Hidup di dunia ini,
sebelumnya telah kita bahas bahwa segala doa dapat terkabulkan, tak peduli
apakah anda memohon kekayaan, kecerdasan maupun usia panjang, tidak ada satupun
yang takkan terkabul, asalkan anda mengikuti cara yang telah disebutkan di
dalam Buddha Dharma.
Tetapi masalahnya
kadang kala doa kita malah tidak terkabul, mengapa demikian? Cara ini saya pelajari
dari Master Zhangjia ketika usiaku 20 sekian tahun, ketika doa tidak terkabul,
guru menjelaskan padaku, ini dikarenakan diri sendiri memiliki rintangan karma,
sehingga menutupi mukjizat tersebut.
Makanya rintangan karma
mesti dihapus terlebih dulu, barulah mukjizat dapat muncul ke permukaan. Saya
bertanya pada guru, bagaimana caranya menghapus rintangan karma? Yakni
bertobat.
Bagaimana caranya
bertobat? Guru menjawab, “Buddha Dharma menitikberatkan pada spiritual dan
bukan pada ritual”, jadi pertobatan secara formalitas tidaklah penting, yang
penting adalah tidak mengulangi melakukan kesalahan lagi.
Saya menyadari
kesalahanku dan bertekad takkan mengulanginya lagi, inilah yang dikatakan orang
Tiongkok sebagai “Tidak mengulangi kesalahan untuk kedua kalinya”, begini
barulah disebut sebagai bertobat.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 7 Agustus 2010
這個世間,我們前面都講得很多,求財富得財富,求聰明智慧得聰明智慧,求長壽得長壽,沒有一樣你求不到的,你只要依照佛講的道理、方法你去求,有求必應。可是我們有時候求不應,那怎麼回事情?這些法都是我在二十幾歲跟章嘉大師學的,他老人家很慈悲,常常教我。你求,沒有感應的時候,老師說不是沒有感應,是你自己有業障,把這個感應障礙住;如果把業障懺除,感應就現前,不是沒感應。我向老師請教,這業障怎麼個除掉的法?他告訴我懺悔。講到懺悔,大師告訴我,「佛法重實質不重形式」,教我這個法門,形式上的懺悔不重要,要是從實質上,實質是什麼?實質是後不再做。我知道自己做錯了,我也能懂了,就是中國人講的「不貳過」,那就真懺悔,不在形式上。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一0一集) 2010/8/7
Setelah bertobat
dan menghapus rintangan karma, maka segala doa akan terkabul. Kemudian kami
jadi mengerti, apabila kita memohon kekayaan dan kecerdasan, tetapi untuk
kepentingan diri sendiri, maka takutnya takkan ada mukjizatnya; sebaliknya
apabila kita memohon kekayaan dan kecerdasan demi mengabdi untuk kepentingan
semua makhluk, guna membantu orang-orang yang kesusahan, begini barulah ada
mukjizatnya.
Lihatlah, kalau
berdoa bukan buat kepentingan diri sendiri, barulah efektif, apa alasannya?
Andaikata demi kepentingan diri sendiri, pergi memohon pada Buddha dan
Bodhisattva, ternyata bisa efektif, kalau begini, bukankah Buddha dan
Bodhisattva telah mengajarimu jadi orang egois? Mustahil bukan?
Justru yang memotivasi-mu
jadi orang egois itu adalah siluman, mara dan setan jahat lainnya, sedangkan
Buddha dan Bodhisattva takkan mengajarimu begini.
Buddha dan
Bodhisattva akan memotivasi-mu supaya bertindak serupa denganNya, satu hati,
satu tekad, satu pemahaman, satu pengamalan denganNya, begini barulah segala
doa dapat terkabul.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 7 Agustus 2010
懺除業障,然後有求必應。於是我們就明白,如果我們求財、求智慧,都是自私自利去求,恐怕都沒有感應;如果我們求財、求智慧是為眾生服務,幫助這些社會上苦難眾生,那就有感應。你看,不為自己才行,為什麼?這個理我們能想得通,不是很深。如果說為自私自利,去求佛菩薩都有感應,那佛菩薩不是鼓勵我們自私自利嗎?不是在教我們為非作惡嗎?那哪有這種佛菩薩?妖魔鬼怪才幹這個事情,佛菩薩不會幹這個事情。佛菩薩肯定我們的心行要跟他接近,跟諸佛菩薩同心、同願、同解、同行,那就肯定感應,沒有不感應的。所以《大集經》上這句話意思很深,指出佛法修學的總方向跟總目標。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一0一集) 2010/8/7
Manusia secerdas apapun di dunia ini, apakah mereka dapat memahami
makna dibalik sutra Buddha? Tidak dapat memahaminya. Apa alasannya? Oleh karena
sutra Buddha mengalir dari dalam jiwa sejati (jiwa KeBuddhaan).
Lantas siapakah yang dapat memahaminya? Insan yang kian dekat dengan
jiwa sejati, akan kian sanggup memahaminya. Bagaimana caranya supaya bisa makin
dekat dengan jiwa sejati?
Yakni menghapus segala tabiat buruk, contohnya tidak berbakti, tidak
menghargai persaudaraan, tidak setia, tidak dapat dipercaya, tidak bersusila,
tidak benar, tidak jujur, tidak tahu malu. Ini merupakan kekotoran batin dan
tabiat yang sudah dipelihara sejak kalpa tanpa awal.
Asalkan kita dapat melenyapkan tabiat jelek ini sampai
sebersih-bersihnya, barulah jiwa sejati akan muncul ke permukaan. Barulah
kualitas batin kita kian meningkat, kita dapat mencapai kondisi batin insan
suci dan bijak, lebih maju lagi, kita akan memperoleh kesempurnaan yakni
mencapai KeBuddhaan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 7 Agustus 2010
大經大論這上面說,「佛法無人說,雖智莫能解」,世間絕頂聰明智慧的人能不能解佛經意思?不能解。什麼原因?它是自性流露的。什麼人能解?跟自性愈接近的人,他就愈能夠理解。怎樣跟自性接近?要把自性反面這些東西,這些虛妄都要把它淘汰掉。哪些是反面的?拿中國這個例子來說,不孝、不悌、不忠、不信、無禮、無義、無廉、無恥,這是反面的,這大家很明顯,這是什麼?無始劫來的煩惱習氣。我們能把這些習氣遠離掉,洗刷乾淨,我們的性德就現前。再能夠不斷向上提升,我們也能達到聖賢的境界,再向上提升達到圓滿,那就是佛的境界。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一0一集) 2010/8/7