Kamis, 23 Agustus 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 April 2010 (Bgn 7)


Jaman dulu di Tiongkok, profesi yang dihormati di dalam masyarakat, selain guru adalah dokter. Dokter mengobati orang tidak minta bayaran, karena misinya adalah menyelamatkan nyawa orang, mana boleh minta bayaran? Setelah berhasil menyembuhkan penyakit pasien, keluarga pasien akan memberikan imbalan sesuai dengan kemampuannya, dokter takkan memintanya sendiri.  

Keluarga yang lebih mampu, akan memberi imbalan yang lebih banyak, demikian pula sebaliknya, sedangkan keluarga yang benar-benar kekurangan, dokter malah akan menyumbang obat kepada mereka, maka itu mengapa profesi ini dihormati masyarakat.

Tidak seperti sekarang ini, masa kini keuntungan yang diutamakan, saya dengar ada rumah sakit yang menempatkan pasien sekarat di depan pintu gerbang, kalau tidak punya uang maka mereka takkan sudi mengobatinya. Hal ini sungguh berbeda dengan moral dokter tempo dulu, sekarang etika dokter sudah diabaikan.

Sementara yang jadi guru, saya dengar mereka buka kelas private di rumahnya, di sekolah cuma mengajar ala kadarnya saja, jadi kalau mau lebih jelas harus ikut kelas private, tentunya bayar dulu.    

Maka itu bagaimana dunia ini tidak dilanda bencana? Sampai-sampai dua profesi yang begitu dihormati masyarakat, sudah tercemar moralnya. Maka itu kekacauan masyarakat dan bencana, ada alasannya. Dengan menemukan penyebabnya barulah ada solusinya, dunia ini barulah tenteram.  

Segalanya harus dimulai dari  diri sendiri, insan suci dan bijak jaman dulu berkata “Ketika bertemu masalah, solusinya tanyakan kembali pada diri sendiri”, jangan harap orang lain, kalau mengharapkan orang lain maka tidak ada yang bisa diwujudkan, anda akan kecewa, harus dimulai dari diri sendiri. Diri sendiri serius mengamalkannya, pasti ada hasilnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 April 2010

中國古時候,一個是教書的,叫夫子,古時候叫夫子,就是老師,另外一個就是醫生,大夫,這是被人尊重的。醫生幫人醫病是不要錢的,他是救命的,怎麼能要錢?病醫好了,看你家的環境,送一點禮報酬他,他不會主動問你要的。你家環境好的多送一點,環境差的少送一點,實在很困難的,醫生連醫藥都布施,所以受人尊敬。不像現在,現在是唯利是圖,我聽說醫院,病重的人在門外,沒有錢的時候都不治。這跟從前古時候的醫道差別就太大了,現在有醫沒道,從前有醫有道。現在還有一個,做老師的聽說開補習班很賺錢,學校課講一半不講了,留著是你一定上我補習班,我再把那一半補出來,那要錢,開學店。所以這個世間怎麼會沒有災難?連這兩種人都保不住,都被嚴重染污了。在從前,這兩種人沒染污,真是清淨,受人尊敬。

所以社會的動亂、災難頻繁,是有道理、有原因的,這些原因我們應當把它找出來,如何把原因消除,這個世間就會得到安定。一切都要從自己做起,中國古聖先賢教給我們,「行有不得,反求諸己」,不要求別人,求別人絕對做不到,你會失望,要從自己做起。自己認真去做,會有效果,真幹就有效果。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十三集)  2010/4/27

 


 

Alam Sukhavati di penjuru barat merupakan sebuah universitas, anda tidak mungkin jadi mahasiswa abadi di sana, setelah menyelesaikan perkuliahan, anda harus menjadi staf pengajar!

Alam Sukhavati merupakan universitas dan bukan rumah tempat kediamanmu. Anda tidak mungkin berada selamanya di sana, kalau sudah tamat belajar tapi tidak mau mengabdi jadi staf pengajar, maka Alam Sukhavati takkan mau menerima dirimu.

Jadi mesti kuliah dulu, setelah tamat kuliah barulah menuju Dasa Dharmadhatu (Sepuluh Alam Dharma), menuju ke alam para Buddha di sepuluh penjuru dan semesta alam, untuk menyelamatkan para makhluk di enam alam tumimbal lahir.

Di Alam Sukhavati, dirimu dibimbing sampai berhasil mencapai KeBodhian tertinggi tiada taranya, yakni mencapai KeBuddhaan dengan sempurna, barulah anda diijinkan pergi ke berbagai alam untuk membabarkan Dharma.

Saat itu anda akan menemukan lahan pengabdian diri, dimanakah tempat tersebut?  Seluruh Dasa Dharmadhatu dan semesta alam merupakan lahan pengabdian diri, membantu semua makhluk yang tersesat agar menemukan kembali Jiwa KeBuddhaannya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 April 2010


西方極樂世界是學校,人家設備很好,一切齊全。你不能到那裡去就不走了,那成什麼話!那是學校,那不是你的家。你想那是我的老家,我去了之後永遠不離開,有這個念頭去不了,它不收你。一定是去上學,學出來之後要到十法界,法界虛空界一切諸佛剎土的六道裡頭去幫助眾生,去教學。在那裡要培訓,一定培訓你證得無上菩提,也就是究竟的佛果,然後你才離開,你才到各處去教化眾生。那個時候,你真的把家找到了,家在哪裡?遍法界虛空界是自己的家。所有一切眾生跟自己是一體,你自然會把這些迷惑顛倒的眾生幫助他回歸自性。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十三集)  2010/4/27


 

 


Setelah menemukan kembali jiwa sejati, kita takkan terpengaruh lagi oleh segala daya pikat, mengapa demikian? Oleh karena anda telah tercerahkan, batinmu takkan tercemar lagi.

Hari ini kita masih begitu mudah terpengaruh, ketika godaan datang, kita langsung melambaikan bendera putih padanya. Anda begitu handal menceramahkan pendidikan Etika Moral, tetapi begitu ketenaran dan keuntungan ada di depan mata, anda langsung goyah, sudah tahu tidak boleh masih juga melanggarnya, keserakahan mengalahkan akal sehat!  

Sebaliknya kalau benar-benar tercerahkan, menyadari bahwa ketenaran dan keuntungan hanyalah khayalan semu, begini barulah hebat, menyuruhmu jadi kaisar, apakah anda bersedia? Tidak mau. Oleh karena anda tahu bahwa menjadi kaisar mudah melakukan karma buruk.

Menjadi kaisar yang baik tidak ada ganjarannya karena memang sudah kewajibanmu, sebaliknya kalau tidak baik maka jatuh ke alam penderitaan, jadi hitung-hitung ini bukanlah hal gampang.

Lantas bagaimana pula dengan keuntungan yang menggiurkan? Hal ini juga mesti kembali melihat apakah anda memiliki pahala yang cukup untuk menikmatinya? Kalau pahala tidak mencukupi, maka kekayaan yang diperoleh malah mendatangkan petaka. Pahala ditimbun dari masa kehidupan lampau.

Maka itu apa yang tidak patut didapatkan, janganlah mengejarnya; orang lain menghadiahkannya padamu, juga jangan dihendaki, dia sama juga memberimu petaka, apakah anda berani menerimanya?

Hal begini membutuhkan kebijaksanaan, memahami Hukum Sebab Akibat. Ketika ketenaran dan keuntungan ada di depan mata, hati tetap teguh tak tergoyahkan, takkan timbul niat pikiran.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 April 2010

回歸自性,會不會對自己有影響?給諸位說,毫無影響,為什麼?他真的覺悟了,他不染污了。我們今天有影響,功夫不夠的話,境界現前敵不過。你說倫理教育、道德教育不錯了,可是遇到高名厚利把握不住,明知故犯,他還起貪心。不容易!真的覺悟了,知道這個東西是假的,高名,叫你做總統,你要不要去做?不幹。古時候叫你做皇帝,逃得遠遠的。為什麼?因為他懂因果,知道這個位子不好幹,你要是做不好,你將來有惡報,你在這個職位上一定要把它做好。做好也沒有功,為什麼?你應該要做的;做不好,你一定會墮落,不是容易事情。厚利,你有沒有那麼大的福報?你要沒有那個福報,財富來了災難就來了,沒有那麼大的福。福是你前世修的,這個自己一定要知道,不應該得的決定不要去求;人家給你,你都不能要,給你那是禍害,你敢要嗎?這個有智慧,懂因果,名聞利養放在前頭如如不動,不會起心動念,這就對了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十三集)  2010/4/27




 

Baru-baru ini ada praktisi yang memberiku sebuah buku, pada jaman dahulu kala, Caesar Roma pernah mengutus pasukan tentara sebanyak lebih dari seratus ribu orang untuk menginvasi Tiongkok. Mereka menempuh perjalanan dengan berkuda dan berjalan kaki, melewati hutan belantara dan gurun pasir, betapa susahnya.

Alhasil sesampainya di Tiongkok, ada yang sakit dan ada yang meninggal dunia, yang masih hidup juga sudah tak berdaya, melalui beberapa kali pertempuran, satu persatu gugur di medan perang. Mereka meninggal di Provinsi Gansu.

Arwah para prajurit Roma ini masih gentayangan, menjadi pasukan prajurit hantu, kemudian mereka bertemu dengan seorang Bodhisattva. Bodhisattva ini mengasihani mereka, setiap bulan che-it dan cap go, memberi mereka sedikit makanan.

Lalu bilang pada mereka, di sini adalah wilayah Tiongkok, buat apa kalian datang kemari? Kalimat ini memiliki makna yang sungguh mendalam! Di dalam garis hidup kalian, tidak ada lahan ini, tetapi anda memaksakan diri untuk menginvasinya, makanya pasukan kalian gugur semuanya, wilayah ini bukan milik kalian.  

Hal ini mengungkapkan dengan jelas, wilayah yang dapat direbut dengan cara paksa atau perang, itu karena memang ada dalam garis hidupmu, bukankah anda ini sungguh kasihan?

Saya langsung teringat akan Bangsa Jepang yang menginvasi Tiongkok, setelah bertempur selama 8 tahun, akhirnya juga melambaikan bendera putih. Tiongkok bukan miliknya, dia tidak punya pahala begini!

Barulah kita menyadari apa yang dikatakan praktisi jaman dulu sebagai “Seteguk air yang diminum dan sepotong makanan yang digigit, sudah ditetapkan sebelumnya”, apa yang tidak ada di dalam garis hidup, meskipun anda menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya, takkan mungkin bisa berhasil; sebaliknya kalau ada di dalam garis hidup, anda tidak perlu mengejarnya, saatnya tiba dia akan datang padamu. Jadi buat apa memohon-mohon? Ketika di hati kita tidak ada permohonan lagi, hati pun jadi tenang, baik-baik melatih diri.

Kalau memang anda bersikeras mengejar harta kekayaan dan popularitas, maka di dalam Ajaran Buddha juga ada caranya. Anda ingin jadi hartawan? Berdanalah dulu. Anda ingin jadi cerdas dan bijak? Lakukanlah Dharma Dana. Anda ingin sehat dan panjang umur? Lakukanlah Abhaya Dana (menghilangkan ketakutan di hati para makhluk).

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 April 2010


  最近有個同學送給我一本書,是羅馬凱撒派了一支軍隊,十多萬人侵略中國。你看從羅馬,那個時候是走路,有騎兵,但不是十萬人完全是騎馬的,所以他們騎馬換著騎,一半走路一半騎馬。你想想看從羅馬到中國,還要翻過叢林,還要經過大沙漠,你說那多辛苦。所以十萬人到中國來,就差不多病的病、死的死,一大半就沒有了,打了幾次仗也死了不少人。所以到中國,人就不多了,最後全軍覆沒,都死在中國甘肅,這個書報告這個故事。這些人靈魂不散,它那個軍團還在,那是鬼,不是人了,苦不堪言,苦死了。遇到個菩薩,菩薩可憐他們,每個初一、十五送一點東西給他們吃,布施給他們。告訴他們,中國不是你們的地方,你來幹什麼?這句話意思很重!你命裡沒有這塊土地,你到這個地方來,所以你全軍覆沒,不是你的。這就說明,用戰爭的手段打得的,還是你命裡有的,你說你冤不冤枉?我立刻就聯想到日本人侵略中國,打了八年,最後投降。中國不是他的,他沒有這個福報!才曉得古人講的「一飲一啄,莫非前定」,命裡沒有的,用什麼方法你都奪不來,都得不到;命裡有的,你不用方法,到時候它就來了。求什麼?不需要求,心就定了,好好的修德。你真的想求,求財富、求功名、求富貴,「佛氏門中,有求必應」,佛教我們怎麼求?布施。你想得財富,修財布施,愈施愈多;你想聰明智慧,修法布施;你想健康長壽,修無畏布施。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十三集)  2010/4/27