Sabtu, 01 September 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Mei 2010 (Bgn 2)


Tahun-tahun belakangan ini, banyak orang yang ingin mempersembahkan vihara padaku, saya sangat berterimakasih, apakah saya boleh menerimanya? Bukan demi kepentingan diri sendiri, andaikata vihara ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat setempat, saya akan mendukungnya dari satu sisi, agar Dharma sejati dapat menetap di tempat tersebut, memberi manfaat bagi para makhluk, ini merupakan hal yang bagus!

Saya tidak boleh memikirkan kepentingan diriku sendiri, vihara yang terlampau banyak, nantinya malah menjadi serupa dengan toko bercabang. Itu namanya buka toko Buddha, yakni Ajaran Buddha yang berubah jadi ladang bisnis, diri sendiri bukan lagi menjadi siswa Buddha, malah berubah jadi Juragan, ini sudah sesat.   

Dalam pandangan sebagian besar orang, ketika insan lain datang mempersembahkan vihara, andaikata anda jadi terbuai, maka kesesatan itu akan kian mendalam. Padahal mulanya bisa menjadi Buddha, sekarang malah hanyut dalam buaian dan jatuh ke tiga alam penderitaan.

Maka itu Guru Sesepuh sering kali mengingatkan para praktisi : “Benarkah anda sudah paham?”, maknanya adalah anda paham tidak? Kalau sudah paham, maka tak peduli dalam kondisi suka maupun duka, anda juga dapat meningkatkan kemajuan batin dan menyelamatkan para makhluk.

Sebaliknya kalau tidak paham, maka kondisi yang menyenangkan hanya akan menyebabkan kemerosotan batin, membuatmu kian tersesat, mendukungmu berbuat jahat, kemudian menerima buah karmanya.

Masalahnya terletak pada anda paham tidak? Apakah anda sudah tercerahkan? Insan yang tercerahkan takkan mencelakai orang lain, sebaliknya orang yang sesat, meskipun berbaik hati namun juga mencelakai orang lain.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Mei 2010

我在這些年當中,有很多人要送道場給我,我很感激。我能不能要?不為自己著想,如果這個道場能利益這個地方,我從旁協助它,讓它在這個地方正法久住,利益社會,利益眾生,好事情!我不能為自己,為自己是私心,道場多了,不就變成連鎖店一樣嗎?那是開佛店,那就變成企業的佛教,自己不是做如來弟子,去當老闆去了,那就錯了,又迷了。所以一般人看,好境界,好事,看別人送來,如果你要是迷的話,就迷在那裡,愈迷愈深。本來你可以成佛作祖,現在這一迷,又到輪迴,又到三途去了。所以祖師常常提醒人,也常常在勘驗人,說你「會麼?」這兩個字的意味深長,你會不會?你要真的會,無論順境逆境、穢土淨土,都能提高自己的境界,都能夠普度眾生。要不會,順境逆境都幫助你墮落,都幫助你迷惑,都幫助你造業,造業後頭有受報。問題你會不會?你是不是真的覺悟?覺悟的人決定不害人,沒有覺悟的人,好心往往也害了人。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十集)  2010/5/5




 

Insan tercerahkan akan memperlakukan semua orang dengan tulus, apa alasannya? Untuk membantunya supaya tercerahkan. Meskipun dia berniat mengelabuimu, mencelakaimu, juga tidak masalah, namun anda tetap bersikap tulus padanya.

Saat menjelang ajal, bayang-bayang masa silam akan kembali muncul di alam pikirannya, sepanjang hidupku ternyata masih ada orang yang sudah kubohongi namun masih bersikap tulus padaku, di dunia ini ternyata masih ada insan berhati mulia. Pikiran bajik ini membantu-nya menanam akar kebajikan di Alaya-vijnana (Gudang kesadaran)-nya.

Insan yang tercerahkan mengetahui bahwa semua makhluk memiliki Benih KeBuddhaan, semua makhluk pada mulanya adalah Buddha, sekarang dia menciptakan karma buruk, tidak apa-apa, mengapa demikian? Itu adalah tabiatnya, kita jangan menghiraukan tabiatnya, tapi pandanglah jiwa sejatinya, ini merupakan pemikiran pertama Buddha dan Bodhisattva dalam menyelamatkan para makhluk.

Bahkan makhluk yang menjalani siksaan di Neraka Avici saja dapat mencapai KeBuddhaan, andaikata dia bertemu dengan Pintu Dharma Tanah Suci. Apakah mungkin dia dapat terlahir ke Alam Sukhavati? Tentu saja bisa!

Pintu Dharma Tanah Suci, tak peduli anda ini orang baik atau jahat, tak peduli akar kebijaksanaan bagaimana yang anda miliki, asalkan anda bersedia yakin dan bertekad, maka sudah memenuhi syarat terlahir ke Alam Sukhavati.

Master Ou-yi berkata, berhasil tidaknya seseorang terlahir ke Alam Sukhavati adalah tergantung pada ada atau tidaknya keyakinan dan tekad yang dimiliki; sedangkan terlahir pada Bunga Teratai tingkatan tinggi atau rendah, adalah tergantung pada dangkal atau dalamnya ketrampilan melafal Amituofo yang dimiliki.

Setiap makhluk memiliki kesempatan yang sama, memiliki harapan yang sama, yakni berhasil terlahir ke Alam Sukhavati. Pintu Dharma ini terlampau menakjubkan, unggul tiada bandingnya!

Ucapan Master Yin Guang berikut ini sangat bagus, jika mengabaikan Pintu Dharma ini, praktisi yang memiliki akar kebijaksanaan tertinggi sekalipun, ingin meraih keberhasilan merupakan hal yang sangat sulit sekali.

Maka itu hendaknya terhadap Pintu Dharma ini, membangkitkan keyakinan mendalam tanpa keraguan sama sekali. Tidak mengenal aksara, bukanlah masalah, orang yang dilanda kesusahan dan kurang mampu, juga memiliki kesempatan yang sama untuk terselamatkan.

Barulah anda menyadari, baik Dharma duniawi maupun Dharma non duniawi, tidak ada lagi yang lebih unggul daripada Pintu Dharma Pelafalan Amituofo.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Mei 2010

覺悟的人對任何人一味真誠,為什麼?幫助他覺悟。他就是來居心想欺騙你、想害你,都沒有關係,你用真誠心對待他。他到老死的時候會回想一下,我在這一生當中真的遇到好人。那就是什麼?幫助他在阿賴耶裡種善根。覺悟的人知道一切眾生皆有佛性,一切眾生本來是佛,他現在造五逆十惡也不要緊,為什麼?那是習性,不要去理會他的習性,專門照顧他的本性,這是佛菩薩度眾生第一個條件,是佛菩薩度化眾生唯一的一個理念。阿鼻地獄眾生也能圓成佛道,如果他碰上這個淨土法門,他能不能往生?能!怎麼會不能?這個法門,它不管你是善惡,也不管你是什麼根性,只要你能信,肯發願,就行。蕅益大師說得好,能不能往生,決定在信願之有無;品位高下,那是念佛功夫的淺深。單單講往生,一切眾生都有分,這個法門太妙了,太殊勝!印光大師說得好,捨棄這個法門,上上根人想成就都非常困難。對於這個法門深信不疑,不認識字,沒有智慧,貧困眾生也能得度。你才曉得,世出世間法裡頭,沒有比這個更殊勝的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十集)  2010/5/5


 


 
 
Coba renungkan baik-baik, Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan, apakah sudah diamalkan? Bagaimana pula ajaran Konfusius, “Lima Bentuk Hubungan Yang Beradab”, “Lima Kebajikan”, “Delapan Moralitas”, apakah sudah diamalkan?

Kalau tidak diamalkan, bagaimana kelak dapat terlahir kembali jadi manusia? Terpikir sampai di sini, barulah merasa takut. Kehidupan di dunia ini tidak berlangsung lama, walaupun usiamu mencapai seabad, juga cuma satu petikan jari saja, waktu berlalu dengan sangat cepat, satu hal pun tidak berhasil anda wujudkan.

Belajar Dharma sepanjang hidup, namun sebutir keberhasilan pun tidak ada sama sekali, kenapa bisa begini? Padahal saya tidak melakukan kesalahan apapun.

Justru anda tidak meraih sebutir keberhasilan apapun, makanya penonton jadi kecewa, masyarakat akan jadi berkomentar, lihatlah si A itu, katanya sudah belajar Ajaran Buddha seumur hidup, ternyata hasilnya cuma segini.

Ketahuilah anda ini telah merusak citra Ajaran Buddha, apakah anda berdosa? Praktisi Ajaran Buddha hidup di dunia ini, setelah meninggal dunia, juga mesti memberi teladan yang baik bagi semua orang, barulah anda tidak berdosa.

Kalau anda tidak dapat memberi teladan yang baik bagi orang banyak, sehingga masyarakat yang melihat tingkahmu jadi memaki-maki Ajaran Buddha, inilah penyebab anda jatuh ke tiga alam sengsara, yang lainnya tak perlu dibahas lagi.

Jika ingin mengetahui lebih banyak lagi, maka cobalah membaca “Di Zi Gui”, apakah anda sudah mengamalkannya? Barulah anda menyadari di mana letak Hukum Sebab Akibat, tidak perlu bertanya pada orang lain, tepuk dada tanya hati sendiri, maka akan jelas semuanya.

Praktisi Ajaran Buddha takkan memalukan Ayahbunda, takkan memalukan Leluhur, juga takkan memalukan Buddha dan Bodhisattva, takkan memalukan para Guru Sesepuh.

Manusia era kini sudah jarang mengenang budi dan jasa gurunya, padahal tanpa guru, apa yang dia bisa?  Master Yin Guang berkata : “Dengan satu bagian ketulusan dan rasa hormat akan memperoleh satu bagian manfaat, dengan sepuluh bagian ketulusan dan rasa hormat akan memperoleh sepuluh bagian manfaat”.  

Guru takkan menghendaki dirimu menghormati dirinya, kalau ada guru begini, maka dia bukanlah guru yang baik. Tetapi seorang guru dapat menilai masa depanmu, apakah anda kelak akan berhasil atau menjadi orang gagal, dari mana dia dapat menilai dirimu? Yakni dengan melihat seberapa besar ketulusan hati dan rasa hormat saat menerima pelajaran darinya, hal ini berkaitan erat dengan keberhasilanmu kelak.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Mei 2010

Mengenal Istilah Dalam Ajaran Konfusius :

你自己好好想想,五戒十善你做到沒有?中國老祖宗教導我們的,五倫五常、四維八德,你做到沒有?你要做不到,你來生決定得不到人身。想到這個地方,才知道真的可怕。這一生在這個世間不長,縱然你活到一百歲,也一彈指,時間過得太快,你一事無成。學佛一事無成就是罪業,這個話怎麼說?我又沒有做錯事情。你沒有學成功,讓社會大眾看了,你看學佛,學了一輩子,後來還是這個樣子,把佛法形象破壞了,你有沒有罪過?學佛人活在世間,死了也要給世間人做個好樣子,那你就沒有罪過。你不能做個好樣子給社會大眾看,讓社會大眾來罵佛教,毀謗佛教,這就是你墮三途的業因,其他的不說了。如果你想多知道一點,你把《弟子規》翻一翻,你把《沙彌律儀》翻一翻,你做到幾條?你就曉得業因果報在哪裡,不要問人,清清楚楚、明明白白。學佛的人要對得起父母,對得起祖宗,對得起佛菩薩,對得起歷代傳法的這些高僧大德。我們不談老師,現在心目當中有老師的人太少了。可是心目當中沒有老師,他什麼都學不會。為什麼?印光大師說得好,「一分誠敬得一分利益,二分誠敬得二分利益,十分誠敬得十分利益」。老師不是要你對他誠敬、對他恭敬,那個老師不是好老師。可是老師能看得出你將來會不會有成就,那是什麼?看你有多少誠敬心在此地學習,跟你的成就一定是成正比例。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十集)  2010/5/5