Selasa, 23 April 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Agustus 2010 (Bgn 3)


Kekuasaan yang anda miliki di dunia ini, umpamanya menjadi seorang kaisar atau pejabat, namun saat menjelang ajal, satupun tidak bisa dibawa pergi, kedudukanmu tidak bisa dibawa pergi, demikian pula kekuasaanmu juga tidak bisa dibawa pergi. Maka itu segala sesuatu di dunia ini hanyalah khayalan semu.  

Andaikata anda adalah seorang kaisar, dibawah garis kekuasaanmu, anda memiliki perdana menteri, pejabat, istana, ibukota, menikmati pahala di dunia ini. Seperti kereta kuda sebagai moda transportasi, harta benda berlimpah, emas dan permata lainnya. Namun tiada satupun yang bisa dibawa pergi.

Insan yang benar-benar tercerahkan akan mengerahkan segenap upayanya di atas metode pelafalan Amituofo, inilah yang dibawa pergi; sedangkan yang tidak bisa dibawa pergi, jangan terlampau diambil hati. Jadi jangan sampai keliru dalam berdaya upaya.

Orang zaman dulu dalam hal mendidik putra-putrinya, akan menimbun jasa kebajikan berkesinambungan untuk diwariskan pada anak cucu, sedangkan harta benda duniawi takkan diwariskan pada keturunannya. Dengan mewariskan pendidikan kesusilaan, anak cucu akan menjadi generasi penerus yang berguna. Mengapa demikian?

Oleh karena mereka tahu cara memupuk berkah, masa depannya kelak akan gilang-gemilang, Leluhur menaati tata susila, diri sendiri juga menimbun kebajikan, etika moral Leluhur akan melindungi dirinya.

Apabila mewariskan padanya harta kekayaan, jika dia adalah anak durhaka yang pemboros, maka hanya dalam waktu sekejab, seluruh harta benda jadi raib. Oleh karena si anak mendapatkannya dengan terlampau enteng, tidak tahu menghargainya sehingga begitu mudah memboroskannya.

Perumpamaan begini sejak dulu hingga sekarang ada begitu banyak, juga tercatat di dalam sejarah, makanya harus tercerahkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Agustus 2010


其次再看,「一切威勢悉皆退失」。你在世間有勢力,威是權力,你有權、你有勢,這做大官的。你走的時候一樣都帶不走,你的爵位帶不走、你的權力帶不走、你的威勢帶不走。這告訴你假的,親情是假的,威勢也是假的。「輔相大臣、宮城內外,象馬車乘,珍寶伏藏」,你做的是帝王,你下面有宰相、有大臣,你有宮殿、有紫禁城,你在世間享受你的福報。象馬車乘是你的交通工具,珍寶伏藏是你收藏的這些珍寶。「如是一切,無復相隨」,沒有一樣東西你帶得去。這些話告訴我們,真正覺悟、真正明白了,我們就應當明瞭,能帶得去的這上要用心,凡是帶不去的,不要在這方面去作意,你在這裡面留意你就錯了,錯用了心,一樣都帶不去。古人教兒女教他什麼?積功累德給子孫,世間一切財富不要給他,他的兒孫是好兒孫。為什麼?他懂得修福,他將來前途無量,祖宗有德,自己知道修福,祖宗的德行保佑他,這是對的。遺留下給他的財物,如果是不孝的子孫,很快就敗失了。他得來的太容易,不知道珍惜,輕易就敗壞了。這是古今中外的例子很多很多,歷史上的記載,這些資訊太豐富了,一定要覺悟,這帶不去的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第九十九集)  2010/8/6