Senin, 27 Agustus 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 April 2010 (Bgn 4)


Di Alam Sukhavati segalanya adalah serupa, satu-satunya yang berbeda hanyalah Bunga Lotus, mengapa demikian? Oleh karena ketrampilan melafal Amituofo setiap praktisi itu berbeda-beda. Bunga Lotus ada yang berukuran besar dan kecil, cahaya dan warnanya juga tidak serupa.

Maka itu penduduk Alam Sukhavati dapat melihat dengan jelas, praktisi yang namanya terukir di Bunga Lotus yang satu ini, belum lagi tiba ke sini. Dari mengamati besar kecilnya ukuran Bunga Lotus, juga dapat mengetahui sejauh mana ketrampilan melatih diri yang dimiliki oleh masing-masing praktisi. Bunga Lotus yang berukuran besar, cahayanya juga cemerlang, dapat dipastikan praktisi ini terlahir nanti di Alam Sukhavati, membutuhkan waktu yang cukup singkat untuk mencapai KeBuddhaan.

Di dalam Sutra, Buddha membabarkan pada kita, di alam saha kita melatih diri selama sehari, adalah setara dengan melatih diri di Alam Sukhavati selama 100 tahun. Jadi melatih diri di alam saha ini lebih cepat, namun bisa maju bisa juga mundur. Lain halnya di Alam Sukhavati, yang ada hanyalah kemajuan, takkan mundur sama sekali.

Selain itu di alam saha ini bila sudah meninggal dunia dan bertumimbal lahir lagi, ada rentang waktu di mana kita tidak tercerahkan, harus menanti hingga 20 tahun lagi barulah belajar lagi dari titik nol dan melanjutkan pelatihan diri, sedangkan penduduk Alam Sukhavati memiliki usia tanpa batas, maka itu di Alam Sukhavati dijamin pasti mencapai KeBuddhaan.  

Di alam saha ini lebih banyak duka daripada sukanya, tetapi merupakan tempat ideal buat melatih diri, setiap saat cobaan datang menerpa, setiap detiknya kita menjalani ujian, menguji sampai dimana ketrampilan melatih diri yang kita miliki.

Maka itu kala cobaan datang, janganlah meratapinya, berada dalam kondisi yang lancar dan menyenangkan takkan timbul kemelekatan; sebaliknya berada dalam kondisi yang banyak halangannya, takkan timbul kebencian. Mengapa demikian? Melatih hati yang suci dan setara barulah dapat tercerahkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 April 2010

極樂世界樣樣都相同,只有蓮花不相同,為什麼?每一個人念佛的功夫不一樣,蓮花大小不一樣,蓮花光色不一樣。所以極樂世界的人看得很清楚,這個蓮花的人還沒有來,先看到蓮花,在七寶池看蓮花,看這些,哪個人念佛功夫不錯,那個人念佛功夫差一點,他們在那裡都看得清楚。蓮花大、蓮花光色好,肯定他到西方極樂世界成佛很快,功夫用得深。

  經上佛告訴我們,在娑婆世界修行一天,抵得在西方極樂世界修行一百年。這個世界不錯!這個世界能讓我們快速成就;到西方極樂世界成就緩慢,這個地方快速。西方世界好處就是他壽命長,無量壽,沒有隔陰之迷,一生成就;這個世間波浪太大,頭出頭沒,生生死死,所以苦多樂少。但是要修行,這個地方真的是好修行,時時刻刻、分分秒秒都在考驗你的功夫。決定不生煩惱,順境裡面沒有貪戀,要把這個心斷掉,逆境裡頭沒有怨恨;換句話說,在順逆境界裡頭,無論是人事環境、是物質環境,修什麼?修清淨平等,覺不必提,清淨平等自然就覺了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十六集)  2010/4/30




 

Yang paling penting adalah sebersit niat pikiran terakhir saat menjelang ajal adalah Amituofo, barulah dapat terlahir ke Alam Sukhavati, maka itu kegiatan Zhunian amatlah penting, di mana pentingnya? Karena ditakutkan pasien saat menjelang ajal kehilangan pikiran benar (pikiran yang melafal Amituofo), makanya kita mengingatkannya supaya melafal Amituofo, supaya sebersit niat pikiran terakhirnya adalah Amituofo, maka dia pasti terlahir ke Alam Sukhavati.

Tak peduli sampai sejauh mana ketrampilan melatih diri yang dimilikinya, oleh karena sebersit niat pikiran terakhir adalah sedemikian pentingnya. Manusia awam saat menjelang ajal tidak memiliki kepastian dapat terlahir ke Alam Sukhavati, kekotoran batin dan tabiat bermunculan, sehingga kesempatan terlahir ke Alam Sukhavati jadi terlewatkan. Sepanjang hayatnya melafal Amituofo, namun sebersit niat pikiran terakhir adalah tidak sanggup melepaskan kemelekatan, kejadian begini sudah banyak kita jumpai.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 April 2010

最重要的是在你臨走的那最後一念是阿彌陀佛,你才能往生,臨命終時最後的一念是阿彌陀佛。所以助念就很重要,重要在哪裡?助念就是唯恐他最後一念忘掉了,我們用這個方法提醒,讓他最後一念是阿彌陀佛,他就決定往生。不管他這一生念佛的功夫怎麼樣,最後一念太重要了。人在最後一念往往沒有把握,煩惱習氣起現行,這個機會就失掉。念佛念一輩子,到最後一念他心裡有牽掛也不行,這些事情我們都是親身看見過的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十六集)  2010/4/30




 

Ada orang yang pahalanya besar sekali, sepanjang hidup banyak melakukan kejahatan, namun saat menjelang ajal bertemu dengan Kalyanamitra, yang menasehatinya supaya melafal Amituofo sehingga dia berhasil terlahir ke Alam Sukhavati. Padahal mulanya dia akan jatuh ke Neraka Avici, lihatlah, dari Neraka Avici mengantarnya ke Alam Sukhavati menjadi Buddha, sungguh luar biasa.

Hal begini memang ada, hanya saja langka sekali. Makanya praktisi pelafal Amituofo juga tidak boleh main taruhan, sekarang berbuat jahat dulu, nanti saat menjelang ajal baru mati-matian melafal Amituofo, masih sempat kok, kalau berpikiran demikian, maka anda sudah salah.

Betapa jahatnya pemikiran begini, ingin cari celah supaya dapat keuntungan dari Buddha Amitabha, ini sungguh memuakkan, ini tidak diperbolehkan, maka itu hal ini tidak boleh tidak dipahami. Jadi orang itu harus jujur, tulus, tidak boleh ada niat buruk sama sekali.   

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 April 2010

  下面舉這個例子,「如上說惡逆之人」,就是十惡五逆這種人,「十聲念佛」,他只念十聲,「第一聲是初念,第十聲則命終」,這也算是「從初發心直至命終均在持名」。這個人的福報太大了,一生作惡,臨終遇到善友,他還往生西方極樂世界去了。本來要墮落阿鼻地獄的,從阿鼻地獄,你看看,把他送到極樂世界去作佛去了,所以他符合一向念佛的宗旨,太殊勝了。這個我們不能不曉得,這個事情是有,很難得、很稀有。所以我們念佛人千萬不要有僥倖的心理,我現在做一點壞事還不要緊,臨終我還有辦法,我還來得及,那你就錯了。起這個念頭那是無比的惡念,要鑽阿彌陀佛本願的漏洞,這個是太可惡了,這是決定不容許的,所以這個我們不可以不知道的。人要老實、要誠懇,不能有一個惡念,有這個惡念就不好了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十六集)  2010/4/30