Rabu, 10 Oktober 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Mei 2010 (Bgn 1)


Setiap hari kita melafal Amituofo, apakah ini disebut melatih samadhi? Betul. Kita menggunakan cara mengulang nama Buddha untuk melatih samadhi, banyak orang yang tidak mengetahuinya.

Kita menggunakan metode melafal Amituofo untuk mencapai kesucian, hati yang suci adalah samadhi. Ketrampilan samadhi ini tidaklah tinggi, setara dengan tingkatan Arahat, sudah dapat melampaui enam alam tumimbal lahir.

Lebih maju setingkat lagi adalah ketrampilan samadhi yang setara dengan tingkatan Bodhisattva, yakni hati yang setara. Hati yang setara merupakan pencapaian Bodhisattva, semua ini merupakan samadhi.

Setelah samadhi tercapai maka terbukalah prajna (kebijaksanaan), disebut penerangan sempurna, menemukan kembali jiwa sejati, mencapai KeBuddhaan.

Prajna (kebijaksanaan) sejak semula sudah ada di dalam jiwa sejati, seperti yang disebutkan di dalam Avatamsaka Sutra, Buddha Sakyamuni membabarkan kepada kita bahwa “Setiap makhluk memiliki kebijaksanaan, kemampuan kebajikan dan rupa yang sama dengan Tathagata”.

Maka itu di dalam jiwa sejati telah sempurna akan kebijaksanaan, kemampuan kebajikan dan rupa yang bagus, tanpa adanya jodoh dia takkan muncul ke permukaan, kondisi batin yang ditampilkannya disebut Nitya-sthita (Tanah Suci tingkatan tertinggi di Alam Sukhavati).

Namun sekarang kita sedang tersesat, sehingga diliputi kegelapan batin atau Avidya. Maka itu para ilmuwan melihat jagat raya ini adalah hamparan gelap yang dihiasi terangnya bintang-bintang.

Menurut Buddha Dharma, bila Avidya telah dihancurkan, maka dapat menemukan kembali jiwa sejati, anda akan melihat bahwa jagat raya sesungguhnya adalah terang benderang, bukanlah gelap gulita.

Sekarang kita melihat malam hari adalah gelap gulita, ini dikarenakan kita masih belum menghancurkan Avidya; kelak bila kita telah berhasil memecahkannya, maka baik siang maupun malam, anda hanya akan melihat langit yang terang benderang, tiada kegelapan lagi, ini dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni kepada kita semuanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Mei 2010

Empat tingkatan Tanah Suci di Alam Sukhavati :

我們今天念佛這個法門,天天念阿彌陀佛是不是修禪定?是的。我們是用執持名號的方法修禪定,許多人不知道,你看看我們這個經的經題,你就曉得,是修禪定。我們用念佛的方法達到什麼境界?達到清淨,清淨心就是禪定。這個禪定功夫不高,相當於阿羅漢,能超越六道輪迴。再深一層的是菩薩的禪定,平等心,平等心是菩薩成就的,這都是定。定功到一定的程度智慧就開,叫大徹大悟、明心見性,那就成佛了。那是我們經題後頭那個覺,那個覺是無上正等正覺,智慧開了。智慧是自性本有的,《華嚴經》上說得好,說得很清楚,釋迦牟尼佛告訴我們,「一切眾生皆有如來智慧德相」。所以自性裡面有圓滿的智慧、有圓滿的德能、有圓滿的相好,它沒有緣它不現,它現出的境界那叫常寂光,常是永恆不變,寂是清淨寂滅,相是一片光明。我們現在迷了,迷了常寂光就變成無明,無明是什麼?無明是黑暗。所以現在的科學家知道,宇宙是黑暗的,一片漆黑,光明從哪裡來?光明是從恆星放光,是從這麼來的。在佛法裡面講如果你無明破了,你破了無明你見到自性,你看到宇宙是明亮的,宇宙不是黑暗的。我們今天看到晚上,天還是黑的,那就是我們無明沒破;無明哪一天破了,你完全看到是明亮的,不是黑暗的,這是佛告訴我們的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十五集)  2010/5/20

 


 

Sekarang kita melihat malam hari adalah gelap gulita, ini dikarenakan kita masih belum menghancurkan Avidya; kelak bila kita telah berhasil memecahkannya, maka baik siang maupun malam, anda hanya akan melihat langit yang terang benderang, tiada kegelapan lagi, ini dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni kepada kita semuanya.

Perubahan ini disebabkan oleh niat pikiran kita, seperti kejadian yang dialami oleh Master Xuyun sendiri yang tercantum di dalam buku biografi-nya.

Suatu hari Master Xuyun sedang melewati Imlek di gubuknya yang berada jauh dari vihara, segala keperluan hidupnya disalurkan dari vihara, oleh karena bertepatan pada perayaan Imlek, makanya Master berjalan ke vihara untuk mengambil beberapa bahan pangan untuk dibawa pulang ke gubuknya.

Saat senja tiba dia berjalan pulang dari vihara ke gubuknya, oleh karena jarak yang jauh, sehingga di tengah perjalanan hari sudah malam, dia melihat ada 2 orang Bhiksu yang berjalan sambil membawa lampion.

Mereka menyapa Master Xuyun : “Hari sudah gelap, kenapa anda berjalan tidak membawa lampion?”

Mendengar hal ini Master Xuyun baru menyadari ternyata hari sudah malam. Dia jadi keheranan, kenapa tadinya tidak merasa gelap sama sekali, begitu ada yang mengatakannya, dia baru sadar dan merasa langit sudah hitam kelam.

Dalam benaknya jadi timbul perbedaan, sekarang dia baru merasakan suasana di sekitarnya jadi gelap gulita. Sebelum ada orang lain yang mengingatkannya, dia senantiasa merasa suasana di sekelilingnya adalah terang benderang. Maka itu segala perbedaan itu terletak pada sebersit niat pikiran. 

Pada permulaannya di hati Master Xuyun adalah suci, tiada perbedaan, tiada kemelekatan, dia melihat langit senantiasa terang, namun begitu sebersit niat pikiran muncul, lingkungan berubah menuruti perubahan hati, mengikuti perubahan niat pikiran.

Maka itu setelah Avidya (kegelapan batin) dimusnahkan, kita hanya akan melihat semesta alam yang terang benderang, tiada kegelapan lagi.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Mei 2010

我們今天看到晚上,天還是黑的,那就是我們無明沒破;無明哪一天破了,你完全看到是明亮的,不是黑暗的,這是佛告訴我們的。
  這個變化,實在講都是屬於念頭,我們在《虛雲老和尚年譜》看到有一樁事情,這記載我們相信它不是假的,一定是真的,老和尚不會說假話。老和尚有一年過年,因為他住茅蓬,茅蓬距離寺院不遠,他的生活必需品是由寺院供給,過年到寺廟裡面去拿一點吃的東西帶回來。應該是黃昏的時候他就回他的茅蓬,回茅蓬走路也要走一段時間,走到半路上,遇到寺廟裡面兩個出家人都很熟,他們手上拿著燈籠,燈籠是點燃的,遇到了。遇到這兩個人就問老和尚,他說:老和尚,天都這麼黑,你怎麼不帶個燈?老和尚聽到這句話,天突然就黑了。他說怎麼回事?我沒有感覺到黑,這一聽突然就黑了。他起了個分別念頭天黑,果然是黑的。沒有人提醒他,他出來那個樣子,他永遠保持那個樣子,所以他看是明亮的。這境界不相同,都在人的一念。所以他清淨心,他沒有分別、沒有執著,他就是那個樣子,保持那個樣子,能保持住,一動念頭的時候就變了,境隨心轉,這一點都不錯,隨著念頭轉。這念頭呢?念頭是阿賴耶,阿賴耶能變,如果不用阿賴耶就不會變,轉識成智這就開悟,你就再也見不到黑暗,這一片光明,大乘教裡面講「大光明藏」,就是這個意思。所以我們知道,晚上看到黑暗的時候,就曉得無明沒破。你破了執著、破了分別,無明沒破依舊看這個天空是黑暗的,破了無明那就不一樣。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十五集)  2010/5/20


 

 
 
Buddha Sakyamuni membabarkan pada kita di penjuru barat ada sebuah tempat yang bernama Alam Sukhavati, Buddha Amitabha sedang membabarkan Dharma di sana.

Buddha Amitabha merupakan sosok yang nyata adanya, merupakan Guru Pembimbing di Alam Sukhavati. Di Alam Sukhavati tidak ada yang disebut Raja, jadi negeri ini bukan berbentuk kerajaan. Lantas bagaimana gambaran Alam Sukhavati tersebut?

Alam Sukhavati merupakan sebuah taman pendidikan, di sana hanya ada Guru dan siswa, kegiatan di sana adalah belajar mengajar, mewujudkan kebijaksanaan terunggul nan sempurna. Maka itu dari sinilah kita bangkitkan keyakinan hati kita.

Kalau tidak dijelaskan secara rinci, keyakinan hati ini sangat sulit dibangkitkan. Setelah membangkitkan keyakinan hati maka harus membulatkan tekad.

Mengapa kita mesti terlahir ke Alam Sukhavati? Tak lain adalah demi menemukan kembali jiwa sejati, demi menyempurnakan Jalan KeBuddhaan, oleh karena sesungguhnya Anda adalah Buddha.

Untuk apa mesti jadi Buddha? Demi membantu semua makhluk supaya mereka juga mencapai KeBuddhaan, ini sangat penting. Hanya dengan mencapai KeBuddhaan, barulah Anda dapat mengajar dengan sempurna, para makhluk dengan akar kebijaksanaan yang berbeda-beda, Anda mampu mengajari mereka semuanya.

Dengan memiliki kebijaksanaan, kemampuan kebajikan, kemampuan gaib, kekuatan, barulah Anda dapat mengajar dengan bagus. Maka itu dikatakan dari pemahaman timbul keyakinan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Mei 2010

我相信釋迦牟尼佛不會打妄語,他給我們介紹娑婆世界的西方有這麼一個地方,阿彌陀佛在那邊教學,一定是真的不是假的。阿彌陀佛確實有這個人,在那裡主持教學。極樂世界沒聽說有國王,所以它不是一個國家,它沒有國家的組織。它是什麼?它是個校園,極樂世界只有老師、只有學生,所以它跟一般宗教不衝突。一般宗教是個國家,它們有國王、有天主、有上帝;西方極樂世界沒有,這我們要搞清楚、搞明白,它是個校園,非常廣大的校園,到那個地方是求學,成就究竟圓滿的智慧,所以從這裡生信心。沒有講透,沒有講明白,這信心很難生得起來,信心生起來那就得發願。為什麼要生極樂世界?沒有別的,為了回歸自性、為了圓成佛道,圓成佛道是應該的,因為你本來是佛。成佛是為什麼?成佛是為了幫助一切眾生都成佛,這個重要。唯有成佛你的教學才達到究竟圓滿,什麼樣的眾生你都有辦法教他,你有智慧,你有德行、有神通、有能力,你才把人教好。所以信,從解生信。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十五集)  2010/5/20