Di Bumi ini manusia lahir dari kandungan, lantas mengapa di Alam
Sukhavati ada istilah lahir dari kandungan? Jangan salah paham, maksudnya
adalah praktisi itu terlahir di Alam Sukhavati, namun Bunga Teratainya belum
bermekar, atau dengan perkataan lain terlahir di Kota Keraguan. Meskipun
demikian, sudah lumayan bisa sampai di Alam Sukhavati.
Mengapa bisa terdampar di Kota Keraguan? Oleh karena keyakinan
hatinya tidak menyeluruh, meskipun di hatinya masih ada segelintir keraguan, namun
dia juga mati-matian berusaha melafal Amituofo dan membulatkan tekad terlahir
ke Alam Sukhavati.
Praktisi semacam ini ibarat pejudi yang sedang bertaruh, kalau Alam
Sukhavati itu memang nyata adanya yah syukurlah, kalau tidak ada yah tidak
apa-apa, padahal gara-gara sebersit niat pikirannya ini, dia terlahir di Kota
Keraguan.
Masih syukur dia mau mengamalkan dengan serius, meskipun memiliki
keraguan, namun dia mau giat berusaha, bagaimana kalau nantinya ternyata Alam
Sukhavati itu nyata adanya, bukankah berarti saya telah berhasil?
Lihatlah, hanya sebersit niat pikiran yang keliru, di dalam
keyakinannya mengandung segelintir keraguan, makanya dia terlahir di Kota
Keraguan. 500 tahun kemudian, ketika dia telah menyadari kesalahannya, lalu
membangkitkan keyakinan sepenuhnya, menghapus keraguan hingga ke akar-akarnya,
barulah dia mulai memasuki “Sembilan Tingkat Bunga Teratai” pada tingkatan
paling rendah, jadi Kota Keraguan ini berada setingkat lebih rendah daripada
Bunga Teratai “tingkatan bawah bagian bawah”.
Jadi janganlah sampai memiliki keraguan terhadap kebijaksanaan Buddha,
meskipun cuma secuil saja.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 8 Juli 2010
人為什麼會胎生,西方極樂世界為什麼會有胎生?這生到邊地也算不錯。為什麼會生到這個地方?對極樂世界信心不足,信心不足真念佛,真願意求往生。就好像賭博一樣,有我就成功,沒就算了,就這麼一個念頭,他就不能入品,他生到邊地。也很難得他真幹,雖然他有疑問,但他真幹,萬一是真的那我不就成了嗎?你看就這麼一個錯誤的念頭,這信心裡頭有缺陷,所以他生邊地。邊地到極樂世界要耽誤五百年,五百年他相信了,信心清淨,疑惑沒有了才能入下品下生,他比下品下生低一級。所以決定不能有疑惑佛智,不可以疑惑。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第七十三集) 2010/7/8
Hasil karya insan jaman dulu, meskipun terdapat kesalahan juga tidak
boleh diubah, mengapa demikian? Apa yang ingin anda perbaiki, boleh ditulis di
samping aksara yang salah, jadi tidak boleh sembarangan mengubah aksara yang
ada di dalam naskah asli.
Begitu anda menjadi orang pertama yang mengeditnya, maka celakalah,
selanjutnya orang lain juga akan menirumu, anda boleh mengubahnya, maka saya
juga boleh mengubahnya, dia juga boleh mengeditnya, beredar hingga beberapa
abad kemudian, artikel tersebut sudah rusak dan kehilangan makna aslinya.
Maka itu dilarang keras mengubah naskah aslinya, kesalahan yang
tercantum mungkin saja karena salah tulis, tetapi kita tetap tidak boleh
mengubahnya, hanya boleh menambah aksara yang benar di samping kata yang salah,
jadi tidak dibenarkan mengubah hasil karya orang lain dengan sesuka hati.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 8 Juli 2010
古人的東西,縱然是錯了不能改它的,怎麼辦?把你的意思寫在旁邊,寫在旁邊旁註,不能隨便改它。如果隨便可以改這個例子一開,不得了,以後人家一看,這不通,不應該是這樣的,我也改一句,你也改一句,流傳到幾百年之後這文章就不能看了。所以這是決定不可以的,這是最大的忌諱,我們明明看到這是什麼?人家抄錯的,但是決定不能改動。所以古德常講這個字可能是哪一個字的錯誤,這樣子註在旁邊,這正確,最忌諱是隨便改人家東西。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第七十三集) 2010/7/8