang
lain, manusia boleh merugikan orang lain demi menguntungkan diri sendiri,
justru orang begini malah dianggap sebagai pahlawan, sesatnya bukan main.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 17 Mei 2010
六道稱為染污,現在染污得非常嚴重,什麼原因?菩提沒有了,大悲也沒有了。不是真的沒有了,變質了,大悲變為自私自利,菩提變為愚昧,所以果報現前,是什麼樣子?畜生、餓鬼、地獄。我們今天的社會,你們想想看,是不是畜生、餓鬼、地獄?畜生是什麼?愚昧、無知,知見顛倒了,把正法看成邪法,邪法認為是正法,今天講什麼?價值觀顛倒了。過去的人認為仁義是好的,大家肯定的;現在人對仁義認為這是一文不值。什麼是最好的?自私自利是最好的,人是為自己活的不是為別人活的,人可以損人利己,損人利己這是英雄、這是豪傑,顛倒了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四十二集) 2010/5/17
Lihatlah keadaan
masyarakat sekarang ini, apakah seperti Alam Binatang? Kadang kala manusia itu
bahkan lebih rendah lagi daripada binatang. Lantas apakah serupa dengan Alam
Setan Kelaparan? Atau serupa dengan Neraka? Neraka dunia!
Manusia tidak tahu
untuk apa dirinya hidup di dunia ini. Hidup di dunia ini juga tiada maknanya,
apa nilainya? Tidak tahu sama sekali, makanya dia terus menciptakan karma buruk.
Cobalah amati
dengan seksama, setiap niat pikiran yang timbul, ucapan dan tindakannya,
semuanya terjalin dengan tiga alam rendah. Benih karma tiga alam rendah adalah
lobha (ketamakan), dosa (kebencian) dan moha (kebodohan). Dengan kata lain,
melakukan pembunuhan, pencurian, asusila dan berbohong.
Ilmuwan modern
menggunakan teori Mekanika Kuantum membuktikan bahwa perasaan emosional manusia
dapat mempengaruhi kesehatan. Mereka memberi dua contoh, yang pertama adalah
amarah, yang kedua adalah welas asih.
Hati yang welas
asih akan mempengaruhi sel-sel di dalam tubuh, dia akan memperoleh nutrisi yang
sangat bagus, daya tahan terhadap serangan penyakit juga akan meningkat, tubuh
jadi sehat.
Sebaliknya kalau
suka marah-marah, maka akibat yang ditimbulkannya adalah sel-sel tubuh jadi
mengandung virus penyakit, daya tahan tubuh jadi menurun drastis, mudah
terinfeksi penyakit.
Lebih luas lagi
akan mempengaruhi lingkungan kita, menurut Ajaran Buddha “Wajah merupakan
cerminan hati, lingkungan berubah mengikuti perubahan pikiran”, hati dan pikiran mempengaruhi lingkungan kita.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 17 Mei 2010
現在這個社會,我們看看,像不像畜生?人有時候連畜生都不如,像不像餓鬼?像不像地獄?人間地獄!人活在這個世間不知道為什麼活的。人活在世間有什麼意義,有什麼價值?都不知道。不知道,他還是起心動念,還是有言語造作,他造作什麼?你細心觀察,起心動念、言語造作全是與三惡道相應。三惡道第一個業因貪瞋痴,你看是不是與這個相應?從他的方便來說,殺生、偷盜、邪淫、妄語,這是他們的方便,三惡道眾生的方便。這三句話的意思有多深!現代的科學家證明,用量子力學的理論證明,人的情緒會影響人身體健康。他們舉兩個例子,一個憤怒,一個是慈愛,心裡面存著有慈悲、愛的這種情緒,這個情緒影響我們身體裡面的細胞,它得到非常好的營養,免疫的能力大幅度的向上提升,他身體健康。如果是憤怒,他說憤怒產生的影響是負面的,讓這個細胞都帶成病毒,免疫能力大幅度的下降,很容易受外面病菌的感染。這是說人類的情緒,不能說跟身體沒關係,有密切關係。再推廣,推廣到環境,真的跟佛法講「相由心生,境隨心轉」,影響外面的環境。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四十二集) 2010/5/17
Diperumpamakan seseorang terserang penyakit kritis, segala cara
pengobatan juga tidak dapat membantunya, lantas apakah Buddha memiliki solusinya?
Kalau Buddha tidak punya solusi, maka
Buddha tidak bisa lagi dikatakan serba bisa.
Kita mengetahui bahwa jawaban Buddha adalah penuh kepastian,
masalahnya terpulang kembali apakah anda percaya atau tidak? Jika anda percaya
barulah bisa efektif; sebaliknya bila masih ada keraguan, mustahil bisa efektif.
Bila dikatakan lebih jelas lagi, Buddha hanya memiliki upaya
kausalya, Buddha tidak punya solusi, ini mesti dipahami. Lantas bagaimana
caranya supaya penyakit sembuh dan tubuh sehat kembali? Caranya adalah
keyakinan hati dan sikap mental anda sendiri.
Maka itu Buddha memiliki upaya kausalya, namun Buddha tidak memiliki solusi,
oleh karena penyelesaiannya ada pada diri anda sendiri, begitu sikap mental
diubah jadi positif, penyakit pun segera sembuh.
Buddha membabarkan padamu kebenaran dan fakta kehidupan, namun anda
sendirilah yang harus menjalaninya, anda sendirilah yang menentukan pilihannya.
Buddha membabarkan Dharma padamu, namun bila anda tidak percaya, Buddha juga
tak berdaya.
Buddha Dharma menyebutkan bahwa setiap manusia sesungguhnya adalah
Buddha, hanya saja sekarang dia lagi tersesat, bahkan sesatnya sungguh mendalam
dan waktunya sudah kelamaan. Tetapi tak peduli sesatnya sudah terlampau
mendalam dan kelamaan, namun pencerahan terletak pada sebersit niat pikiran
saja.
Di dalam sutra Buddha terdapat sebuah perumpamaan, ibarat rumah yang
diliputi kegelapan selama ribuan tahun, namun seunggun pelita dapat
meneranginya, hanya dengan seunggun pelita sudah dapat menerangi rumah
tersebut.
Rumah yang diliputi kegelapan selama ribuan tahun adalah
mengumpamakan dirimu yang sudah tersesat untuk jangka waktu yang panjang,
bahkan juga sangat mendalam, namun seunggun pelita (sebersit niat pikiran
tercerahkan) mampu melenyapkan kegelapan (kesesatan).
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 17 Mei 2010
我們講一個人得了重病,一切醫療的方法都不能幫助他,佛有沒有辦法?佛要是也束手無策,那佛就不是萬德萬能了,萬德萬能是讚歎的話,不是真實話。我們知道,佛法的答覆是肯定的,決定有,問題你相不相信?你真相信,它就真有效果;你對它有懷疑,它就不起作用。這個話如果說穿了,佛是真有方便,佛沒有方法,這要懂。把你重病恢復到健康,那方法是什麼?方法是你自己的信心、是你自己的心態。所以佛有方便,佛沒有方法,方法在你自己,你的心態要是一轉,你病就沒有了。你走到生死交叉點,這一條路是死路,這一條路是活路,你不走那一條走這邊,問題解決了。佛可以告訴你這些道理跟事實真相,路還得自己走,選擇的權是你自己。佛菩薩能教導你,你自己不能接受那沒辦法。所以哪個人不是佛?這佛法講得很清楚,每個人都是佛,只是現在迷惑了,迷得太深了,迷得時間太長了。可是迷得再深再長,果然覺悟是在一念之間。佛經上常常有個比喻,千年暗室,一燈就明,一盞燈就照明了。千年暗室是比喻你迷的時間長,你迷得很深,可是點一盞燈就照明了,黑暗就沒有了,這是佛告訴我們。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四十二集) 2010/5/17