Kebenaran dalam
Buddha Dharma, kenyataan yang sesungguhnya mesti dipahami dengan jelas, sedikit
musibah saja sudah membuat pikiranmu panik tak karuan, luka ini sungguh
terlampau mendalam.
Setelah memahami
dengan jelas kenyataan yang sesungguhnya, maka segala desas-desus tentang
bencana dan kiamat, bukan saja takkan membuatmu panik, bahkan meskipun bencana
ini sekarang sedang berlangsung di hadapanmu, anda juga takkan tergoyahkan,
oleh karena pikiranmu tenang takkan merasa panik dan takut, sehingga dapat menggunakan
kebijaksanaan untuk menghadapinya, bagaimana caranya untuk mengurai bencana
ini.
Benarkah bencana
dapat diurai? Tidak ada bencana yang tidak bisa diurai, kuncinya adalah apakah
anda memiliki kekuatan samadhi atau tidak, apakah anda memiliki kebijaksanaan
atau tidak? Hanya dengan bermodalkan kedua kalimat ini, maka anda sudah mampu
mengurai bencana.
Kekuatan samadhi
merupakan ketrampilan seorang praktisi, kebijaksanaan merupakan kemampuan yang
sejak semula telah sempurna pada jiwa sejati. Dari mana kebijaksanaan itu berasal? Yakni
dari samadhi menghasilkan prajna (kebijaksanaan), bukan hasil dari belajar ilmu
pengetahuan.
Buddha Sakyamuni
membabarkan di dalam “Avatamsaka Sutra” bahwa “Semua makhluk memiliki
kebijaksanaan dan kemampuan serta rupa yang sama dengan Tathagata”, jadi mana
mungkin tidak berhasil mengatasi persoalan? Mana ada aturan begini!
Bukan saja bencana
di Planet Bumi yang dapat diurai, bahkan permasalahan seluruh alam semesta
beserta isinya juga dapat diatasi.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung
13 Mei 2010
佛法真的理、事實真相要透徹,不透徹,這麼小小一點災難你就受不了,你就心慌意亂,這個傷害太大了。真正搞透徹之後,別說這些傳言,事實擺在面前你也不驚不怖,如如不動,你沒有妄念、沒有煩惱、沒有恐怖,你有智慧,智慧就知道怎樣處理,怎樣把眼前的災難給化解。能不能化解?沒有化解不了的災難,問題你有沒有定力,你有沒有智慧?你只要有這兩樣東西,問題就肯定解決了。這兩樣東西,定力是修行人的功夫,智慧是性德之寶。從哪裡生的?從定中生的,它不是學來的。釋迦牟尼佛在《華嚴經》上告訴我們,「一切眾生皆有如來智慧」,後面有「德相」,所以那個德能,從智慧當中產生的能力、相好都是自性本有的,怎麼不能解決問題?哪有這種道理!不但地球上的災難能解決,太空當中星系的災難都能解決,太陽系出了問題,銀河系出了問題,都能解決,沒有不能解決的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三十八集) 2010/5/13
Untuk menemukan
solusi melindungi keselamatan diri sendiri, solusi untuk mengatasi persoalan
rumah tangga, lingkungan hunian serta kondisi masyarakat sekarang ini, tidaklah
sulit. Bagaimana caranya? Yakni dengan memberi ceramah Dharma. Efektifkah?
Tentu saja. Apa alasannya?
Memberi ceramah
Dharma adalah membantu orang lain supaya bisa tercerahkan, membantu orang lain
supaya memahami fakta sesungguhnya. Asalkan kita tidak sesat, asalkan kita
melepaskan perbedaan dan kemelekatan, maka jiwa raga kita kembali pulih seperti
sedia kala, sehat secara lahiriah maupun batiniah; sehingga segala petaka
maupun musibah jadi nihil di sekitar lingkungan hunian kita, segalanya akan
pulih seperti sedia kala.
Pepatah Tiongkok
berkata “Insan berberkah tinggal di tempat yang berberkah”, jadi terlebih dulu
diri sendiri mesti kembali ke jalan yang benar, tidak menciptakan karma buruk
lagi dan menimbun berkah, andaikata di lingkungan hunian kita, setiap insan
juga ikut menimbun berkah, maka setiap insan merupakan insan berberkah,
lingkungan hunian tentu saja menjadi tempat berberkah, inilah yang disebut
sebagai lingkungan berubah menuruti perubahan hati dan pikiran, demikian pula “Feng
Shui” juga ikut berubah menuruti perubahan hati dan pikiran.
Pakar Feng Shui
selalu berkata, “Insan berberkah menghuni tempat berberkah, tempat berberkah
dihuni oleh insan berberkah”. Walaupun lingkungan ini Feng Shui-nya jelek,
tetapi dihuni oleh insan berberkah, maka 3 tahun kemudian, Feng Shui-nya akan
berubah.
Sebaliknya
lingkungan yang memiliki Feng Shui yang bagus, tetapi dihuni orang jahat, maka 3
tahun kemudian, Feng Shui-nya jadi jelek. Hal ini diungkapkan oleh Pakar Feng
Shui, serupa dengan apa yang dikatakan di dalam Buddha Dharma sebagai “Lingkungan
berubah menuruti perubahan hati dan pikiran”.
Maka itu untuk
mengurai bencana, setiap insan mesti menimbun berkah, memupuk kebajikan, dengan
demikian masalah pun jadi teratasi.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 13 Mei 2010
解決我們自身的安全,解決我們的家庭,我們居住的這個社會、這個地區,這就太容易,輕而易舉。用什麼方法?講經教學。有效嗎?有效。為什麼?講經教學幫助人覺悟,幫助人了解現前事實真相。只要我們不迷,只要我們放下分別執著,我們身心恢復正常了,健康;我們居住的環境,所有一切災難都沒有了,它也恢復正常了。我們中國諺語所說的「福人居福地」,先要把自己恢復到,不造罪業了,他修福,我們這個地區人人都修福,個個都是有福報的人,這個居住的環境當然有福,所以這叫境隨心轉,風水跟著人心轉,你明白嗎?風水家常常說的兩句話,已經明白清楚的告訴我們了,風水家怎麼說?「福人居福地,福地福人居」。這個地方風水不好,有福的人住在這裡,三年全變好了。這個地方風水寶地,人心不好,他住在這個地方三年之後,風水就壞了。這是風水家講的,不是假話,跟佛法裡面講的「境隨心轉」是一個道理,境是居住環境。所以我們要讓自然災害統統免除,沒有別的,修福,人人都修福,修善、修福,問題就化解。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三十八集) 2010/5/13
Master Shandao berkata, terlahir di sembilan tingkat Bunga Teratai,
perbedaannya terletak pada jalinan jodoh yang tidak sama. Apabila anda bertemu
dengan jodoh yang unggul, maka terlahir pada Bunga Teratai tingkatan atas
bagian atas.
Bertemu dengan jalinan jodoh merupakan faktor yang sangat penting, Guru
Sesepuh dan praktisi senior jaman dulu selalu berkata, berkah kebajikan besar,
jalinan jodoh unggul, hal ini sungguh tak terbayangkan!
Anda dapat serius mengamalkannya, ini merupakan kebijaksanaan tinggi;
anda dapat menggenggam erat kesempatan ini, takkan melewatinya begitu saja, ini
merupakan pahala besar.
Dari perumpamaan praktisi jaman dulu, kita dapat melihat bahwa mereka
yang belajar pada Kalyanamitra, ada orang yang sepanjang hidupnya takkan
meninggalkan gurunya, seperti organisasi Sangha Buddha Sakyamuni,
siswa-siswaNya telah memberikan teladan pada kita.
Mereka tahu bahwa Buddha Sakymuni adalah Guru yang baik, merupakan
Kalyanamitra yang agung, maka itu belajar padaNya, takkan sudi
meninggalkan-Nya. Ada yang mengikutiNya selama 10 tahun, 20 tahun, 30 tahun,
bahkan ada yang sepanjang hayatnya tidak pernah meninggalkan Sang Buddha.
Siswa Buddha yang berjumlah 1255 orang, sebagian besar merupakan
jelmaan Buddha dan Bodhisattva. Orang awam tidak memahaminya, sesungguhnya
Mereka datang untuk memperlihatkan pada kita, bagaimana cara supaya pelatihan
diri jadi berhasil? Bagaimana yang disebut dengan mendukung Buddha Dharma?
Yakni dengan tindakan nyata yang telah Mereka perlihatkan, menuntun orang
lain. Ibarat pemain sandiwara yang sedang beraksi di atas pentas, ada yang
memerankan insan cerdas, memiliki kebijaksanaan dan kemampuan gaib, semuanya
menjadi siswa Buddha Sakyamuni; padahal Mereka merupakan insan berkebijaksanaan
tertinggi, namun memerankan jadi pengikut Buddha Sakyamuni.
Ada pula yang memerankan jadi umat awam, yang memiliki akar
kebijaksanaan yang tumpul, yang sepanjang hidupnya juga mengikuti Buddha
Sakyamuni, tak pernah meninggalkanNya. Pengikut Buddha Sakyamuni yang berjumlah
lebih dari seribu orang, memiliki akar kebijaksanaan yang mencakup 3 jenis
yakni, tajam, menengah dan tumpul.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 13 Mei 2010
善導大師講的,九品往生總在遇緣不同。你要是遇到緣殊勝,你就上上品往生。遇緣關係太重要,古來祖師大德常說大福德、大因緣,這個不可思議!你能夠認識,那是大智慧;你能把握到這個機會,不把它放過,那是大福報。我們從古人的例子來看到,親近善知識的,有人是一輩子不離開,釋迦牟尼佛那個僧團,他那些弟子就給我們做出榜樣。那些人知道世尊是好老師,知道世尊是大善知識,親近他,不肯離開他。弟子當中有跟他十幾年的、二十幾年的、三十幾年的,有跟他一輩子到釋迦牟尼佛往生才離開的,佛住世,一天都不肯離開。我們現在知道,這一千二百五十五人,裡面許許多多都是佛菩薩再來。凡夫不懂,他們做出樣子來給我們看,怎樣才能成就道業?怎樣叫護持佛法?他們那些做法就是的,引導人。這裡面就像唱戲表演角色一樣,有示現聰明、智慧、神通,示現這些的,全都跟釋迦牟尼佛學;上上根人,專接上根,都跟釋迦牟尼佛學了。有些人示現凡夫,愚痴、鈍根,也一生跟著釋迦牟尼佛不離開,傍及中下。世尊常隨眾這一千多人,上中下三根都有。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三十八集) 2010/5/13