Akar kebijaksanaan
setiap makhluk tidak serupa, maka itu Buddha Sakyamuni membabarkan beragam
pintu Dharma. Bagaimana akar kebijaksanaan yang dimiliki oleh praktisi
tersebut, maka Buddha Sakyamuni akan membabarkan padanya pintu Dharma yang
sesuai untuknya. Tetapi beragam pintu Dharma ini pada akhirnya akan bermuara
pada Alam Sukhavati.
Di dalam hasil
karya tulis para Guru Sesepuh dan praktisi senior tempo dulu, kita dapat
menemukan bahwa seluruh pintu Dharma yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni
selama 49 tahun, bermuara pada Alam Avatamsaka. Sesampainya di Alam Avatamsaka,
Bodhisattva Manjusri dan Bodhisattva Samantabhadra akan membawa penduduk Alam
Avatamsaka pulang ke Alam Sukhavati, bersua dengan Buddha Amitabha. Hal ini
tercantum di dalam Avatamsaka Sutra.
Tindakan dari Bodhisattva
Manjusri dan Bodhisattva Samantabhadra merupakan maksud dari Buddha Vairocana (Buddha
pembimbing di Alam Avatamsaka), bila Buddha Vairocana tidak bermaksud
sedemikian rupa, Bodhisattva Manjusri dan Bodhisattva Samantabhadra tidak boleh
bertindak begini.
Buddha Vairocana
menyetujui dan bersukacita, mengapa demikian? Dengan belajar pada Buddha
Amitabha, mereka dapat mencapai KeBuddhaan dalam waktu singkat. Para Buddha
Tathagata berharap semua makhluk dapat segera mencapai KeBuddhaan, ini
merupakan tekad para Buddha Tathagata.
Maka itu ucapan
praktisi tempo dulu sungguh bagus, seluruh sutra dan sastra, menunjuk Alam
Sukhavati sebagai tempat berpulang, tiada satupun Dharma yang tidak bermuara ke
Tanah Suci Sukhavati.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 4 Mei 2010
眾生根性不相同,就像釋迦牟尼佛一樣,為他講一切經,他什麼樣根機跟他講什麼法門,但是到最後都導歸極樂。我們在祖師大德報導當中看到,世尊一生四十九年所說的一切法門,最後歸哪裡?歸《華嚴》,歸華藏。華藏最後,文殊、普賢二大菩薩,率領著華藏會上四十一位法身大士,去拜訪阿彌陀佛,導歸極樂,在《華嚴經》上看到的。文殊、普賢這個舉動,當然是毘盧遮那佛的意思,毘盧遮那佛沒有這個意思,文殊、普賢不可以這樣做法。毘盧遮那贊同,毘盧遮那佛歡喜,為什麼?親近阿彌陀佛就快速成就。諸佛如來巴不得一切眾生立刻就成佛,這是諸佛如來的本願。所以古德說得好,千經萬論,處處指歸,沒有一法不歸淨土。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二十九集) 2010/5/4